web analytics

Demi peningkatan Publikasi dan kualitas Penelitian; UIN Suska Riau Jalin Kerjasama Dengan PDII LIPI

uin-suska.ac.id ­– Sebagai salah satu lembaga pendidikan di tanah air, UIN Suska Riau masih dirasakan belum maksimal dalam publikasi penelitian. Hal itu diungkapkan Rektor UIN Suska Riau, Prof Dr H Munzir Hitami, MA saat memerikan sambutan pada acara penandatangan MOU antara UIN Suska Riau dengan Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah (PDII) LIPI Jum’at (27/11/2015). Bertempat di ruang Rapat Pimpinan Lantai IV, Gedung Rektorat UIN Suska Riau.

Lebih lanjut Munzir mengakui, memang ada berbagai kendala terkait hal ini, mulai dari teknis maupun non teknis. Belum terstrukturnya penerbitan jurnal internal dan masalah akreditasi jurnal, aturan-aturan yang ditetapkan pusat terkait struktur birokrasi keuangan yang sulit, dan masih kurangnya kesadaran sebagian civitas akademika untuk fokus pada penelitian dan publikasi. “padahal fokus pada penelitian, seakan menjadi malaikat pada lembaga akademik” ungkap Munzir. Dalam kepangkatan dosen dan pengajuan guru besar misalnya, semuanya bermuara pada fokus ini.

Fokus ini juga berdampak pada minimnya artikel-artikel yang dihasilkan, yang juga menjadi keluhan para pengelola jurnal kita. Dimana artikel yang di publish di jurnal, belum sebanding dengan banyaknya penelitian-penelitian yang didanai dan dibiayai UIN. “Mestinya tak ada alasan publikasi jurnal terkendala tak adanya artikel, yang sebenarnya juga sebagai salah satu bentuk laporan penelitian yang telah dibiayai tersebut” ungkap Munzir.

Sehari sebelumnya, PDII LIPI bekerjasama dengan Perpustakaan UIN Suska Riau, juga mengadakan pelatihan dan Workshop terkait pengelolaan Jurnal bagi civitas akademika UIN Suska Riau.

Mudah-mudahan dengan pelatihan dan workshop serta penandatangan kerjasama ini, menjadi salah satu solusi peningkatan publikasi dan kualitas penelitian di UIN Suska Riau. Pelatihan dan kerjasama ini juga penting sebagai pengembangan ilmu pengetahuan dan pengalaman untuk melangkah pada tarap internasional. Semoga jurnal-jurnal kita nantinya juga bisa terakreditasi, harap Munzir.

Sementara itu kepala PDII LIPI, Ir Sri Hartina, M si, dalam sambutannya mengungkapkan, mulai tahun depan, pengelolaan jurnal dan juga akreditasinya oneline, tergabung dibawah PDII LIPI. “jika dulu terpisah, mulai 2016 akan digabung dalam satu induk” ungkap Sri Hartina. Dilanjutkan Sri Hartina, sebelum melakukan MOU dengan UIN Suska Riau, PDII LIPI juga telah memulai kerjasama-kerjasama terkait Ripository dengan Perpustakaan UIN Suska Riau.

Dengan kerjasama ini, UIN Suska Riau juga diharapkan menjadi salah satu induk untuk wilayah Riau, terkait informasi-informasi jurnal ilmiah. Melaui kerjasama dengan PDII LIPI, jurnal-jurnal yang ada di UIN Suska Riau juga diarahkan untuk dikelola sesuai standar-standar Internasional yang di telah di tetapkan.***

 

Penulis: Suardi

(Tim liputan Suska News: Donny, Azmi, PTIPD)

 

 

redaksi@uin-suska.ac.id