web analytics

UIN Suska Riau Tuan Rumah Temu Ilmiah Nasional Dan Workshop Psikologi Sosial

Pekanbaru- Seperti diungkapkan panitia kegiatan Dr Mira Noormila MSi, kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang kedua kalinya, setelah tahun sebelumnya diadakan di Yogyakarta. Kegiatan yang kali ini mengambil tema “Kontribusi Psikologi Sosial dalam Pengembangan Individu,

 

Komunitas dan Masyarakat dalam Rangka Memperkuat Jati diri bangsa”,merupakan ajang pertemuan dan pertukaran informasi, serta presentasi hasil-hasil penelitian dari para ahli, peneliti dan akademisi Psikologi social di Indonesia. Sebanyak 94 makalah hasil penelitian dan gagasan dalam bidang psikologi sosial dipersentasikan dalam event tersebut.

Acara tersebut dibuka oleh Walikota Pekanbaru Ir Firdaus ST MT. Dalam sambutannya, Firdausmengungkapkan apreasiasi yang tinggi terhadap kegiatan ini. Menurutnya, kegiatan ini penting dilakukan sebagai salah satu bentuk tindakan preventif dalam mengatasi tindak kejahatan dan kenakalan remaja di Pekanbaru.

Apalagi dalam perkembangannya, saat ini Pekanbaru sudah merupakan salah satu kota metropolitan dan juga miniatur Indonesia yang dihuni oleh berbagai etnis di tanah air. “Oleh karena itu, kita ingin mewujudkan Pekanbaru sebagai kota madani, dimana masyarakatnya selalu mengedepankan toleransi, islami, aman dan damai,” ungkap Walikota.

Sementara itu Rektor UIN Suska Riau Prof Dr HM Nazir mengungkapkan, psikologi sosial sangat relevan dengan konsep UIN Suska Riau sendiri, yakni integrasi ilmu dan Islam atau yang lebih dikenal dengan singkatan IDI. “Islam dalam ilmu atau boleh juga dibalik ilmu dalam Islam,” ungkap Nazir. Oleh karena itu kegiatan ini diharapkan memberikan kontribusi yang besar bagi mahasiswa UIN dan bagi umat.

Di sisi lain, Ketua IPSI Prof Dr Hamidi Muluk dalam sambutannya mengatakan, momen ini merupakan kesempatan bagus bagi UIN Suska Riau dalam meningkatkan sumber daya manusia, khususnya di bidang psikologi sosial. Disamping itu, dipercayanya UIN Suska Riau sebagai tuan rumah juga merupakan salah satu indikasi UIN Suska Riau telah mengalami peningkatan dalam SDM bidang psikologi sosial.

Acara pembukaan juga dirangkai dengan workshop yang menghadirkan dua pembicara yang merupakan pakar psikologi yakni Prof Dr Faturochman dari Universitas Gajah Mada (UGM) dan Prof Nooraini M Noor dari International Islamic University Malaysia (Suardi). (*)

Penulis: Suardi

Leave a Reply