web analytics

Kecerdasan Buatan Gantikan Peran Manusia Dalam Bidang Industri

Pekanbaru – Perkembangan teknologi yang pesat membuat manusia semakin kreatif. Artificial Intelligence (Kecerdasan Buatan) merupakan kecerdasan yang diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin (komputer) agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia.

 

Hal ini dibuktikan oleh Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim(UIN-Suska) Riau dalamseminar internasional dan diskusi panelnya di Hotel Pangeran Pekanbaru. Kamis (3/10/2013).

Acara yang dibuka oleh Rektor UIN Suska Riau, Prof. DR. M. Nazir, MA ini mengusung tema Artificial Intelligence (AI) and Robotics in Industri and Education.Menghadirkan narasumber yang kompeten seperti Prof. Kaoru Hirota dari Tokyo Institute of Technology, Dr. Suherman, ST, M.Comp dari Universitas Sumatera Utara dan Ir. Agus Widagdo – Special Staff of Manufacturing Director of PDCA PT. Astra Daihatsu Jakarta – Indonesia dan pesertanya adalah praktisi IT, Akademisi, Top Management Level, dan beberapa industri yang ada di Riau dan Indonesia.

Dalam sesi diskusi terungkap, AI merupakan kecerdasan yang diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin (komputer) agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia. Beberapa macam bidang yang menggunakan kecerdasan buatan antara lain sistem pakar, permainan komputer (Games), Logika Fuzzy, jaringan syaraf tiruan dan robotika.

Selain itu, fungsi robot dalam bidang industri pada umumnya ditujukan untuk menggantikan peran manusia dalam melaksanakan tugas-tugas yang membutuhkan tenaga yang lebih besar, yang memerlukan ketelitian yang tinggi dan yang  mengandung resiko tinggi terhadap keselamatan manusia sehingga robot dapat meminimalisir Human Error (Kesalahan Manusia) pada proses pengindustrian serta dapat meningkatkan produktivitas produksi secara efisien dan efektif.

Sementara itu, Ketua panitia, Okfalisa, berharap kegiatan ini dapat memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang penerapan aplikasi AI dan Robotik dalam dunia industri dan pendidikan serta dapat mengeksplorasi bagaimana kecerdasan buatan dapat digunakan sebagai salah satu pendekatan modern dalam memecahkan masalah baik dalam dunia industri dan pendidikan. (Lestari, Kontributor)

Leave a Reply