web analytics

Harun S Wisudawan Terbaik Universitas Periode Pertama Tahun Akademik 2015/2016 UIN Suska Riau

uin-suska.ac.id Sabtu pagi (28/11/2015), sang surya baru saja muncul di ufuk timur. Namun suasana di kampus UIN Suska Riau Panam sudah begitu ramai dan meriah. Sejak pagi arus lalu lintas kendaraan dari pintu masuk kampus begitu padat. Tampak Meriah dengan bunga papan selamat yang berjejer di sepanjang pinggir jalan. Ribuan orang tampak memadati sekitar gedung PKM, berbaur dengan para pedagang yang menjajakan dagangannya.

Pagi itu UIN Suska Riau kembali melaksanakan prosesi Wisuda program Doktor ke 8, program Strata II ke 36 dan program Strata I dan Diploma III ke 55. Ada sebanyak 882 orang Wisudawan yang di Wisuda pagi itu. Terdiri dari program Doktor sebanyak 2 orang, program Magister 100 orang, Fakultas Psikologi 45 orang, Fakultas Ushuluddin 15 orang, Fakultas Dakwah dan Komunikasi 93 orang, Fakultas Pertanian dan Peternakan 29 orang, Fakultas Syari’ah dan Hukum 127 orang, Fakultas Sains dan Teknologi 88 orang, Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial 101 orang dan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan 283 orang.

Acara diawali dengan arak-arakan para wisudawan yang diiringi alat tradisional Kompang, memasuki ruang acara gedung PKM UIN Suska Riau. Tak lama berselang, giliran Rektor UIN Suska Riau, beserta Ketua Senat Universitas dan anggota, memasuki ruangan upacara yang juga diarak dengan alat tradisional Kompang.

Tepat pukul 9.00 WIB, Sidang Senat Terbuka Universitas digelar. Sidang dibuka langsung ketua Senat Universitas, Prof Dr H M Nazir. Suasana terasa Khidmat, yang sebelumnya diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, mengheningkan cipta, dan alunan Hymne dan Mars UIN Suska Riau yang terdengar membahana. Dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-qur’an.

Dalam sambutannya, Rektor UIN Suska Riau Prof Dr H Munzir Hitami, MA mengungkapkan, wisudawan wisudawati ini merupakan wujud dari tanggung jawab UIN Suska Riau kepada bangsa, dalam mencetak SDM berkualitas. Tak hanya itu, namun juga Islami, berdaya saing sesuai visi UIN Suska Riau.

Gelar akademik tak akan berarti tanpa diaktualisasikan dalam bentuk karya-karya nyata. Semuanya dalam rangka peningkatan kualitas kehidupan berbangsa dan bernegara, ditopang ajaran agama demi menggapai “rahmatan lil ‘alamin”.

Dalam beberapa tahun terakhir, UIN Suska Riau telah berperan aktif mengembangkan kerjasama dalam pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat di kawasan Asean, Eropa, Timur tengah, Afrika dan Amerika. Diantaranya Leiden dan KTLV di Belanda. Universitas Humburg, Amberg-Weiden University di Jerman. Universitas Cambridge di Inggris, Sorbone di Perancis, Ohio State University di Amerika. Di Timur Tengah diantaranya dengan Univ. Azzaitun Tunisia, Darul Hadits di Maroko, Tahfiz al-Qur’an di Turky dan sebagainya.

Pada tanggal 25 April 2015 silam, rektor UIN Suska Riau, Prof Dr H Munzir Hitami, MA secara aklamasi juga dipercaya sebagai presiden “Asian Islamic Universitas Assocation (AIUA) periode 2015-2017. Disamping itu, baru-baru ini dengan intensive English program  kerjasama dengan UsintecOhio State University sedikit banyak telah membuahkan hasil yang membanggakan. Dimana beberapa dosen UIN Suska Riau dinyatakan lulus passing grade untuk memasuki beberapa universitas di Amerika.

Seperti biasa, dalam wisuda periode pertama ini juga dilakukan pembacaan SK Wisudawan berprestasi atau pemuncak. Wisudawan terbaik program Doktor diraih oleh Harun S, wisudawan dari prodi Hukum Islam, dengan IPK 3,85 prediket cumlaude. Pada Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, wisudawan terbaik diraih oleh Restu Desriyanti, dari prodi Pendidikan Kimia dengan IPK 3,76 prediket cumlaude. Dari fakultas Syari’ah dan Hukum diraih oleh Abdul Hakim, prodi Muamalah dengan IPK 3,65 juga dengan prediket cumlaude. Pada fakultas Ushuluddin, wisudawan terbaik diraih oleh Ari Irawan, dari prodi Perbandingan Agama, dengan IPK 3,60 prediket sangat memuaskan.

Fakultas Dakwah dan Komunikasi, wisudawan terbaik diraih oleh Novia Dwi Sandri, prodi ilmu komunikasi, IPK 3,74 prediket sangat memuaskan. Fakultas Sains dan Teknologi wisudawan terbaik diraih oleh Liza Apriyanti, dari prodi Teknik Informatika, IPK 3,78, juga prediket sangat memuaskan. Dari Fakultas Psikologi Imannatul Istiqomah menjadi wisuwan terbaik, dari prodi Psikologi, IPK 3,74 sangat memuaskan. Pada Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Reihan menjadi Wisudawan terbaik, dari prodi Akuntansi IPK 3,66 dengan prediket cumlaude. Sedangkan dari Fakultas Pertanian dan Peternakan, wisudawan terbaik diraih oleh Elson Haryanto dari prodi Agroteknologi dengan IPK 3,50 prediket sangat memuaskan. Untuk program D3, Nur Rofiah menjadi wisudawan terbaik, dari prodi Akuntansi, dengan IPK 3,50 prediket sangat memuaskan.

Dengan demikian Harun S wisuwan terbaik program Doktor, ditetapkan sebagai wisudawan terbaik Universitas pada wisuda periode pertama Tahun Ajaran 2015/2016.

 

 

Penulis: Suardi

(Tim liputan Suska News: Donny, Azmi, PTIPD)

 

redaksi@uin-suska.ac.id