web analytics

Dari Pelantikan WD I Fakultas Psikologi UIN Suska Riau; Berharap Memperkuat Mazhab Psikologi Islam Secara Sains

uin-suska.ac.id – Tak bisa dipungkiri, hingga saat ini mazhab Psikologi Islam belum diakui secara Sains. Hal itu dikarenakan masih kurangnya penelitian dan eksperimen membuktikan hal tersebut. “Apa betul Agama dan zikir bisa mengatasi masalah kejiwaan?” kebanyakan masih sebatas pernyataan. Hal itu diungkapkan rektor UIN Suska Riau, Prof Dr H Munzir Hitami MA dalam sambutannya pada pelantikan Wakil Dekan I (WD) Bidang Akademik Fakultas Psikologi, Prof H Raihani, Ph D, Senin (3/8/2015) di ruang Auditorium lantai V Gedung Rektorat UIN Suska Riau.

            Dalam hal Psikologi Klinis, saat ini memang banyak buku-buku tentang Psikologi Islam. Tapi hanya sebatas teori, belum didukung eksperimen penelitian. “Berapa banyak pasien yang bisa disembuhkan dengan zikir tersebut, dan sejauhmana hubungannya secara ilmiah” ungkap Munzir. Untuk itu kita berharap fakultas Psikologi UIN Suska Riau ke depan, bisa memperkuat mazhab Psikologi Islam nantinya. Harap Munzir.

            Lebih lanjut, Munzir Hitami menyampaikan terimakasih pada Prof Raihani PhD atas kesediaanya mengemban tugas berat di Fakultas Psikologi bersama Dekan pimpinan lain tentunya. Prof Raihani PhD sendiri merupakan PAW WD I Fakultas Psikologi, menggantikan pejabat lama Dr. Mira Noor Mila yang mengundurkan diri sehubungan dengan kepindahan suaminya ke Jakarta.

            Tugas berat pejabat baru ungkap Munzir, juga terkait pengembangan Akademik lainnya terutama pengembangan Sumber Daya Manusia. Saat ini dari 700 Dosen UIN Suska Riau, baru 12 persen yang sudah bergelar Doktor. Sementara kualifikasi Internasional dosen sudah harus S3 tak boleh lagi S2. “untuk itu ini menjadi tantangan dan tanggung jawab kita bersama sebagai pimpinan di UIN Suska Riau” ujar Munzir. Pemerintah telah mendorong lewat program 5000 doktor. Sebetulnya juga telah dikeluarkan kebijakan terkait wacana pemerintah, dimana tahun 2015, dosen harus S3. Namun hal itu masih kita tunda.

            Acara pelantikan dan pengambilan sumpah WD I Fakultas Psikologi ini berlangsung khidmat. Disaksikan Wakil Rektor II, Dr Akhyar, MA, para Dekan, Kepala Biro dan pejabat lainnya di lingkungan UIN Suska Riau.

Penulis: Suardi

(Tim liputan Suska News: Donny, Azmi, PTIPD)

redaksi@uin-suska.ac.id 

Leave a Reply