web analytics

Berharap Muncul Bibit Baru; BEM Gelar UIN Suska Olympic Games 2015

uin-suska.ac.id – Suasana meriah tampak menyeruak diseputaran lapangan sepak bola, Kampus UIN Suska Riau Panam, Senin (23/11/2015). Sejak pagi, sebuah tenda lengkap dengan panggung mini dibalut kain kuning dan merah dengan aneka hiasan, tampak berdiri ditengah lapangan.

Meski cahaya mentari mulai tersasa terik pagi menjelang siang itu, namun ratusan mahasiswa tampak mulai berkumpul, membentuk barisan memanjang di depan gedung rektorat. Mereka adalah para kontingen Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ), lengkap dengan bendera dan atribut masing-masing. Setelah mendapat aba-aba dari WR III, UIN Suska Riau, barisan kontingen terlihat mulai bergerak diiringi suara gemuruh marching band UIN Suska yang membahana. Dengan ekspresi penuh kebahagian, rombongan kontingen-kontingen mahasiswa ini pun berjalan melakukan pawai menelusuri jalan seputaran kampus.

Sesampai ditempat acara, sekelompok mahasiswa berpakaian serba hitam, dan merah tampil menyuguhkan berbagai atraksi gerakan-gerakan silat nan gesit. Mereka merupakan para mahasiswa yang tergabung dalam Himpinan Seni Sililat Indonesia (HIMSSI) komisariat “Istimewa” UIN Suska Riau. Disusul tari persembahan dari sanggar “latah tuah”.

Rangkian prosesi tersebut menandai dibukanya UIN Suska Olympic Games 2015. Sebuah iven olahraga tingkat mahasiswa HMJ se- UIN Suska Riau yang ditaja BEM universitas. Acara ini direncanakan berlangsung sebulan penuh, hingga 25 Desember mendatang. Disamping prestasi dibidang olahraga, acara ini juga diharapkan menjadi ajang membangun silaturahmi bagi mahasiswa UIN Suska Riau. Ungkap ketua panitia Ponardo Hutagaul dalam sambutannya.

Sementara itu Presiden mahasiswa UIN Suska Riau, Roby Rendra Tribuana dalam sambutannya mengungkapkan, turnamen olahraga ini diikuti 37 HMJ se-UIN Suska Riau. Diharapkan menjadi ajang unjuk kebolehan dibidang olahraga bagi mahasiswa UIN Suska Riau. “Tentu semua kontingen ingin menang, namun kemenangan yang sesunggunya adalah semangat spotifitas, loyalitas dan disiplin” ujar Roby.

Pada kesempatan yang sama, ketua Badan Penjaringan Prestasi Olahraga dan Seni Mahasiswa (BP Posma) UIN Suska Riau, Drs Sudirman, M. Si menyampaikan penghargaan kepada panitia BEM UIN Suska Riau, khususnya bidang Kementerian Pemuda dan Olahraga. Dari iven ini diharapkan akan menumbuhkan prestasi olahraga dalam pencitraan yang baik, serta silaturahmi antar mahasiswa. Dari atlit-atlit yang berprestasi disini nantinya, diharapkan bisa mewakili UIN Suska Riau ditingkat nasional dan regional.

Acara dibuka secara resmi Wakil Rektor III UIN Suska Riau, Dr H Tohirin, M Pd. Dalam sambutannya Wakil Rektor Bidang kemahasiswaan dan Kerjasama ini menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya acara ini. Banyak manfaat positif dari kegiatan ini. Dari acara ini diharapkan muncul bibit-bibit olahragawan UIN Suska Riau, yang bisa mewakili UIN Suska Riau dalam iven-iven olahraga tingkat lokal, nasional dan Internasional.

Tak lupa Tohirin berpesan kepada peserta, bahwa sportifitas jauh lebih utama dari sekedar juara. Mantan Dekan Fakultas Psikologi ini juga mengintruksikan, agar BP POSMA melakukan identifikasi terhadap atlit-atlit berpotensi nantinya dilapangan. Selanjutnya dilakukan pembinaan berkelanjutan. “mudah-mudahan dari kegiatan ini juga akan terbentuk mahasiswa yang sehat, kuat, sebagai penerus estapet.

Kita memang berikhtiar ke depan akan lebih menyemarakkan dan menghidupkan kegiatan-kegiatan olahraga dan seni bagi mahasiswa di UIN Suska Riau. “Untuk itu kita terus berusaha menghimpun dana, termasuk berusaha agar dianggarkan di APBD Provinsi” tutup Tohirin.**

 

Penulis: Suardi

Tim liputan Suska News (Donny, Azmi, PTIPD)

 

redaksi@uin-suska.ac.id