web analytics

Lewat Empat Jalur; Sudah 27.674 Pendaftar SPMB di UIN Suska Riau

uin-suska.ac.id Muhmmad Ikhsan terlihat kecewa, siswa salah satu pesantren di Rokan Hulu ini, oleh Panitia registrasi penerimaan Mahasiswa Baru UIN Suska Riau dianggap mengundurkan diri. Pasalnya sampai jadwal yang ditentukan, siswa yang lulus pada prodi Sistem Informasi Fakultas Sains dan Teknologi  UIN Suska Riau melalui jalur SNMPTN ini, ternyata tak kunjung membayar uang kuliah sesuai jadwal yang di tentukan.

Saat di temui Suska News di tenda panitia registrasi kampus UIN Suska Riau Rabu (4/6/2015), dengan wajah sedih ikhsan berujar jika di tempat tinggalnya sangat susah koneksi internet. Makanya ia sering tertinggal informasi. Namun saat berbincang lebih lanjut, Ikhsan mengaku merasa sedikit lega. Dengan masih adanya jalur lain penerimaan mahasiswa baru di UIN Suska Riau. “semoga saya bisa lulus pada jalur Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) lainnya di UIN Suska Riau” Ungkap Ikhsan yang mengaku akan mendaftar pada jalur SPMB UIN Suska Riau lainnya.

Memang untuk tahun ini SPMB di UIN Suska Riau, bisa di tempuh melalui enam jalur. Jalur tersebut yakni, Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), dimana pendaftarannya telah ditutup sejak 15 Maret lalu. Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), pendaftarannya juga telah ditutup sejak 29 Mei lalu. Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) dan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN), dimana pendaftarannya juga telah berlangsung dan ditutup sejak 25 April lalu. Jalur terakhir SPMB Mandiri, sesuai jadwal, pendaftarannya telah dimulai sejak 15 Mei hingga 19 Juni mendatang.

Seperti diungkapkan Kepala Bagian (Kabag) Akademik dan Kemahasiswaan UIN Suska Riau, Rina Yeni, S.Sos, untuk sementara dari empat jalur SPMB UIN Suska Riau yang sedang berlangsung, sudah ada 27.674 pendaftar yang memilih prodi di UIN Suska Riau. Jumlah itu sebenarnya sudah sangat besar jika dibanding kuota penerimaan di UIN Suska Riau tahun ini,yang hanya berkisar 5 sampai 8 ribu calon mahasiswa. Namun tentu saja, semakin banyak pendaftar, akan membuat persaingan semakin ketat. “harapan kita dengan ketatnya persaingan SPMB UIN Suska Riau ini, akan menghasilkan para mahasiswa yang berkualitas pula nantinya” ungkap Rina.

Penulis: Suardi

Tim liputan Suska News (Donny, Azmi PTIPD)

redaksi@uin-suska.ac.id

Leave a Reply