web analytics

UIN Suska Riau Ikut Motori Pembentukan Asosiasi PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI PERGURUAN TINGGI ISLAM se- Indonesia

uin-suska.ac.id – Dalam rangka meningkatkan kontribusi bagi kemajuan pendidikan tinggi di Indonesia di bidang komunikasi khususnya dan ilmu pengetahuan teknologi pada umumnya, 15 Perguruan Tinggi Agama Islam (PTAI) yang memiliki program studi ilmu komunikasi, sepakat mendeklarasikan Asosiasi Ilmu Komunikasi Perguruan Tinggi Islam (ASIKOPTI). Pendeklrasian ASIKOPTI sendiri bertepatan dengan Hari Pahlawan Nasional 10 November, di Kampus Universitas Islam Negeri  (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta.

ASKOPTI sendiri dimotori 15 PTAI di Indonesia. Termasuk UIN Suska Riau yang diwakili salah seorang dosen Komunikasi, Titin Antin, S.Sos, M.Si. Sedangkan perguruan Tinggi Agama Islam lainnya yaitu, UIN Sunan Kalijaga (Suka) Yogyakarta, Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Universitas Islam Indonesia (UII), Universitas Muhammadiyah Ponorogo, UIN Sunan Ampel Surabaya, UNIDA Gontor, UIN Suska Riau, Universitas Islam Bandung (UNISBA), STAIN Kediri, STAIN Kudus IAIN Salatiga, STAIN Pekalongan, IAIN Tulungagung, IAIN Purwokerto, dan IAIN Cirebon.

Dalam deklarasi tersebut, terpilih sebagai Ketua Umum adalah Drs. H. Bono Setyo, M.Si dari UIN Suka dan Sekertaris Umum, Rendra Widyatama, SIP, M.Si dari UAD. Dikatakan Bono, keanggotaan ASIKOPTI terbuka bagi PTAI baik negeri maupun swasta yang memiliki program studi ilmu komunikasi.

“ASIKOPTI sendiri  merupakan wadah bersatunya perguruan tinggi keislaman baik dari berbagai kelompok atau organisasi baik Muhammadiyah, Nahdlatul Ulama, maupun ormas-ormas keislaman lain yang ada di Indonesia.” jelas Bono yang saat ini juga menjabat sebagai ketua prodi ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga

Bono berharap, agar perguruan tinggi lain yang berafiliasi keislaman dan memiliki program studi ilmu komunikasi dapat segera bergabung dalam ASIKOPTI. Sebagai asosiasi baru, ASIKOPTI akan merumuskan berbagai aspek kelengkapan organisasi sebagai sebuah asosiasi sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan. “Prodi komunikasi dari berbagai kampus lain di bawah Perguruan Tinggi keislaman di seluruh Indonesia dapat segera bergabung dengan kami di ASIKOPTI.” Papar Bono.

“Dengan menjadi anggota ASIKOPTI, diharapkan program studi komunikasi yang dibawah naungan perguruan tinggi keislaman dapat maju dan berkembang lebih cepat. Hal ini selaras dengan tantangan di masa mendatang, dimana Indonesia memasuki era perdagangan bebas dan terbentuknya masyarakat global, antara lain Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), termasuk munculnya internet dan media sosial.”

Setidaknya ada tiga tujuan utama dari pembentukan ASIKOPTI, yakni, Meningkatkan dan mempercepat upaya perkembangan dan tata kelola pendidikan tinggi ilmu komunikasi. Memberikan kontribusi pengembangan keilmuan pada ilmu komunikasi di Indonesia khususnya dan dunia pada umumnya serta. Serta sebagai forum komunikasi dan silaturahim antara dosen dan pengelola program studi ilmu komunikasi di bawah perguruan tinggi keislaman di seluruh Indonesia. (Rls)***

 

Editor:  Tim Liputan Suska News (Suardi, Donny, Azmi/PTIPD)

redaksi@uin-suska.ac.id