Home / Kolom Rektor / Pidato Rektor UIN Suska Riau Pada Wisuda Diploma dan Sarjana ke-54, Program Magister ke-35, dan Program Doktor ke- 7

Pidato Rektor UIN Suska Riau Pada Wisuda Diploma dan Sarjana ke-54, Program Magister ke-35, dan Program Doktor ke- 7

Pekanbaru, 29 Agustus 2015

Yth. Saudara Ketua Senat UIN Sultan Syarif Kasim Riau

Yang saya hormati:

  1. Saudara Sekretaris Senat dan seluruh anggota Senat UIN Sultan Syarif Kasim Riau
  2. Dewan Penyantun UIN Sultan Syarif Kasim Riau
  3. Pimpinan universitas dan fakultas di lingkungan UIN Sultan Syarif Kasim Riau
  4. Para sesepuh dan tamu kehormatan UIN Sultan Syarif Kasim Riau
  5. Saudara Direktur, ketua lembaga, dan kepala pusat  di lingkungan UIN Sultan Syarif Kasim Riau
  6. Para dosen dan pegawai di lingkungan UIN Sultan Syarif Kasim Riau
  7. Para orang tua/wali dan keluarga wisudawan/wisudawati,
  8. Para alumni UIN Sultan Syarif Kasim Riau,
  9. Para tamu undangan dan
  10. Yang berbahagia para wisudawan/wisudawati

 

Assalamu’alaikum Wr.Wb

Selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua.

Selamat datang di Kampus Islami Madani; Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau (UIN Suska Riau) yang kita banggakan.

Sebagai pendahuluan dari sambutan ini, marilah kita panjatkan puji dan syukur kita kehadirat Allah SWT, karena dengan limpahan karunia-Nya, pada hari ini Sabtu,  29 Agustus 2015 kita semua dipertemukan di Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa UIN Sultan Syarif Kasim Riau dalam rangka melaksanakan suatu kegiatan yang sangat penting dan bersejarah bagi keluarga besar UIN Sultan Syarif Kasim Riau yaitu wisuda Program Diploma dan Sarjana ke-54, Program Magister ke-35 dan Program Doktor ke-7, tahun akademik 2014-2015. Shalawat teriring salam semoga senantiasa tercurahkan kepada Rasul, Muhammad SAW sang tokoh reformasi dunia pendidikan.

Pada kesempatan yang sangat bahagia ini, perkenankan saya atas nama pribadi maupun atas nama seluruh sivitas akademika UIN Sultan Syarif Kasim Riau mengucapkan selamat kepada para wisudawan/wisudawati program diploma, sarjana, magister dan doktor atas keberhasilannya menyelesaikan studi di universtias yang kita banggakan ini, UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Dengan penuh bangga kami sampaikan bahwa UIN Sultan Syarif Kasim Riau pada hari ini mewisuda 1.113 orang lulusan dari 8 fakultas dan Program Pascasarjana.

Secara rinci, dapat kami sampaikan bahwa 59 wisudawan-wisudawati berasal dari Fakultas Dakwan dan Komunikasi, 256 wisudawan-wisudawati berasal dari Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial, 38 wisudawan-wisudawati berasal dari Fakultas Pertanian dan Peternakan, 38 wisudawan-wisudawati berasal dari Fakultas Psikologi, 129 wisudawan-wisudawati berasal dari Fakultas Sains dan Teknologi,  136 wisudawan-wisudawati berasal dari Fakultas Syariah dan Hukum, 394 wisudawan-wisudawati berasal dari Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, 37 wisudawan-wisudawati berasal dari Fakultas Ushuluddin dan 26 wisudawan-wisudawati berasal dari Program Pascasarjana. Para wisudawan-wisudawati ini merupakan wujud dari tanggung jawab UIN Sultan Syarif Kasim Riau kepada bangsa dan negara Republik Indonesia dalam mencetak dan mengembangkan sumber daya manusia yang berkulitas, berkarakter  dan berdaya saing dan sekaligus sebagai bentuk karya utama  UIN Sultan Syarif Kasim Riau dalam mencapai visi “Terwujudnya UIN Sultan Syarif Kasim Riau sebagai perguruan tinggi yang unggul dalam mengintegrasikan sains dan teknologi serta seni dengan nilai-nilai keislaman di dunia pada tahun 2023”.

Selanjutnya, saya mewakili seluruh sivitas akademika UIN Sultan Syarif Kasim Riau dengan bangga mengucapkan selamat kepada wisudawati terbaik universitas atas prestasi akademiknya dan dengan tahniah kepada Saudari Mutiara Ismet, IPK 3,86 Prediket Cum Laude NIM. 11117200587 lulusan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Jurusan Pendidikan Kimia. Sedangkan pemuncak dari masing-masing fakultas, sebagai berikut;

  1. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan diraih oleh Mutiara Ismet IPK 3,86
  2. Fakultas Syariah dan Hukum diraih oleh Sugeng Priyanto, IPK 3.59
  3. Fakultas Dakwah dan Komunikasi diraih oleh Nurul Padillah, IPK 3.78
  4. Fakultas Ushuluddin diraih oleh Ilham Ramdhani, IPK 3.80
  5. Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial diraih oleh Yulia Safitri, IPK 3.74
  6. Fakultas Psikologi diraih oleh Retni Agnesty, IPK 3.78
  7. Fakultas Sains dan Teknologi diraih oleh Yogi Kurnia Siregar, IPK 3.53
  8. Fakultas Pertanian dan Perternakan diraih oleh Yumi Aida, IPK 3.54
  9. Program Pascasarjana diraih oleh Mohammad Winario, IPK 3.75.

Lulusan usia termuda pada wisuda kali ini diraih oleh Cintya Apriani Sundari pada program D3 Manajemen Perusahaan Fakultas Ekonomi  dan Ilmu Sosial, Usia 19 Tahun, sedangkan lulusan paling senior berasal dari program pascasarjana Program Studi S3 Hukum Islam diraih oleh Alies Anor Bin Abdul, asal Kedah, Malaysia.

Bagi peraih wisudawan terbaik tingkat universitas dan masing-masing fakultas, tentunya ini merupakan suatu kebanggaan tersendiri dan sekali lagi atas nama seluruh civitas akademika UIN Sultan Syarif Kasim Riau menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya atas prestasi yang telah diraih dan terus tingkatkan karya saudara dalam bentuk pengabdian kepada bangsa dan negara RI, dan berkontribusi dalam berbagai kegiatan yang akan dijalani setelah wisuda ini. Atas pencapaian yang membanggakan ini, UIN Sultan Syarif Kasim Riau memberikan piagam penghargaan sebagai bentuk apresiasi atas prestasi yang telah saudara peroleh.

Kepada seluruh wisudawan-wisudawati yang berbahagia, atas nama pribadi, pimpinan, dan seluruh sivitas akademika UIN Sultan Syarif Kasim Riau mengucapkan selamat atas kelulusan Saudara dan gelar akademik yang telah diraih sesuai dengan bidang ilmu masing-masing. Gelar akademik dan ilmu yang telah Saudara peroleh dibidang masing-masing tidak akan berarti tanpa diaktualisasikan dalam bentuk karya-nyata bagi pengingkatan kualitas kehidupan berbangsa dan bernegara. Oleh karenanya, kiprah dan karya Saudara ditengah-tengah masyarakat menjadi satu indikator keberhasilan UIN Sultan Syarif Kasim Riau dalam mencetak generasi dan alumni yang berkarakter islami yang kokoh aqidahnya, mantap ibadahnya, mulia akhlaqnya, luas dan dalam ilmu/wawasannya, mapan keterampian hidupnya, tinggi etos kerjanya serta memiliki fisik yang bugar. Pesan kami kepada seluruh wisudawan-wisudawati agar menjaga nama baik almamater tercinta ini dan terus tingkatkan hubungan silaturahmi dengan keluarga besar universitas ini.

Dalam kesempatan yang berbahagia ini, perkenankan saya menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada para orang tua/wali, donatur/penyedia beasiswa, keluarga wisudawan-wisudawati atas pengorbanan dan kepedulian terhadap keberlangsungan pendidikan yang telah ditempauh oleh para lulusan. Ucapan terima kasih tak terhingga juga kami sampaikan kepada seluruh staf pengajar dan pegawai di lingkungan UIN Sultan Syarif Kasim Riau atas kerja kerasnya, dedikasi dan integritasnya, loyalitas dan komitmentnya, kerjasamanya dalam mensukseskan tugas mendidik, mengajar, membimbing dan menyelenggarakan proses perkuliahan sehingga para mahasiswa dapat menyelesaikan studinya  dan diwisuda di hari yang penuh bersejarah ini.

 Wisudawan-wisudawati dan hadirin yang berbahagia

Dalam suasana yang dipenuhi dengan rasa bangga dan bahagia ini, perkenankan saya menyampaikan beberapa pokok pikiran tentang “Strategi Pengembangan UIN Sultan Syarif Kasim Riau” terutama berkaitan dengan Pencapaian Visi UIN Sultan Syarif Kasim Riau, yaitu “Terwujudnya UIN Sultan Syarif Kasim Riau sebagai perguruan tinggi yang unggul dalam mengintegrasikan sains dan teknologi serta seni dengan nilai-nilai keislaman di dunia pada tahun 2023”. Untuk mencapai visi besar ini, UIN Sultan Syarif Kasim Riau mengambil langkah-langkan kebijakan dan program prioritas secara bertahap berdasarkan pada Rencana Strategis UIN Sultan Syarif Kasim Riau 2014-2018.

Maka dalam kesempatan yang berbahagia ini, perlu kami sampaikana bahwa Strategi Pengembangan UIN Suska Riau 2014–2018 berfokus pada lima pilar utama, yang meliputi: 1) peningkatan mutu pendidikan dan pengajaran berbasis integrasi keilmuan; 2) peningkatan mutu penelitian yang mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni berbasis integrasi keilmuan; 3) intensifikasi peran UIN Suska Riau dalam pemberdayaan masyarakat berkeadaban; 4) penguatan sistem manajemen UIN Suska Riau; dan 5) peningkatan kapasitas sumber daya insani.

 

1.   Peningkatan Mutu Pendidikan dan Pengajaran Berbasis Integrasi Keilmuan

Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan dan pengajaran berbasis integrasi keilmuan di UIN Sultan Syarif Kasim Riau, maka penyusunan pedoman pengembangan kurikulum yang berbasis integrasi keilmuan telah diupayakan perampungannya sesuai dengan nilai dan ajaran islam yang dipadukan dengan konsep KKNI. Hal ini dilakukan untuk mempersiapakan kompetensi lulusan yang memiliki wawasan dan kepribadian integratif, serta keterampilan hidup sesuai dengan kompetensi utama dari masing-masing bidang ilmu yang ditekuni dimasing-masing program studi/jurusan. Pengembangan materi kurikulum dan peningkatan mutu proses pembelajaran berbasis integrasi keilmuan juga dikembangkan dalam setiap Mata Kuliah dan proses pembelajaran baik di dalam kelas maupun dalam bentuk program pengabdian masyarkat.

Untuk mencapai mutu pendidikan dan pengajaran berbasis integrasi (sains dan islam), perlu juga dilakukan langkah strategis untuk membentuk pusat kajian kurikulum, melakukan review dan evaluasi kurikulum secara berkala pada setiap program studi/jurusan. Upaya ini dilakukan untuk memastikan bahwa kurikulum integrasi keilmuan (sains dan islam) yang sedang dikembangkan berjalan searah dengan visi dan misi universitas secara integral. Selanjutnya, pengembangan suasana akademik yang kondusif untuk menunjang terwujudnya budaya akademik kampus yang saling mendukung untuk pengembangan diri baik dosen maupun mahasiswa merupakan bagian yang sangat penting dan tidak dapat dipisahkan untuk mendukung penguatan mutu pendidikan dan pengajaran disamping penguatan relasi dan kolaborasi dengan alumni.

 

2.   Peningkatan Mutu Penelitian Yang Mengembangkan Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Seni Berbasis Integrasi Keilmuan

Untuk mencapai visi sebagai universitas berkelas dunia (World Class University) yang menginterasikan sains dan teknologi serta seni dengan nilai-nilai islam, maka penyusunan roadmap dan penguatan penelitian berbasis integrasi keilmuan telah menjadi program utama bagi UIN Sultan Syarif Kasim Riau dan akan terus dikembangkan serta ditingkatkan baik dari segi kuantitas peneliti, bidang kajian maupun alokasi anggaran. Disamping itu, perlu juga dilakukan pembinaan mutu proses penelitian yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Peningkatan sistem pengelolaan, diseminasi dan pemanfaatan hasil penelitian merupakan bagian yang sangat penting dimana hasil penelitian yang telah dilaksanakan baik oleh mahasiswa maupun dosen-peneliti menjadi rujukan pengembangan keilmuan oleh berbagai pihak, bahan ajar di dunia akademis,  dan/atau sebagai indikator peningkatan akreditasi journal ilmiah.

Pengembangan kelembagaan penelitian yang memiliki reputasi nasional dan internasional juga telah dilakukan. UIN Sultan Syarif Kasim Riau, melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) telah melakukan kerjasama dengan berbagai pihak baik lembaga riset, perusahaan, pemerintah maupun universitas didalam dan luar negeri dalam rangka pengembangan dan peningkatan mutu penelitian. Berbagai penelitian dengan universitas-universitas terkemuka yang mendapatkan international recognition di Eropa, Africa, Australia, Amerika, dan Asia telah dilakukan dalam bentuk international collaborative research. Untuk tahun 2015, international collaborative research kembali dilaksanakan – disamping paket penelitian di tingkat lokal dan nasional – dengan berbagai universitas di Eropa, Asia, Asia Tenggara dan Australia dengan 5 paket penelitian.

International collaborative research merupakan langkah konkret untuk memperkokoh dan memperkuat posisi UIN Sultan Syarif Kasim Riau di kancah international dan sekaligus untuk meningkatkan kapasitas para dosen-peneliti untuk sejajar dengan universitas-universitas yang menjadi mitra dalam paket penelitian tersebut. Disamping pencapaian tujuan penelitian dibidang masing-masing tim, peningkatan jaminan keberlanjutan penelitian berbasis integrasi keilmuan juga menjadi satu indikator penting untuk diteruskan sebagai upaya peningkatan mutu penelitian yang mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni berbasis integrasi keilmuan di tahun-tahun mendatang.

 

Wisudawan-wisudawati dan hadirin yang terhormat

Pilar ke-3 yang menjadi fokus Strategi Pengembangan UIN Suska Riau 2014–2018 adalah Intensifikasi Peran UIN Suska Riau dalam Pemberdayaan Masyarakat Berkeadaban.

Pengembangan dari pilar ini didesain dalam bentuk penyusunan pedoman pengabdian masyarakat berbasis integrasi keilmuan untuk mewujudkan masyarakat berkeadaban, pemanfaatan hasil penelitian berbasis integrasi keilmuan untuk pengembangan program-program pengabdian kepada masyarakat dan pemberdayaan masyarakat ekonomi lemah. Hal lain yang penting dikembangkan dalam upaya intensifikasi peran UIN Sultan Syarif Kasim Riau dalam pemberdayaan masyarakat berkeadaban adalah peningkatan pelayanan pendidikan pada masyarakat marginal dan pembinaan kohesi sosial.

 

Penguatan Sistem Manajemen UIN Suska Riau merupakan fokus strategi pengembangan UIN Suska Riau tahun 2014-2018.

Pengembangan dari pilar peningkatan sistem manajemen UIN Sultan Syarif Kasim Riau, dilakukan dengan  kebijakan:

  1. Restrukturisasi kelembagaan manajemen universitas. Kebijakan ini penting untuk mengakomodasi kepentingan seluruh stakeholder UIN Sultan Syarif Kasim Riau terhadap kebutuhan dan percepatan pencapaian visi dan realiasi program kebijakan universitas;
  2. Pendirian fakultas dan prodi baru di lingkungan universitas. Pembukaan beberapa prodi baru/jurusan baik rumpun/bidang agama mapun umum terus diupayakan dengan memegang konsep integrasi keilmuan (sains dan islam) sebagai karakteristik khusus UIN Sultan Syarif Kasim Riau yang berbeda dengan univeristas-universitas lain yang ada. Pembukaan program studi menjadi cikal bakal berdirinya fakultas baru di UIN Sultan Syarif Kasim Riau, dan tentunya upaya ini perlu mendapat dukungan dari berbagai pihak termasuk pemerintah dan masyarakat.
  3. Peningkatan status akreditasi prodi dan universitas, sehingga UIN Sultan Syarif Kasim Riau mampu bersaing dalam berbagai bidang keilmuan dan keahlian dan menghasilan lulusan yang siap dan diterima oleh masyarakat (well-accepted).
  4. Penguatan proses rekrutmen staf dan dosen berbasis meritokrasi, dan peningkatan kualitas pelayanan administrasi. Rekrutmen ini dilakukan untuk memenuhi standar peningkatan kinerja dosen dan pegawai dalam memberikan pelayanan pendidikan-pengajaran, dan administrasi kependidikan yang prima sebagai upaya peningkatan kapasitas manajemen universitas.
  5. Penguatan fungsi pusat teknologi informasi dan pangkalan data, ma’had al jama’ah, pusat bahasa dan perpustakaan. Peningkatan sistem manajemen UIN Sultan Syarif Kasim Riau dilakukan dengan memperkuat peran dan fungsi ICT, kemampuan berkomunikasi dalam Bahasa Arab dan Inggris sebagai media pencapaian visi menjadi world class university, dan penambahan sumber-sumber referensi ilmiah sebagai penunjang mutu akademik dosen/mahasiswa serta lulusan yang berkarakter islami melalui program pesantren kampus atau ma’had al-jama’ah.
  6. Penguatan fungsi dan peran lembaga penjaminan mutu universitas dan penguatan fungsi monitoring dan evaluasi. Kualitas dosen, pegawai dan mahasiswa berperan sangat vital dalam upaya peningkatan kapasitas manajemen universitas sejalan dengan pencapaian visi, dan perlu dilakukan pengawasan dan evaluasi berkala untuk memastikan bahwa UIN Sultan Syarif Kasim Riau memiliki standar khusus dan terakreditasi oleh lembaga yang bonafit, yaitu ISO.
  7. Inisiasi dan pengembangan green campus. Kampus bernuansa hijau dan asri telah dikembangankan dan merupakan wujud kepedulian UIN Sultan Syarif Kasim Riau dalam menjaga dan melestarikan kekayaan alam yang diberikan Allah SWT kepada kampus yang kita banggakan ini,

Pilar ke-5 yang menjadi fokus Strategi Pengembangan UIN Suska Riau 2014–2018 adalah Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Insani.

Peningkatan kapasitas sumber daya insani dilakukan dengan beberapa langkah yang berfokus pada:

  1. Penyusunan sistem rekrutmen, penempatan dan pembinaan dan pemberhentian dosen dan tenaga kependidikan.
  2. Pengembangan kompetensi dan kualitas dosen dalam pelaksanaan tridarma perguruan tinggi.
  3. Pengembangan kompetensi dan kualitas tenaga kependidikan.
  4. Penyusunan sistem monitoring dan evaluasi, serta rekam jejak kinerja dosen dan tenaga kependidikan.

Kebijakan-kebijakan strategis UIN Suska Riau 2014–2018 sebagaimana diuraikan di atas, dioperasionalisasikan dalam bentuk program dan/atau subprogram kegiatan yang dilaksanakan pada tiap fakultas, lembaga dan/atau unit kerja di lingkungan UIN Suska Raiu. Implementasi dari kebijakan-kebijakan strategis tersebut perlu mendapat dukungan dari seluruh stakeholder sehingga dapat berjalan dan searah dengan pencapaian visi besar UIN Suska Riau sebagai perguruan tinggi pilihan utama yang unggul dalam mengintegrasikan sains dan teknologi serta seni dengan nilai-nilai keislaman di dunia pada tahun 2023.

 

Hadirian yang berbagia,

Sebelum menutup sambutan ini, ingin kami ingatkan kembali bahwa Strategi Pengembangan UIN Suska Riau berdasarkan Rencana Strategis 2014–2018  berfokus pada lima pilar utama, yang meliputi: 1) peningkatan mutu pendidikan dan pengajaran berbasis integrasi keilmuan; 2) peningkatan mutu penelitian yang mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni berbasis integrasi keilmuan; 3) intensifikasi peran UIN Suska Riau dalam pemberdayaan masyarakat berkeadaban; 4) penguatan sistem manajemen UIN Suska Riau; dan 5) peningkatan kapasitas sumber daya insani. Ke-5 pilar utama tersebut sangat urgen untuk direalisasikan dan perlu mendapat dukungan dari berbagai pihak terutama seluruh civitas akademika UIN Suska Riau dan seluruh komponen masyarakat luas untuk bertekat kuat dan bekerjasama dengan komitmen yang tinggi, totalitas demi terwujudnya visi UIN Suska Riau.

Akhirulkalam, Semoga Allah SWT yang Maha Mengetahui, Maha Memiliki Ilmu dan Maha Memeliharan segenap ummat manusia dan alam semesta, dan dengan mengharap Ridho dan Petunjuk-Nya memberikan kemudahan dan jalan terang terwujudnya apa yang kita cita-citakan dan berkontribusi bagi peningkatan kualitas kehidupan berbangsa, bernegara dan ummat islam secara kaffah, amin.

Wassalamu’alaikm Wr.Wb

 

About sdi

Check Also

Pidato Rektor UIN Sultan Syarif Kasim Riau Wisuda Diploma dan Sarjana ke-56, Program Magister ke-37, dan Program Doktor ke- 9 Periode II T.A 2015/2016

Pekanbaru, 27 Februari 2016   Yth. Saudara Ketua Senat UIN Sultan Syarif Kasim Riau Yang …