web analytics

The 2nd Meeting of AIUA, Sempena MOU dan Academic Visit ke Brunei Darussalam

uin-suska.ac.id Setelah pekan lalu berangkat meninggalkan tanah air dalam perjalanan dinas menuju Brunei Darussalam sekaligus ke Tanjung Pinang, akhirnya Senin (26/10/2015) Rektor UIN Suska Riau, Prof Dr H Munzir Hitami, MA kembali ke kampus, menjalankan rutinitas kerja seperti biasa.

Saat ditemui di ruang kerjanya lantai IV Gedung Rektorat UIN Suska Riau, Munzir Hitami pun menceritakan perihal kunjungannya ke Negara Petro Dollar tersebut. Disamping kunjungan kerja sebagai presiden Asian Islamic Universities Association (AIUA), rektor juga melakukan serangkaian kunjungan ke berbagai perguruan tinggi di Negara tersebut, dan melakukan penandatanganan MOU dengan Universitas Islam Syarif Ali (UNISSA).

Begitu sampai pada Jum’at (16/10/2015) malam, esoknya Rektor UIN Suska Riau diundang sebagai salah satu tamu kehormatan dalam acara Konvokesyen atau Wisuda di UNISSA. Prosesi wisuda sendiri dilakukan langsung raja Brunei Darussalam, Sultan Dipertuan Agung Hasanal Bolkiah didampingi Rektor UNISSA, Dr. Haji Norafan bin Haji Zainal.

Malamnya, tepat pukul 19.00 BWN, dilakukan penandatanganan Naskah Kerjasama (MOU) antara UIN Suska Riau dengan UNISSA. Disaksikan langsung Duta Besar RI untuk kerajaan Brunei Darussalam, H,E Mrs. Nurul Komar bersama para Duta Besar Negara sahabat Kerajaan. Ada lima poin kesepakatan kerjasama antara kedua belah pihak. Diantaranya, Exchange Program, Collaborative Research, Research publication, academic seminar dan peningkatan kemahiran berbahasa Arab dan Inggris.

Minggu (18/10/2015), tepat pukul 08.30 WBN Rektor selaku presiden AIUA didampingi tiga orang delegasi dari UIN Suska Riau diantaranya, Warek I, Dr Hj Helmiati, M Ag, Warek III, Dr Tohirin, M. Pd dan staf rektor, M. Absor, S. Pd, mengikuti rapat kerja AIUA bersama para utusan Perguruan Tinggi Islam Asia yang digelar di Centerpoint Hotel, Gadong, Brunei Darussalam. Adapun rapat ini mencakup pembahasan qualification framework yang dipresentasikan Sultan Azlan Shah dari KUISAS, Perak Malaysia. Disamping itu juga terkait The Credit Transfer, Studens Moblty an Access to University education dipersentasikan oleh UIN Suska Riau, AIUA Quality Assurance dan join Degree AIUA members yang dipersentasikan UIN Sunan Ampel. Selain itu juga juga menyangkut Collaborative research activies oleh IAIN Palopo, Sulawesi Selatan, Building Economic Partnership oleh UNISSA, Brunei Darussalam, Diseemination of Konowledge oleh IAIN Antasari, Students Life among AIUA Members oleh MARSAH, Johor, Malysia dan Join Awards oleh IAIN Kedari, Sulawesi Tenggara.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan Launching official Website AIUA; www.aiua.asia sebagai wahana publikasi dan desiminasi informasi kegiatan. Juga launching Journal of Asian Islamic Higher Education, dimana untuk volume 1 telah ada Sembilan penulis kenamaan berkontribusi, dari berbagai universitas di Indonesia, Malaysia, Brunei Darussalam dan Thailand.

 

AIUA Persilahkan Institusi Pendidikan Tinggi Islam Bergabung

Ditambahkan Munzir Hitami, dengan semakin jelasnya arah dan visi AIUA, kita memberikan tawaran kepada institusi pendidikan tinggi Islam untuk bergabung. Selain itu untuk penyempurnaan guidline AIUA, pengesahan dan laporan perkembangan serta kontribusi dari para AIUA members untuk tahun pertama, direncanakan akan dilaksanakan pada awal tahun 2016 ini di Thailand.

Diakhir kunjungan kerja ke negeri kaya minyak tersebut, rektor bersama delegasi UIN Suska Riau lainnya juga melakukan Academic Visit ke UNISSA, Universitas Brunei Darussalam (UBD), Kolej Universiti Pengajian Ugama Sri Begawan (KUPU-SB). Melalui kunjungan-kunjungan tersebut, seperti diungkapkan Munzir Hitami, kita memberikan informasi-informasi akurat dan terkini terkait perkembangan UIN Suska Riau yang tentunya akan menjadi referensi bagi perguruan tinggi di Brunei. “mereka tampak sangat antusias, bahkan selain UNNISA sudah ada perguruan tinggi lainnya yang menyatakan keinginan untuk menjalin kerjasama” ujar Munzir.

 

Penulis: Suardi

Kontributor: M. Absor

Tim liputan Suska News (Donny, Azmi, PTIPD)

 

redaksi@uin-suska.ac.id