web analytics

Mimpi Jadi Kenyataan

uin-suska.ac.id – Mimpi jadi kenyataan, setidaknya pribahasa ini dapat mewakilkan keinginan Musdalifah Azhima, mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN-Suska) Riau untuk pergi ke luar negeri.

Melalui serangkaian tes yang dilakukan pihak UIN-Suska Riau, akhirnya menghantarkan Musdalifah pada mimpinya ke luar negeri melalui pertukaran pelajar ke Prince Of Songkla University di Thailand.

“Ini memang salah satu mimpi atau bisa dibilang cita-cita saya yang ingin ke luar negeri,”ungkapnya saat diwawancara, Jumat (17/6) lalu.

Mahasiswi yang akrab dianggil Mus oleh teman-temanya di kampus ini berharap melalui pertukaran pelajaran ini dia memiliki banyak teman untuk berbagi informasi.

Musdalifah menceritakan banyak pengalaman yang dapat diambil dari perjalannaya selama satu semester di  Prince Of Songkla University di Thailand. Diantaranya, mahasiswa dari negara ASIA yang lain terkesan lebih aktif dibandingkan mahasiswa yang berasal dari Thailand pada saat berdiskusi dan menjawab pertanyaana dari dosen. Mahasiswa Thailand terkesan baru mau mengutarkan pendapatnya ketika ditunjuk dosen.

Dia juga menceritakan fasilitas pendukung proses belajar mengajar di sana. Menurutnya, di Prince Of Songkla University semua ruangan ber-AC dan lengkap dengan infocus. Meja dan diding bebas dari coretan.

Selain pelajaran akademis, Mus juga mendapatkan pelajaran hidup. Pertama, hidup mandiri jauh dari orang tua. Kedua, harus bersikap ramah tama menyesuaikan dengan Negera Thailand yang terkenal dengan negeri seribu senyuman.

Musdalifah termasuk mahasiswa yang aktif, selain itu dia juga aktif berorganisasi seperti menjabat sebagai Ketua English Club di Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

Hal ini diakui mantan Wakil Dekan III FDK, Drs. H. Abdurrahman, M. Si. Menurutnya, terpilihnya Musdalifah memang sangat layak dan memenuhi syarat. Selain aktif dalam berbahasa Inggris, Indek Prestasi (IP) juga di atas tiga.

Penulis             : Endah Kusuma Wardani

Editor              : Dewi Sukartik Mimpi Jadi Kenyataan