web analytics

Polda Riau Gandeng UIN Suska Riau Test Seleksi Akademik CAT SIP Skala Nasional

uin-suska.ac.id – Dalam minggu ini para anggota-anggota polisi berseragam lengkap, tampak bersileweran di seputaran kampus Islami Madani UIN Suska Riau, Jl HR Soebrantas, Panam Pekanbaru. Di waktu-waktu tertentu mereka pun terlihat bebaur melakukan shalat Jama’ah di masjid Kampus Aljami’ah, dan berkumpul di pelataran gedung Pusat Komputer UIN Suska Riau.

Usut punya usut, para polisi dari seluruh Polres di wilayah Polda Riau ini bukannya sedang menguber para penjahat, atau sedang melakukan pengamanan lainnya, melainkan sedang mengikuti Seleksi Akademik Sekolah Inspektur Polisi (SIP) yang dipusatkan di kampus UIN Suska Riau.

Ini merupakan bentuk implementasi MOU antara Polda Riau dengan UIN Suska Riau beberapa waktu lalu. ungkap kepala Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (PTIPD), Benny Sukma Negara, ST, MT, saat ditemui disela-sela kesibukannya. “kita (UIN Suska Riau –Red) memang satu-satunya kampus yang dipercaya sebagai mitra dalam tes akademik (SIP) oleh Polda Riau kali ini” ungkap Benny bangga.

Ada 154 peserta dari seluruh Polres di wilayah Riau yang mengikuti seleksi dengan system Computer Asisted Test (CAT) rancangan PTIPD UIN Suska Riau, Jum’at (29/1/2016) lalu. Dari 154 tersebut, akan diseleksi 25 orang yang akan lolos dalam proses selanjutnya menjadi Perwira. Pelaksanaan ujian yang digelar di lantai II gedung Pusat Komputer ini, dilakukan dalam tiga sesi. Masing-masing peserta disajikan soal-soal yang berbeda atau menggunakan random soal. “usai melakukan test, hasilnya pun langsung keluar dan dijamin objektif” ungkap Benny.
Diungkapkan Benny, dalam test SIP berskala nasional ini, baru dua Polda di Indonesia yang melakukan test menggunakan CAT. Yakni Polda Metro jaya, dan Polda Riau sendiri, yang bekerjasama dengan UIN Suska Riau. “tentunya ini kebanggaan tersendiri bagi kita”, ungkap Benny. Sebelumnya Polda Riau juga bekerjasama dengan UIN Suska Riau, saat melakukan test masuk kepolisian. Bahkan ke depan, oleh Polda Riau kita juga diminta untuk menyelenggarakan test Brigadir.

Sebenarnya system CAT UIN Suska Riau ini, juga telah digunakan dalam berbagai test lainnya. Termasuk pada pelaksanaan UMJM UIN Suska Riau tahun lalu. “jadi system dan aplikasi kita boleh dikatakan telah teruji” ujar Benny.

Ditambahkan Benny, PTIPD UIN Suska Riau juga memberikan kesempatan kepada instansi atau lembaga lainnya, untuk bekerjasama dalam pelaksanaan tes CAT dan bidang IT lainnya. Seperti test Asessment di pemda-pemda, perusahaan dan sebagainya.
Kedepan Benny berharap, pihak kampus bisa terus meningkatkan berbagai inprastruktur pendukung. Sepertihalnya revitalisasi lab-lab yang ada, juga jaringan. Hal itu seiring makin banyaknya instansi dan lembaga yang berminat bekerjasama dengan PTIPD UIN Suska Riau. Juga seiring dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi.***

Penulis: Suardi

(Tim liputan Suska News: Azmi, Donny, PTIPD)

redaksi@uin-suska.ac.id