web analytics

Upacara Pembukaan Pradiksar Menwa Satuan 042 Indra Bumi; Sarana Penyaluran Potensi Bela Negara

 

uin-suska.ac.id – Teriknya panas matahari siang itu, tak sedikitpun tampak dihiraukan para peserta upacara yang sebagian berpakaian ala militer dan sebagian lagi berpakaian hitam putih dengan rambut plontos. Para peserta yang merupakan anggota dan calon siswa Resimen Mahasiswa (Menwa) satuan 042/ Indra Bumi UIN Suka Riau itu tampak larut dalam barisan-barisan rapi, mengikuti langkah demi langkah upacara pembukaan pra-pendidikan Dasar Militer Menwa Satuan 042 Indra Bumi, yang digelar di halaman gedung Rektorat UIN Suska Riau (Kamis/11/2015).

Dalam upacara yang dihadiri pejabat di lingkungan UIN Suska Riau, perwakilan korem 031 Wira Bima, Polsek Tampan dan anggota-anggota Menwa Riau itu, Rektor UIN Suska Riau Prof. Dr. H Munzir Hitami, MA, selaku Inspektur Upacara menyampaikan Pra Pendidikan Dasar (Pra diksar) ke 35 ini merupakan sarana penyaluran potensi mahasiswa mewujudkan hak dan kewajiban dalam bela Negara. Ini juga salah satu upaya mempersiapkan mahasiswa untuk memiliki sikap disiplin, pengetahuan dan mental dengan nilai-nilai dasar kepemimpinan dengan tetap mengacu pada pendidikan nasional.

Diakhir pidatonya Rektor yang juga anggota kehormatan Menwa satuan 042 Indra Bumi UIN Suska Riau, selaku inspektur upacara berharap kepada calon siswa Menwa, agar dapat mengamalkan ilmu yang didapat sehingga berguna bagi nusa dan bangsa seperti yang terkandung dalam Panca Dharma Satya Menwa dan Tekan pendirian Menwa. Tak hanya di lingkungan kampus, namun juga di masyarakat seperti dalam penanggulangan Bencana alam dan komponen cadangan dalam bela Negara.

Dalam upacara pembukaan pra-pendidikan Dasar Militer Menwa Satuan 042 Indra Bumi ini, juga sekaligus dilakukan pemberian penghargaan sebagai anggota kehormatan kepada Wakil Rektor III UIN Suska Riau, Dr. Tohirin, M.pd. Pradiksar yang dilaksanakan selama empat hari, mulai Kamis (8/11/2015) hingga Minggu (8/11/2015) ini, diikuti sebanyak 42 calon siswa Menwa. Adapun materi pendidikan mencakup, pengetahuan Hankamneg, peraturan militer dasar, pendidikan jasmani militer, falsafah peguruan tinggi dan cara memberikan instruksi (CMI). Disamping itu juga ada pendidikan tambahan, terkait jam komandan dan jam upacara.

Penulis: Suardi

(Tim liputan Suska News: Azmi, Donny, PTIPD)

 

redaksi@ uin-suska.ac.id