web analytics

International Seminar Sains Exploration, History and Islamic Civilization With The Mata Air Magazine; Mengembalikan Kesadaran Umat Islam Meraih Sains

uin-suska.ac.id –Rabu Pekan kedua (12/2015) lalu, Ma’had Aljami’ah UIN Suska Riau menggelar Intenational Seminar bertajuk Sains Exploration, History and Islamic Civilization With The Mata Air Magazine. Acara yang digelar di Gedung Islamic Center UIN Suska Riau itu, menghadirkan para pembicara, Advisory Board Mata Air Magazine, Cumhur Cil SS, M.Ed dari Turki dan Editor Chief of Mata Air Magazine, Astri K Alafta, SS, M.Ed dari Indonesia.

Seperti diungkapkan direktur Ma’had Aljami’ah UIN Suska Riau, Dr H Mashuri Putra, Lc, MA, Ma’had Aljami’ah sengaja mengangkat tema tentang Sains, dalam rangka mengimplementasikan integrasi keilmuan yang memang sejalan dengan visi dan misi UIN Suska Riau. Yakni menyelaraskan antara Sains dan Islam. Mata air Magazine sendiri merupakan majalah Internasional Islam di bidang Sains, Budaya dan Spiritual.

Sementara itu rektor UIN Suska Riau, Prof Dr H Munzir Hitami, MA dalam sambutannya saat pembukaan seminar mengungkapkan, Sejarah telah membuktikan, bahwa Sains pada awalnya adalah milik umat Islam. Dikembangkan para ulama nenek moyang Islam, yang juga sekaligus saintis bidang matematika, Kedokteran dan ilmu-ilmu sains lainnya. Para tokoh yang juga ulama Islam tersebut lah seperti Qurtubi, Ibnu Shina dan Saintis Islam lainnya yang telah merintis dan menjewantahkan Sains dari ilmu-ilmu filsafat Islam. Namun dalam perkembangannya, ilmu-ilmu yang telah dirintis para ulama Islam ini malah diambil alih dan dikembangkan selanjutnya oleh Barat.

Melalui seminar ini mudah-mudahan memberikan wawasan pada kita, dan yang terpenting menanamkan kembali kesadaran kita sebagai umat Islam untuk kembali meraih Sains. “dengan menanamkan kesadaran itu, mudah-mudahan akan memberi motivasi supaya kita sebagai umat Islam dapat memimpin kembali peradaban ini”. Ujar Munzir.

Dalam pembukaan seminar yang dihadiri para elemen mahasiswa dan pimpinan fakultas-fakultas serta civitas UIN Suska Riau itu, juga dilakukan pemberian cendramata dari Mata Air Mgazine kepada UIN Suska Riau.**

 

Penulis: Suardi

 

Tim liputan Suska News (Donny, Azmi, PTIPD)

redaksi@uin-suska.ac.id