web analytics

Dinilai Baik dan Sesuai Harapan INSPI Terengganu Malaysia Lanjutkan Kerjasama dengan UIN Suska Riau

uin-suska.ac.id Pasca dilakukannya penandatanganan kerjasama antara Institut Pengajian Islam (INSPI) Terengganu, Malaysia dengan UIN Suska Riau lima tahun silam, sudah ada sekitar 60 mahasiswa dari INSPI yang melanjutkan studi ke UIN Suska Riau. Baik pada program jenjang S1, maupun program jenjang S2. Seperti di ungkapkan Kepala Bagian (Kabag) Kerjasama UIN Suska Riau, Dra Hj Syarifah, MM, pihak INSPI Terengganu Malaysia menilai, kerjasama yang telah terjalin antar kedua belah pihak selama ini sangat baik dan sesuai harapan.

Untuk itu INSPI Terengganu memutuskan, kembali memperpanjang kerjasama, karena masa berlakunya telah berakhir. Penandatanganan kerjasama tahap ke dua dilakukan di ruangan rapat Pimpinan lantai IV Gedung Rektorat UIN Suska Riau, Senin (8/6/2015). Kerjasama mencakup program ijazah berkembar, antara INSPI Terengganu, Malaysia dengan UIN Suska Riau, dan bidang pendidikan lainnya.

Dalam sambutannya, Rektor UIN Suska Riau, Prof Dr H Munzir Hitami, MA mengungkapkan sangat gembira dan mengalu-alukan kedatangan rombongan INSPI Terengganu, Malaysia. “Intinya UIN Suska Riau siap menyelenggarakan kerjasama sesuai kesepakatan yang tertuang dalam draf kerjasama kedua belah pihak. Ungkap rektor.

Rektor juga berharap, lewat program Ijazah kembar ini kedepan prodi-prodi yang ada di INSPI lebih bisa di kolaborasikan dan diselaraskan lagi dengan prodi-prodi lainnya di UIN Suska Riau. Sehingga mahasiswa-mahasiswa dari INSPI yang selama ini hanya terpokus pada prodi-prodi tertentu, bisa menyebar ke prodi lainnya. “Seperti pada prodi-prodi di fakultas Tarbiyah dan Keguruan misalnya. Jika dulunya banyak diminati mahasiswa Malaysia, namun sejak adanya kebijakan pendidikan khas pemerintah Malaysia, cenderung tak begitu diminati lagi. Lewat program ini, pendidikan khasnya bisa dilaksanakan di INSPI Terengganu, sedangkan ilmu Keguruannya bisa di tempa di Fakultas Tarbiyah. Begitu juga pada fakultas-fakultas lainnya” ujar rektor. UIN Suska Riau juga akan bekerja dan berusaha sekuatnya untuk menjayakan program kerjasama ini, tutup rektor.

Sementara itu Pengurusi INSPI Terengganu, Tuan Haji Muhammad Ramli Bin Haji Nuh, dalam sambutannya mengharapkan, hubungan baik dan kerjasama antara INSPI Terengganu dengan UIN Suska Riau bisa berlanjut dengan keadaan baik. Apalagi kedua belah pihak, berada dalam dua negeri serumpun. “kami sangat berterimakasih dengan komitmen UIN Suska Riau untuk menjayakan kerjasama ini” ungkap Tuan Haji Muhammad Ramli Bin Haji Nuh.

Ada 15 delegasi dari INSPI dan Yayasan Islam Terengganu yang hadir dalam penandatanganan perjanjian kerjasama ini. Diantaranya, pengarah yayasan Islam Terengganu, Malaysia, Dato’ Dr Haji Alias Bin Abdullah. Pengetua Institut Pengajian Islam (INSPI), Tuan Haji Zulkapli Bin Haji Yaakob. Dimana mereka juga ikut membubuhkan tanda tangan pada perjanjian kerjasama tersebut.

Acara yang berlangsung dalam suasana penuh keakraban ini, juga ditutup dengan pertukaran cendramata dari kedua belah pihak.

Penulis: Suardi

(Tim liputan Suska News: Donny, Azmi, PTIPD)

redaksi@uin-suska.ac.id 

Leave a Reply