web analytics

Upacara 17 Agustus UIN Suska Riau; Apa yang kita perbuat sudah signifikankah untuk kemajuan RI?

uin-suska.ac.id – Hawa pagi masih terasa sejuk. Namun para civitas akademika UIN Suska Riau dan para pimpinan sudah tampak berkumpul dalam bentuk barisan-barisan. Senin (17/8/2015), Tepat sekitar pukul 07.00 WIB, prosesi upacara 17 Agustus yang ke 70 pun dimulai. Bertempat di halaman gedung rektorat UIN Suska Riau.

Dalam amanahnya, Rektor UIN Suska Riau, Prof Dr H Munzir Hitami, MA selaku pembina upacara menyampaikan, hari ini kita kembali menggelar upacara peringatan HUT RI 17 Agustus 1945. Kita mengenang kembali jasa pahlawan, pendahulu kita  yang merintis, merencanakan dan memproklamirkan kemerdekaan RI, setelah dijajah dan dikuasai kolinal selama ber abad-abad.

Namun mengenang- tak sekedar mengenang. Kita tahu dan menyadari kemerdekaan diperoleh dengan perjuangan dan pengorbanan. Melalui tumpahan darah, cucuran keringat, harta bahkan jiwa demi kemerdekaan. Kemerdekaan tidaklah diperoleh dengan gratis ataupun hadiah. Para pahlawan dan pendahulu kita berjuang tanpa memikirkirkan bahagiannya, demi Indonesia Mardeka dan Indonesia Jaya. Mereka tak lagi berpikir apa yang mereka dapat, tapi apa yang dapat di perbuat untuk Republik ini.

Semangat itulah yang mesti kita teruskan. Kita telah diamanatkan beriman dengan dasar ketuhanan yang maha Esa. Hal ini untuk memperkokoh spritual terhadap pekerjaan dan profesi kita. Diamanatkan dalam pri kemanusiaan yang adil dan beradab, mem per erat persatuan dan penyelesaian konflik dalam hikmat kebijaksanaan dan permusyawaratan serta diamanatkan dalam keadilan sosial bagi seluruh bangsa Indonesia.

Mari kita isi kemerdekaan dan sebagai abdi negara, apakah yang telah kita perbuat sudah signifikan untuk kemajuan bangsa Republik Indonesia? Ungkap rektor. Sudahkah kita berkontribusi? Melaui momemen ini, mari sama-sama kita renungkan kembali. Ungkap rektor.

Pada kesempatan tersebut, juga dilakukan Penganugrahan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya  dari Presiden RI, kepada sepuluh orang pegawai dan dosen UIN Suska Riau. Mereka merupakan dosen dan karyawan yang telah mengabdi selama 20 dan 10 tahun sebagai PNS di lingkungan UIN Suska Riau.

Diantaranya, Drs Martius, M Hum atas pengabdiannya selama 20 tahun, Abd Muin, S Th I, 20 tahun, Drs M Fitriadi, 20 tahun, Drs Hasbullah, Msi, 10 tahun, Haris Riadi, M. Ag, 10 tahun, Hj. Nurhasanah Bakhtiar, M.Ag, 10 tahun, Alwizar, M. Ag, 10 tahun, Dr Leny Nofianti, M. Si Ak, C.A, 10 tahun, dan Dr Zaitun, M.Ag, 10 tahun serta Dra Meimunah S Moenada, M.Ag,  10 tahun.

 

Penulis: Suardi

Tim liputan Suska News (Donny, Azmi, PTIPD)

 

redaksi@uin-suska.ac.id

Leave a Reply