web analytics

Kerjasama dengan BTN Syari’ah

Sebagai Universitas yang mengusung nama Islam, tentunya prediket Islam itu tak hanya sekedar merk belaka. “ Hendaknya di segala lini juga mencerminkan nilai-nilai Islam, temasuk dalam pengelolaan keuangan yang sesuai Syar’i. Makanya, kerjasama UIN Suska Riau dengan BTN Syari’ah ini terasa sangat klop dengan harapan para teman-teman di UIN Suska Riau” Ungkap Rektor UIN Suska Riau, Prof Dr H Munzir Hitami, MA saat menyampaikan sambutan pada acara penandatanganan Memorandum Of Understanding (MOU) antara BTN Syari’ah Cabang Pekanbaru dengan UIN Suska Riau,  yang digelar di Baung Meeting room SKA Co Ex, Kamis petang, (9/7/2015).

Dalam acara yang dirangkai dengan Buka Bersama itu, turut hadir para Wakil Rektor I, II, dan III, para Dekan dilingkungan UIN Suska Riau, Kepala Biro, para Wakil Dekan dan para Kepala Bagian. Sementara itu di pihak BTN Syari’ah sendiri,  disamping dihadiri Kepala Cabang cabang BTN Syari’ah Pekanbaru, Nur Ridho, juga hadir Departemen Head Syari’ah Division, Eko Daniel, Wakil dari kantor Wilayah III PT BTN, dan para pejabat BTN lainnya serta sejumlah staf.

Lebih lanjut Munzir Hitami menyampaikan, seiring  semakin pesatnya perkembangan mahasiswa UIN Suska Riau dengan berbagai latar belakang, baik daerah, budaya maupun ekonomi, tampaknya memang memerlukan pelayanan bersama banyak Bank. Disamping, terkait kesiapan aplikasi dan sistem, tantangan lainnya justru juga terkait kesiapan para stakeholder dalam hal ini mahasiswa di UIN Suska Riau itu sendiri.

Dengan budaya dan kebiasaan menabung yang belum semestinya, ditambah jangkauan tempat tinggal tersebar di kampung-kampung, menjadi kesulitan tersendiri para mahasiswa UIN Suska Riau untuk di akomodir oleh satu Bank. Namun tentunya kerjasama tak hanya terkait mahasiswa, tapi juga dosen dan karyawan. Ungkap Munzir

Ditambahkan Muzir Hitami, intinya yang tak kalah penting dalam kerjasama ini yakni lebih mempererat silaturrahmi antar kedua lembaga. Mudah-mudahan akan dapat membawa manfaat yang banyak bagi kedua belah pihak. ”Untuk itu UIN Suska Riau sangat menyambut baik kerjasama ini” ujar Munzir.

Sementara itu Direktur Cabang BTN Syari’ah Pekanbaru, Nur Ridho mengungkapkan, dalam waktu dekat MOU yang ditandatangani akan dilanjutkan dengan beberapa program kerjasama. ”mudah-mudahan ke depan bisa berlanjut menjadi lebih baik” ujar Nur Ridho.

Sejak berdiri di Pekanbaru sejak 2008 silam, BTN Syari’ah kini memiliki 2 outlet dan 8 KPS. Dengan perkembangannya, BTN Syari’ah cabang Pekanbaru juga telah terlibat dalam berbagai kerjasama. Diantaranya, dengan perguruan tinggi-perguruan tinggi dan yayasan dibawah ke muhammadiyah an. Disamping itu juga dengan lembaga pendidikan terkemuka lainnya di Pekanbaru. Nur  Ridho mengungkapkan ke depan BTN Syari’ah berusaha untuk mampu melayani setiap kebutuhan di bidang perbank kan di UIN Suska Riau.

Pada kesempatan yang sama, Deputy head Manager BTN Syari’ah pusat, Eko Daniel  megungkapkan, rasa bahagia dan merasa terhormat bisa menyaksikan penandatangan MOU antara BTN Syari’ah cabang Pekanbaru dan UIN Suska Riau. ”banyak hal yang bisa digagas bersama demi kemaslahatan umat” ujar Eko. Untuk itu Eko berharap, agar kerjasama ini bisa betul-betul dimanfaatkan.

Disamping diisi dengan buka bersama, penandatangan MOU yang ditaja pihak BTN Syari’ah cabang Pekanbaru ini,  juga diisi dengan ceramah agama. Dalam ceramah agama yang disampaikan al Ustadz Dr Herman Ghani, MA yang juga dosen UIN Suska Riau ini, mengambil tema ”bagaimana seorang suami memperlakukan isteri sesuai Islam”.

Penulis: Suardi

Tim liputan Suska News (Donny, Azmi, PTIPD)

redaksi@uin-suska.ac.id

Leave a Reply