web analytics

Selang Sehari; UIN Suska Riau Kembali Tanda tangani MOU dengan Ma’had Uthmani Malaysia

uin-suska.ac.id Hanya berselang sehari, Jum’at (29/5/2015) UIN Suska Riau kembali menerima kunjungan dari salah satu lembaga pendidikan Malaysia. Kali ini giliran Ma’had Uthmani, sebuah pesantren yang memfokuskan pada kajian dan hafalan Alqur’an yang terletak di Selangor, Malaysia.

Bersama empat orang delegasi, yang dipimpin langsung pucuk pimpinan Al-ustad Supyan, Ma’had Uthmani melakukan penandatanganan MOU dengan UIN Suska Riau, sekaligus penandatanganan MOA dengan Fakultas Ushuluddin UIN Suska Riau. Penandatanganan bertempat di ruangan rapat Pimpinan lantai IV Gedung Rektorat UIN Suska Riau.

Seperti diungkapkan Wakil Dekan I Fakultas Ushuluddin UIN Suska Riau, Dr H Khairunnas Jamal, M.Ag yang sekaligus memandu jalannya acara, penandatanganan MOU ini merupakan salah satu buah dari kerja keras para pimpinan Fakultas Ushuluddin, yang bertungkus lumus termasuk WD III, Dr Hasbullah, M.Si yang secara intensif melakukan komunikasi selama tiga bulan terakhir dengan Ma’had Uthmani.

Dalam sambutannya, pimpinan Ma’had Uthmani, Ustad Supyan mengungkapkan, setelah lebih kurang tiga bulan terakhir menjajaki kerjasama, Ma’had Uthmani yakin dan optimis menjalin kerjasama dengan UIN Suska Riau. “Sistem pendidikan yang kami kembangkan di Ma’had Uthmani sejak tiga tahun terakhir, selaras dengan sistem yang dikembangkan Fakultas Ushuluddin UIN Suska Riau. Untuk itu sesuai dengan salah satu poin kesepakatan kerjasama, para alumni Ma’had Uthmani akan diberikan kesempatan untuk melanjutkan pendidikan tinggi di Fakultas Ushuluddin UIN Suska Riau.

“kami ingin para alumni nantinya, meskipun bekerja pada profesi dan industri apapun, namun tetap mencerminkn dirinya sebagai tahfiz qur’an. Dengan melanjutkan pendidikan tinggi ke Fakultas Ushuluddin UIN Suska Riau, cita-cita dan keinginan kami mudah-mudahan akan terwujud. Selepas ini, kami akan gencar mensosialisasikannnya di Malaysia, khususnya di kawasan selangor” ungkap Ustad Supyan.

Sementara itu, Rektor UIN Suska Riau, Prof Dr H Munzir Hitami, MA dalam sambutannya mengungkapkan UIN Suska Riau sangat bergembira dan bersyukur dengan penandatanganan kesepakatan kerjasama ini. “mudah-mudahan Allah senantiasa meridhai, sehingga kedua belah pihak bisa menjalin kerjasama yang baik” ujar Rektor.

Sebelumnya cukup banyak pelajar dari Malaysia yang melanjutkan pendidikan tinggi di UIN Suska Riau. Fakultas Ushuluddin menjadi salah satu yang paling banyak diminati, disamping prodi-prodi Agama lainnya. Namun kita juga membuka kesempatan pada pelajar-pelajar Malaysia, untuk melanjutkan pada fakultas dan prodi Umum di UIN Suska Riau. “ tak ada diskriminasi, kita akan senantiasa melakukan penyelarasan-penyelarasan dengan sistem pendidikan sesuai standar Internasional, termasuk di Malaysia.

Ada delapan Fakultas di UIN Suska Riau. Terakhir sudah ada para mahasiswa dari Kamboja dan Vietnam yang memilih kuliah pada prodi-prodi Umum seperti Teknik dan Sains” ungkap Rektor. Tak lupa rektor juga mohon maaf, jika ada kekhilafan dalam penyambutan. “semoga kerjasama ini bisa bermanfaat dan berguna bagi kedua belah pihak, dan bagi umat tentunya” tutup Prof Dr H Munzir Hitami, MA.

Penulis: Suardi

(Tim liputan Suska News: Donny, Azmi, PTIPD)

 redaksi@uin-suska.ac.id

Leave a Reply