web analytics

Gesa Fakultas Kedokteran, UIN Suska Riau Gandeng Universitas Riau

uin-suska.ac.id – Demi terus “menggesa” terwujudnya fakultas kedokteran yang telah lama dicita-citakan, Kamis (18/8/2016) UIN Suska Riau jalin kerjasama dengan Universitas Riau (UR). Bersempena dengan penandatanganan MOU antara UR dan PT Sumatera Enveronmental Management (SEM). Penandatanganan naskah kerjasama dilaksanakan di ruang DPH lantai 2 gedung Rektorat  kampus Bina Widya UR.

Seperti diukngkapkan Rektor UIN Suska Riau, Prof Dr H Munzir Hitami, MA kerjasama UIN Suska Riau dengan UR dalam membangun dan mengembangkan kerjasama pendidikan di Riau bukanlah hal baru, melainkan sudah sejak lama. Bahkan tercatat, beberapa Fakultas di UIN Suska Riau seperti Fakultas Sains dan Teknologi dan Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial turut di bidani UR. “namun karena para akdemisi UR, seperti pak Jamilunin, Prof Dr Kirmizi, Prof Dr Adrianto, ST, MT dan ibu Yenita Morena harus kembali ke hom base nya kerjasam pun berakhir, seiring selesainya tugas mereka”. Ujar Munzir Hitami

Kini dalam mewujudkan Fakultas Kedokteran di UIN Susk Riau, kerjasama perlu dirajut kembali. Terutama dalam mengembangkan dan membangun pendidikan di bidang kesehatan masyarakat di Riau. “hal ini penting, mengingat banyaknya masyarakat yang keluar Riau, bahkan harus keluar negeri seperti Malaka, demi memperoleh pelayanan kesehatan. Disisi lain, memang saat ini banyak Rumah sakit- Rumah sakit baru hadir di Riau. Namun, masih memiliki keterbatasan-keterbatasan. Diharapkan dengan hadir dan bertambahnya Fakultas kedokteran di UIN Suska Riau, bisa memberikan solusi” ugkap Munzir Hitami. Seiring dengan itu, ditambah lagi “gereget” peminat pendaftaran di Fakultas Kedokteran yang sangat tinggi saat ini.

Sementara itu, Rektor UR, Prof Dr Aras Mulyadi DEA dalam sambutannya menyampaikan penandatanganan Nota kesephaman ini sangat bermanfaat dalam mengembangkan pendidikan di Riau. UR sendiri saat ini memiliki sembilan fakultas, yang dibagi dalam tiga angakatan. Angkatan pertama sudah berdiri sejak tahun 60-an, dintaranya Fakultas Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Ekonomi dan FMIPA. Selanjutnya generasi 80-an seperti Fakultas Pertanian dan Fakultas Teknik, serta generasi 2000-an seperti Fakultas Hukum dan juga Fakultas Kedokteran.

Jumlah mahasiswa UR saat ini mencapai 31.000 orang ditambah mahasiswa baru 7.571 orang. Sedangkan tenaga dosen mencapai 1.100 dosen, dan tenaga administrasi sekitar 500-an orang. Khusus untuk fakultas kedokteran UR, saat ini memiliki kareditasi B, dan sudah mempunyai rumah sakit sendiri yang telah beroperasi elayani masyrakat secara luas. “semoga kerjasama ini kedepannya bisa teralisasi” ungkap Aras Mulyadi.

Dalam acara yang berlangsung penuh keakraban tersebut, disamping dihadiri Rektor kedua Universitas dan Dirut PT SEM, juga dihadir perwakilan PT PIR, para Wakil Rektor, Dekan, Kepala Biro, Kabag dan undangan lainnya.***

 

Penulis : Suardi

Tim liputan Suska News (Donny,Azmi/PTIPD)