web analytics

UIN Suska Riau Raih Penghargaan Satker Kinerja Pelaksanaan Anggaran Terbaik 2015

uin-suska.ac.id – UIN Suska Riau berhasil meraih prediket sebagai salah satu Satuan Kerja (Satker) dengan kinerja pelaksanaan angggaran terbaik tahun 2015. Bersama 696 Satker pemerintahan yang mendapat penilaian terbaik di Indonesia. Hal itu diungkapkan Dirjen Perbendaharaan Propinsi Riau, Herry Sunardjo, SH, MM pada acara Penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Tahun Anggaran 2016, bertempat di kediaman Gubernur Riau, Kamis (15/12/2015).

Lebih lanjut Herry mengungkapkan,  untuk wilayah propinsi Riau sendiri, ada enam satker yang mendapat penghargaan kinerja pelaksanaan anggaran terbaik. Antara lain, Pelaksanaan Jalan Nasional Propinsi Riau, Kanwil Kementrian Agama Propinsi Riau, Universitas Riau, UIN Suska Riau, Dires Narkoba Polda Riau dan Dinas Pendidikan Propinsi Riau.

Penilaian terhadap enam satker ini meliputi, kepatuhan penyampaian laporan keuangan, kepatuhan penyampaian LPJ Bendahara, kepatuhan penyampaian rencana Kas, tingkat kesalahan SPM yang rendah dan tingkat realisasi anggaran diatas rata-rata.

Untuk Tahun 2016, pemerintah Propinsi Riau menyerahkan sebanyak 542 Dipa kepada Satker peneyelengaraan negara yang ada di wilayah Propinsi Riau, dengan nilai anggaran 6,52 Trilyun. Terdiri atas Dipa kantor pusat sebanyak 18 Dipa dengan jumlah nominal 1,66 Trilyun, dan Dipa Satker yang berada di Daerah sebanyak 524 Dipa dengan nilai 4,96 Trilyun. Khusus untuk daerah dan dana desa ditetapkan 21, 543 trilyun rupah.

Sedangkan UIN Suska Riau untuk tahun 2016 ini, menerima pagu anggaran dari Pemprop Riau sebesar Rp 270.386.84000. Disisi lain, Universitas Riau, menerima pagu anggaran sebesar Rp 392.442.450.000.

Herry menambhkan, dalam ragka meningkatkan kualitas pelaksanaan APBN, perlu dilaksanakan percepatan pelaksanaan proyek tahun 2016. Terkait proyek insprastruktur dan pengadaan barang dan jasa, bisa dilaksanakan sebelum tahun anggaran dimulai. Namun untuk penandatanganan kontrak baru bisa dilaksanakan setelah DIPA di syahkan dan berlaku epektif. Dengan pendanaan yang dibebankan pada anggaran berjalan, dengan mengoptimalisasi sisa lelang dan swa kelola.

Sementara itu, (Plt) gubernur Riau, H Arsyadjuliandi Rachman, dalam sambutannya menyampaikan, memasuki tahun 2016 Presiden RI berpesan kepada Satker penyelenggara pemerintah agar lebih fokus melaksanakan tugas. Khususnya pada program pembangunan yang telah direncanakan serta melakukan berbagai langkah antisipasi terhadap potensi dampak dinamika berbagai asfek kehidupan. Agar sasaran pembangunan jangka menengah dapat tercapai.

Penyerahan Dipa dilaksanakan lebih awal, merupakan keinginan kita bersama. Agar proses pembangunan dapat berlangsung tepat waktu, dan merata serta berdampak besar dalam perekonomian masyarakat. Tahun 2016 ini, Dipa Propinsi Riau sebesar 6,5 trilyun, menurun 9,6 persen disbanding Dipa 2015 lalu.

Disamping dilakukan penyerahan piagam penghargaan Sebagai Satuan Kerja Dengan Kinerja Pelaksanaan Anggaran Terbaik 2015, oleh (Plt) gubernur kepada Rektor UIN Suska Riau, Prof Dr H Munzir Hitami, MA dan pimpinan lima Satker lainnya diwilayah propinsi Riau, juga dilakukan penyerahan secara simbolis pagu anggaran terhadap satker-satker lainnya.

 

Penulis: Suardi

 

Tim liputan Suska News (Donny, Azmi, PTIPD)

redaksi@uin-suska.ac.id