web analytics

Bertekad Swasembada Pertanian dan Peternakan Kabupaten Nias Utara Gandeng UIN Suska Riau Kerjasama

Jika dulu kepulauan Nias, khususnya Kabupaten Nias Utara dikenal sebagai salah satu daerah pemasok hasil Pertanian dan Peternakan di Indonesia, namun sejak dimekarkan tujuh tahun silam, malah cenderung dikenal sebagai daerah pinggiran yang identik dengan Tiga “T”. Yakni, Tertinggal, Terbelakang dan Termiskin. Memenuhi kebutuhan masyarakat ,harus didatangkan dari luar. “Bahkan untuk memenuhi kebutuhan daging ayam saja, harus didatangkan dari Medan”. Hal itu diungkapkan Bupati Kabupaten Nias Utara, Drs Edward Zega, B. Sc, saat memberikan sambutan pada acara penandatanganan  Memorandum Of Understanding (MOU) antara Pemerintah Kabupaten Nias Utara dan UIN Suska Riau, yang digelar di Ruang Rapat Pimpinan, lantai IV gedung rektorat UIN Suska Riau, Kamis(18/6/2015).

Untuk itu kerjasama dengan UIN Suska Riau, khususnya dengan Fakultas Pertanian dan Peternakan sangat kami perlukan. Ungkap Edward Zega yang juga memboyong Kadis Pertanian dan Peternakan, Bapeda dan Asisten I Kabupaten Nias Utara, beserta para pimpinan Akademi Komunitas Nias Utara dalam kunjungannya ke UIN Suska Riau, sempena penandatanganan kerjasama tersebut. Selain penandatanganan MOU, juga dilakukan penandatanganan Memorandum Of Agreement (MOA) antara pimpinan Akademi Komunitas Nias Utara dengan Dekan fakultas Pertanian dan Peternakan (fapertapet) UIN Suska Riau.

Lebih lanjut, dalam acara yang juga dihadiri, wakil rektor III dan para Dekan fakultas dilingkungan UIN Suska Riau itu Edward Zega mengatakan, dengan 171 ribu penduduk kabupaten Nias Utara, dan  900 ribu lebih masyarakat kepulauan Nias saat ini, hingga kini belum memiliki Universitas Negeri. ”Oleh pemerintah pusat, kita baru memiliki Perguruan Tinggi Negeri setingkat Akademi, yakni Akademi  Komunitas Nias Utara.

Diakhir masa jabatannya, Edward melalui pemerintah Kabupaten Nias Utara  bertekad, untuk  memajukan SDM bidang Pertanian dan Peternakan, lewat kerjasama Akademi Komunitas Nias dan UIN Suska Riau. Semoga ke depan SDM bidang Pertanian dan Peternakan di Kepuluan Nias, khususnya Nias Utara bisa lebih hebat. ”Dengan demikian, ke depan kepulauan Nias, khususnya Kabupaten Nias Utara bisa swasembada Pertanian dan Peternakan, tanpa harus tergantung lagi dengan daerah luar” ungkap Edward.

Sementara itu Rektor UIN Suska Riau, Prof Dr H Munzir Hitami, MA dalam sambutannya mengungkapkan, rasa syukur atas terlaksananya pendatanganan MOU antar kedua belah pihak,  dan berterimakasih atas kepercayaan Pemkab Nias Utara menjalin kerjasama dengan UIN Suska Riau. Kita percaya dengan tekad dan niat baik bersama , Bupati bisa mengembangkan semua sektor demi meningkatkan kesejahteraan ekonomi  bangsa dan Nias Utara khususnya.

Pertanian dan Peternakan merupakan salah satu asas utama, dalam pengembangan ekonomi kesejahteraan masyarakat. ”Untuk itu, ini merupakan salah satu langkah yang sangat tepat bagi pemerintah Kabupaten Nias Utara untuk mengembangkan bidang Pertanian dan Peternakan. Mudah-mudahan kerjasama ini ke depan akan berjalan dengan baik” Ungkap Rektor.

Penulis: Suardi

Tim liputan Suska News (Donny, Azmi, PTIPD)

redaksi@uin-suska.ac.id

Leave a Reply