Home / Berita Utama / UIN Suska Riau Pertegas Integrasi Keilmuan dalam Kurikulum
IMG_0583

UIN Suska Riau Pertegas Integrasi Keilmuan dalam Kurikulum

uin-suska.ac.id – Integrasi Keilmuan Sains dan Islam, menjadi salah satu hal yang fundamental dalam konversi  IAIN menjadi UIN Suska Riau. Ini juga menjadi cita-cita yang tertuang dalam Visi UIN Suska Riau dalam bentuk melahirkan para alumni yang memiliki kompetensi Keislaman pada suatu sisi, pengetahuan , pemahaman dan  life skill sesuai bidang prodi masing-masing di sisi lainnya. Hal itu diungkapkan Rektor UIN Suska Riau, diwakili Dr Hj Helmiati, M.Ag  pada pembukaan acara Sosialisasi dan Seminar Tentang Kurikulum Berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) yang ditaja Bagian Akademik  UIN Suska Riau Senin (7/9/2015). Bertempat di Hotel Ibis Pekanbaru.

Seperti diungkapkan Kepala Biro  Administrasi Akademik Kemahasiswaan dan Kerjasama (AAKK) UIN Suska Riau, Dra. Kafrina, kegiatan ini dilandasi UU No 12 tahun 2012. Peserta yang diundang meliputi seluruh Ketua Prodi dilingkungan UIN Suska Riau.

Dalam kegiatan yang dijadwalkan selama dua hari itu, Dr Helmiati, M.Ag juga mengungkapkan, meskipun sudah ada beberapa fakultas dan prodi yang telah mulai menerapkan kurikulum KKNI di UIN Suska Riau, namun tahun ini kita akan lebih mengambil langkah sistematis dan masif.

Pengembangan kurikulum merupakan kegiatan besar sesungguhnya yang akan dipertegas  di UIN Suska Riau. “Sosialisasi dan seminar ini menjadi  starting point  untuk kegiatan besar itu”. Ungkap Helmiati. Kenapa demikian, karena UIN Suska Riau diberikan dua beban tugas dalam tanggung jawab pengembangan kurikulum. Pertama, bagaimana menerapkan dan mengembangkan kurikulum KKNI sesuai amanah UU No 12 Tahun 2012 dan permendikbud no 37 tahun 2013. Kedua, mengakomodir paradigma konsep integrasi Sains dan Islam dalam kurikulum sesuai cita-cita UIN Suska Riau.

Dalam hal penerapan kurikulum KKNI, setelah ini akan dilakukan kegitan-kegiatan lanjutan baik dalam bentuk seminar, workshop dan focus discussion group bersama tim pemngembangan kurikulum UIN Suska Riau. Sedangkan untuk mengakomodir paradigm konsep integrasi ilmu, juga telah dilakukan beberapa rumusan, dan pengumpulan tulisan dan makalah para akademisi dan guru besar UIN Suska Riau sebagai bahan kajian.

Sehingga point-point inti penerapan dan pengembangan kurikulum KKNI, serta  konsep dan paradigma integrasi keilmuan terakumulasi dan tertuang dalam kurikulum kita. Ungkap Helmiati. Dalam acara ini menghadirkan narasumber diantaranya, Achmad Ridwan yang juga tim adhoc BSNP sekaligus Wakil Rektor  IV bidang Perencanaan dan Kerjasama Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

 

Penulis: Suardi

(Tim liputan Suska News: Azmi, Donny, PTIPD)

 

redaksi@uin-suska.ac.id

About Editor

Check Also

IMG_6235

Seminar Internasional Tanah Adat UIN Suska Riau dan USIM Malaysia; Kampar Negeri Tua Asal-usul Adat

uin-suska.ac.id –  Dalam mengkaji permasalahan tanah adat tentu kita harus menelusuri asal usul adat itu …