web analytics

Periode ke Tiga Tahun Akademik 2014/2015 UIN Suska Riau Kembali Wisuda 935 Wisudawan

Meski aktifitas perkantoran libur, namun Sabtu (30/5/2015) suasana di kampus UIN Suska Riau tampak begitu ramai dan meriah. Sejak pagi arus lalu lintas kendaraan dari pintu masuk kampus begitu padat. Tampak Meriah dengan bunga papan selamat yang berjejer di sepanjang pinggir jalan. Ribuan orang tampak memadati sekitar gedung PKM, berbaur dengan para pedagang yang menjajakan dagangannya.

Pagi itu UIN Suska Riau kembali melaksanakan prosesi Wisuda program Doktor ke 6, program Strata II ke 34 dan program Strata I dan Diploma III ke 53. Ada sebanyak 935 orang Wisudawan yang di Wisuda pagi itu. Terdiri dari program Doktor sebanyak 5 orang, program Magister 56 orang, Fakultas Psikologi 16 orang, Fakultas Ushuluddin 36 orang, Fakultas Dakwah dan Komunikasi 51 orang, Fakultas Pertanian dan Peternakan 43 orang, Fakultas Syari’ah dan Hukum 80 orang, Fakultas Sains dan Teknologi 158 orang, Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial 128 orang dan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan 362 orang.

Prosesi acara diawali dengan arak-arakan para wisudawan yang diiringi alat tradisional Kompang, memasuki ruang acara gedung PKM UIN Suska Riau. Tak lama berselang, giliran Rektor UIN Suska Riau, beserta Ketua Senat Universitas dan anggota, memasuki ruangan upacara yang juga diarak dengan alat tradisional Kompang.

Tepat pukul 8.30 WIB, Sidang Terbuka Senat Universitas digelar. Sidang dibuka langsung ketua Senat Universitas, Prof Dr H M Nazir. Suasana terasa Khidmat, yang sebelumnya diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, mengheningkan cipta, dan alunan Hymne dan Mars UIN Suska Riau yang terdengar membahana. Dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-qur’an.

Dalam sambutannya, Rektor UIN Suska Riau Prof Dr H Munzir Hitami, MA mengungkapkan, seiring bertambahnya jumlah mahasiswa dari tahun ke tahun, jumlah sarjana pun bertambah secara signifikan. Untuk itu wisuda dilakukan empat kali dalam setahun. Ini adalah periode ke tiga tahun akademik 2014/2015. Wisuda ke empat akan dilakukan pada bulan Agustus yang akan datang.

Wisuda menjadi salah satu momentum antara tahapan belajar di kampus dan tahapan kehidupan pengalaman ilmu di dunia kerja, dunia profesi, dan dunia karir. Untuk itu rektor berharap, wisudawan dapat mengintegrasikan diri dengan lingkungan masyarakat. Menunjukkan kapasitas sebagai sarjana muslim yang kokoh akidahnya, mantap ibadahnya, mulia akhlaknya, luas dan dalam ilmu dan wawasannya, tinggi keterampilannya serta kuat etos hidupnya. Dengan integritas ilmu dan integritas diri yang baik, para Wisudawan diharapkan tak hanya menjadi pencari kerja (job seeker), namun juga pencipta kerja (job creator). “tak ada kepuasan seorang pendidik, melebihi kepuasan ketika menyaksikan yang dididiknya berhasil. Tak ada rasa bersalah seorang pendidik, melebihi rasa bersalah tatkala menyaksikan yang dididiknya gagal” ujar Rektor.

Pada kesempatan tersebut, rektor juga melaporkan, jumlah mahasiswa aktif UIN Suska Riau akan mencapai 32.000 di semester ganjil yang akan datang. Termasuk mahasiswa luar negeri yang saat ini mencapai 300 orang. Mereka berasal dari Malaysia, Vietnam, Thailand Kamboja dan Afrika. Dengan demikian, UIN Suska Riau boleh dikatakan menjadi UIN terbesar di Indonesia. Untuk itu pembenahan dan pengembangan terus dilakukan, dalam meningkatkan mutu dan kualitas.

Selain itu, UIN Suska Riau juga melakukan joint Reseach dan kerjasama dengan berbagai universitas ternama di Eropa dan Timur Tengah. Diantaranya Leiden dan KTLV di Belanda. Universitas Humburg, Amberg-Weiden University di Jerman. Universitas Cambridge di Inggris, Sorbone di Perancis, Ohio State University di Amerika. Di Timur Tengah diantaranya dengan Univ. Azzaitun Tunisia, Darul Hadits di Maroko, Tahfiz al-Qur’an di Turky dan sebagainya.

Dengan upaya tersebut serta dukungan berbagai pihak, UIN Suska Riau dengan motto “change toward advance” bertekad menuju World Class University sesuai Visi dan Misi UIN Suska Riau Tahun 2023.

Seperti biasa, dalam wisuda kali ini disamping dilaksanakan pembacaan Surat Keputusan Rektor tentang Wisudawan-wisudawati, juga dilakukan pembacaan Surat Keputusan Rektor tentang Wisudawan berprestasi terbaik Program Pascasarjana, Fakultas dan Universitas. Wisudawan Terbaik Program Magister diraih oleh Melgis Dilkawaty Pratama dari Prodi Pendidikan Islam dengan IPK 3.81, prediket sangat memuaskan. Dari fakultas Psikologi diraih oleh Rizka Aprilia dengan IPK 3.7, prediket sangat memuaskan. Fakultas Ushuluddin, Lalatun Naza IPK 3.72, prediket cumlaude. Fakultas Pertanian Peternakan, Yusri Barokah dengan IPK 3,75 cumlaude. Fakultas Dakwah dan Komunikasi Roni Romodhan, IPK 3.83, cumlaude. Sedangkan Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial, Nur Anita, IPK 3.78, cumlaude. Dari Fakultas Sains dan Teknologi Salman Alfarisi, IPK 3.77 sangat memuaskan. Dan dari Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Fitriana, IPK 3.82 cumlaude.

Dengan demikian wisudawan terbaik Universitas diraih oleh Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, atas nama Roni Romodhan dari Prodi Manajemen Dakwah dengan IPK 3.83, Cumlaude. Pada kesempatan tersebut, para Wisudawan terbaik di beri piagam penghargaan dan cendramata oleh rektor.

Penulis: Suardi

(Tim liputan Suska News: Donny, Azmi, PTIPD)

redaksi@uin-suska.ac.id

Leave a Reply