web analytics

Putri Zulia Jati sabet juara I lomba karya tulis Pengalaman ber KKN UIN Suska Riau 2015

uin-suska.ac.id – Tahun 2015 lalu, Lembaga penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) UIN Suska Riau, untuk pertama kalinya menggelar lomba karya tulis ber-KKN (kuliah Kerja Nyata). Lomba ini dikhususkan bagi mahasiswa yang mengikuti KKN di berbagai wilayah, baik KKN regular, maupun KKN kebangsaan. Pengumuman dan penyerahan hadiah dilaksanakan di ruang rapat pimpinan LP2M gedung Islamic Center UIN Suska Riau, Kamis (31/12/2015) lalu. Dihadiri Rektor UIN Suska Riau, diwakili WR III, Dr H Tohirin, M. Pd, Ketua LP2M, Drs H Promadi, P.hd, para WDIII dilingkungan UIN Suska Riau.

Seperti diungkapkan ketua LP2M UIN Suska Riau, Drs H Promadi, P.hd, dari kegiatan ini ada 25 tulisan yang berhasil dihimpun yang Kemudian diseleksi menjadi 6 tulisan. Juara I diraih oleh, Putri Zulia Jati dengan judul tulisan “Senja Merekah di Pulau Ingu” dari Fakultas Pertanian dan Peternakan. Juara dua Ulva Nofriza dengan judul tulisan “Pelangi di Api-api” dari Fakultas Dakwah dan Komunikasi dan juara III M. Ruslan dengan judul tulisan “Siap Siaga Cegah Karhutla” dari Fakultas Syariah dan Hukum  sedangkan Harapan I Nesri Latif dengan judul tulisan “Secarik Kertas dan Lembaran Keuangan” dari Fakultas Sains dan Teknologi Harapan II Rahmadita Yuandra dengan judul tulisan “Yang Tak Terlupakan” dari Fakultas Sains dan Teknologi dan Harapan III M. Misbahuddin dengan judul tulisan “Petualangan di Negeri Asap” dari Fakultas Pertanian dan Peternakan. Ditambahkan promadi, untuk pemenang juara I, II dan III akan diterbitkan dalam bentuk buku. Sedangkan untuk para juara harapan, tulisan tersebut akan disimpan, dan dikirim ke fakultas-fakultas masing-masing.

Promadi juga menceritakan, kegiatan ini semula terinspirasi dari kegiatan pemekaran tentang KKN yang dihadiri oleh begitu banyak peserta KKN. Saking banyaknya peserta, hal-hal yang disampaikan terkait petunjuk KKN terkesan tak efektif karena kurang diperhatikan peserta. “Dari sinilah akhirnya munculnya ide menuliskan pengalaman ber KKN, sekaligus sebagai bahan bacaan bagi peseta nantinya untuk dijadikan salah satu pedoman dalam bentuk tulisan sastra” ujar Promadi.

Sementara itu, Rektor UIN Suska Riau, yang diwakili WR III, Dr Tohirin, M Pd mengungkapkan, apa yang dilakukan LP2M ini merupakan langkah awal yang sangat penting. Terutama dalam menggairahkan budaya menulis dikalangan mahasiswa. “banyak hal yang menarik yang bisa ditulis, baik pengalaman pribadi maupun sosial” ujar Tohirin. Namun menuliskannnya akan sangat sulit, bagi mahasiswa yang tak terbiasa menulis.

Padahal membiasakan menulis merupakan hal yang sangat penting bagi mahasiswa. Dalam sejarah, banyak ilmu-ilmu yang lahir dari tulisan pribadi para tokohnya. Sepertihalnya ilmu etnografi yang berawal dari tulisan pribadi para etnografer. Disamping itu, kegiatan menulis juga akan sangat menunjang bagi penyelesaian tugas-tugas ilmiah mahasiswa. Seperti makalah, proposal bahkan skripsi, ungkap Tohirin.**

 

Penulis: Suardi

Tim liputan Suska News (Donny, Azmi, PTIPD)

 

 

redaksi@uin-suska.ac.id