web analytics

UIN Suska Riau Evaluasi Sistem Host to host dengan Bank Mitra; Tahun 2016 Uang Kuliah Bisa dibayar Melalui ATM

uin-suska.ac.id – Demi terus meningkatkan pelayanan terhadap mahasiswa, terutama menyangkut pembayaran uang kuliah, Selasa (17/11/2015) UIN Suska Riau lakukan Evaluasi dan Presentasi sistem hos to host. Hari itu, ada dua bank mitra melakukan evaluasi dan presentasi yang bertempat di ruang rapat pimpinan gedung Rektorat lantai IV UIN Suska Riau.

Paginya sekitar pukul 09.00 WIB, evaluasi dan presentasi dilakukan Bank BNI Syari’ah dipimpin kepala cabang BNI Syari’ah Pekanbaru, Mohammad Yasyfien bersama tim IT kantor pusat dan rombongan. Sedangkan siangnya sekitar pukul 14.00 WIB, evaluasi dan presentasi dilakukan Bank BRI Syari’ah juga dipimpin langsung kepala cabang BRI Syari’ah Pekanbaru, Rahmadianur bersama tim IT kantor pusat dan rombongan. Sementara dari UIN Suska Riau sendiri disamping dihadiri Rektor dan para Wakil Rektor, juga tampak hadir para wakil Dekan, Kepala Biro AAKK, para Kabag dan tim IT yang juga dari Pusat Teknologi Informasi Pangkalan Data (PTIPD) UIN Suska Riau.

Dalam arahannya Rektor UIN Suska Riau, Prof Dr H Munzir Hitami, MA menyampaikan berdasarkan pengalaman yang sudah ada, perlu adanya semacam stimulan atau rangsangan dari pihak Bank kepada mahasiswa, akan kesadaran menabung. Sehingga rekening Bank mahasiswa diisi tak hanya pas saat pembayaran, atau malah pada waktu-waktu terakhir pembayaran uang kuliah. Hal ini penting, salah satunya untuk mencegah alpha studi akibat kelalaian mahasiswa mengisi rekening saat pembayaran uang kuliah sesuai jadwal yang ditentukan. Dengan adanya tabungan pada rekening mahasiswa yang terdaftar, pihak Bank bisa melakukan penarikan dari tabungan secara otomatis sesuai jumlah nominal uang kuliah masing-masing. Ungkap Munzir.

Munzir Hitami juga menekankan perlunya real-time pihak Bank, saat penyetoran uang kuliah bagi mahsiswa. Disamping juga koneksitas antara sistem akadamik Iraise UIN Suska Riau, dengan sistem Banking secara real-time. “Sehingga ketika mahasiswa sudah menyetor uang kuliah lewat Bank, sistem Akademik Online Iraise untuk pelayanan perkuliahan secara otomatis bisa dibuka, dan begitu juga sebaliknya. Jika diperguruan tinggi lain bisa, mengapa di UIN Suska Riau tidak” ujar Munzir. Munzir Hitami juga menginginkan, agar kartu mahasiswa yang juga sekaligus sebagai ATM dilengkapi sistem aplikasi multi guna, sehingga semua pelayanan bisa dengan satu kartu.

Menanggapi hal ini, kepala cabang BNI Syari’ah Pekanbaru, Mohammad Yasyfien dalam sambutannya mengungkapkan, berbekal kepercayaan yang telah diberikan UIN Suska Riau sejak tahun 2012 silam sebagai salah satu pengelola pelayanan keuangan mahasiswa, pihaknya akan senantiasa melakukan berbagai peningkatan pelayanan di UIN Suska Riau. Tentu saja dengan mengedepankan kaidah-kaidah syariah Islam, mulai dari yang dulunya manual hingga sampai pada sistem host to host sekarang ini.

Namun BNI Syari’ah Pekanbaru sebagai anak cabang, tentunya masih banyak kekurangan-kekurangan. Disamping juga terdapat kendala-kendala eksternal dengan pihak lainnya seperti terkait server dengan Telkom dan pihak lainnya. “Namun kita telah melakukan pembahasan-pembahasan dalam mencari solusinya dan terus melakukan koordinasi-koordinasi secara teknis” ungkap Yasyfien. Oleh karena itu, masukan-masukan yang disampaikan UIN Suska Riau tentunya sangat berharga dalam menuju lebih baik lagi.

Pada kesempatan tersebut, pihak BNI Syari’ah juga mempresentasikan sistem Banking yang akan di terapkan ke depan. Dimana tak ada cara lain penggunaan live ATM dan masukan-masukan dari UIN Suska Riau akan terus dibahas untuk di realisasikan. “mudah-mudahan caturwulan pertama tahun depan, penggunaan dan pembayaran ATM bisa dilakukan” ungkap Yasyfien

Dalam kesempatan lainnya, kepala cabang BRI Syari’ah Pekanbaru, Rahmadianur dalam sambutannya mengungkapkan, BRI Syaria’ah bertekad untuk senantiasa melakukan perbaikan-perbaikan. Menindak lanjuti masukan-masukan UIN Suska Riau, melalui tim IT nya, Ananta, BRI Syari’ah mempresentasikan sistem Virtual account yang akan segera diterapkan di UIN Suska Riau. “mudah-mudahan Januari tahun depan, pembayaran uang kuliah mahasiswa bisa dilakukan di ATM-ATM bersama diseluruh Indonesia.

Disamping presentasi, acara juga diisi dengan diskusi dan tanya jawab antara pihak UIN Suska Riau, dengan pihak Bank mitra, terkait langkah-langkah dan upaya kedepan.**

 

Penulis: Suardi

(Tim liputan Suska News: Donny, Azmi, PTIPD)

 

redaksi@uin-suska.ac.id