Home / Kolom Rektor / Pidato Rektor UIN Sultan Syarif Kasim Riau Wisuda Diploma dan Sarjana ke-55, Program Magister ke-36, dan Program Doktor ke- 8

Pidato Rektor UIN Sultan Syarif Kasim Riau Wisuda Diploma dan Sarjana ke-55, Program Magister ke-36, dan Program Doktor ke- 8

Pekanbaru, 28 November 2015

Yth. Saudara Ketua Senat UIN Sultan Syarif Kasim Riau

Yang saya hormati:

  1. Saudara Sekretaris Senat dan seluruh anggota Senat UIN Sultan Syarif Kasim Riau
  2. Dewan Penyantun UIN Sultan Syarif Kasim Riau
  3. Saudara Direktur PPS, Pimpinan universitas dan fakultas di lingkungan UIN Sultan Syarif Kasim Riau
  4. Para sesepuh dan tamu kehormatan UIN Sultan Syarif Kasim Riau
  5. Ketua lembaga, dan kepala pusat di lingkungan UIN Sultan Syarif Kasim Riau
  6. Para dosen dan pegawai di lingkungan UIN Sultan Syarif Kasim Riau
  7. Para orang tua/wali dan keluarga wisudawan/wisudawati,
  8. Para alumni UIN Sultan Syarif Kasim Riau,
  9. Para tamu undangan dan
  10. Yang berbahagia para wisudawan/wisudawati

 

Assalamu’alaikum Wr.Wb

Selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua.

Selamat datang di Kampus Islami Madani; Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau (UIN Suska Riau) yang kita banggakan.

Sebagai pendahuluan dari sambutan ini, marilah kita panjatkan puji dan syukur kita kehadirat Allah SWT, karena dengan limpahan karunia-Nya, pada hari ini Sabtu,  28 November 2015 kita semua dipertemukan di Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa UIN Sultan Syarif Kasim Riau dalam rangka melaksanakan suatu kegiatan yang sangat penting dan bersejarah bagi keluarga besar UIN Sultan Syarif Kasim Riau yaitu wisuda Program Diploma dan Sarjana ke-55, Program Magister ke-36 dan Program Doktor ke-8, tahun akademik 2015-2016. Shalawat teriring salam semoga senantiasa tercurahkan kepada Rasul, Muhammad SAW sang tokoh reformasi dunia pendidikan sepanjang zaman.

Pada kesempatan yang sangat bahagia ini, perkenankan saya atas nama pribadi maupun atas nama seluruh sivitas akademika UIN Sultan Syarif Kasim Riau mengucapkan selamat kepada para wisudawan/wisudawati program diploma, sarjana, magister dan doktor atas keberhasilannya menyelesaikan studi di universtias yang kita banggakan ini, UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Dengan penuh bangga kami sampaikan bahwa UIN Sultan Syarif Kasim Riau pada hari ini mewisuda 882 orang lulusan dari 8 fakultas dan 1 Program Pascasarjana.

Secara rinci, dapat kami sampaikan bahwa 93 wisudawan-wisudawati berasal dari Fakultas Dakwan dan Komunikasi, 101 wisudawan-wisudawati berasal dari Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial, 29 wisudawan-wisudawati berasal dari Fakultas Pertanian dan Peternakan, 45 wisudawan-wisudawati berasal dari Fakultas Psikologi, 88 wisudawan-wisudawati berasal dari Fakultas Sains dan Teknologi,  127 wisudawan-wisudawati berasal dari Fakultas Syariah dan Hukum, 283 wisudawan-wisudawati berasal dari Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, 15 wisudawan-wisudawati berasal dari Fakultas Ushuluddin dan 101 wisudawan-wisudawati berasal dari Program Pascasarjana. Para wisudawan-wisudawati ini merupakan wujud dari tanggung jawab UIN Sultan Syarif Kasim Riau kepada bangsa dan negara Republik Indonesia dalam mencetak dan mengembangkan sumber daya manusia yang berkulitas dalam bidang masing-masing, berkarakter islami  dan berdaya saing dan sekaligus sebagai bentuk karya utama  UIN Sultan Syarif Kasim Riau dalam mencapai visi “Terwujudnya UIN Sultan Syarif Kasim Riau sebagai perguruan tinggi yang unggul dalam mengintegrasikan sains dan teknologi serta seni dengan nilai-nilai keislaman di dunia pada tahun 2023”.

Selanjutnya, saya mewakili seluruh sivitas akademika UIN Sultan Syarif Kasim Riau dengan bangga mengucapkan selamat kepada seluruh wisudawan/wisudawati yang akan diwisuda dan dikukuhkan pada hari ini. Bagi peraih wisudawan terbaik tingkat universitas dan masing-masing fakultas nantinya, tentunya ini merupakan suatu kebanggaan tersendiri dan sekali lagi atas nama seluruh civitas akademika UIN Sultan Syarif Kasim Riau menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya atas prestasi yang telah diraih dan terus tingkatkan karya saudara dalam bentuk pengabdian kepada bangsa dan negara RI, dan berkontribusi dalam berbagai kegiatan yang akan dijalani setelah wisuda ini. Atas pencapaian yang membanggakan ini, UIN Sultan Syarif Kasim Riau memberikan piagam penghargaan sebagai bentuk apresiasi atas prestasi yang telah saudara peroleh.

Gelar akademik yang telah Saudara raih sesuai dengan bidang ilmu masing-masing tidak akan berarti tanpa diaktualisasikan dalam bentuk karya-nyata ditengah-tengah masyarakat dalam rangka peningkatan kualitas kehidupan berbangsa dan bernegara dengan ditopang ajaran agama yang Mulia untuk “Rahmatal lil ‘alamin atau membawa manfaat untuk sesama”. Oleh karenanya, kiprah dan karya Saudara ditengah-tengah masyarakat menjadi satu indikator keberhasilan UIN Sultan Syarif Kasim Riau dalam mencetak generasi dan alumni yang berkarakter islami yang kokoh aqidahnya, mantap ibadahnya, mulia akhlaqnya, luas dan dalam ilmu/wawasannya, mapan keterampian hidupnya, tinggi etos kerjanya serta memiliki fisik yang bugar. Pesan kami kepada seluruh wisudawan-wisudawati agar menjaga nama baik almamater tercinta ini dan terus tingkatkan hubungan silaturahmi dengan keluarga besar universitas ini.

Dalam kesempatan yang berbahagia ini, perkenankan saya menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada para orang tua/wali, donatur/penyedia beasiswa, keluarga wisudawan-wisudawati atas pengorbanan dan kepedulian terhadap keberlangsungan pendidikan yang telah ditempuh oleh para lulusan. Ucapan terima kasih tak terhingga juga kami sampaikan kepada seluruh staf pengajar dan pegawai di lingkungan UIN Sultan Syarif Kasim Riau atas kerja kerasnya, dedikasi dan integritasnya, loyalitas dan komitmentnya, kerjasamanya dalam mensukseskan tugas mendidik, mengajar, membimbing dan menyelenggarakan proses pendidikan sehingga para mahasiswa dapat menyelesaikan studinya  dan diwisuda di hari yang penuh bersejarah ini.

 

Wisudawan-wisudawati dan hadirin yang berbahagia

Dalam suasana yang bahagia ini, perkenankan saya menyampaikan perkembangan terbaru UIN Sultan Syarif Kasim Riau terutama tentang pengembangan kemitraan dengan berbagai universitas terkemuka di luar negeri dalam menyongsong terwujudnya visi dan misi sebagai universitas islam pilihan utama dalam mengintegrasikan sains, teknologi dan seni dengan nilai-nilai keislaman. Dalam beberapa tahun terakhir ini, UIN Suska Riau telah berperan akftif melakukan pengembangan kerjasama bidang pendidikan-pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat dengan berbagai universitas di kawasan ASEAN, Eropa, Timur Tengah, Afrika, dan Amerika. Sampai saat ini telah tercatat bahwa beberapa universitas terkemuka di Kawasan Eropa misalnya University of Applied Sciences Amberg Weiden, Jerman, University de Haute-Alsace (UHA), Colmar, Perancis  dan beberapa universitas lainnya telah menjadi mitra kerjasama dengan UIN Suska Riau. Sedangkan untuk Kawasan Timur Tengah dan Africa, UIN Suska Riau telah bekerjasama dengan Al-Azhar University-Mesir, Ezitounia University di Tunisia, Darul Hadist dan Moulay Ismail University di Maroko, dan Zakat Institute of Sudan, Omdurman Islamic University, Jami’atul-Quran al-Karim di Sudan. UIN Suska Riau juga telah bekerjasama dengan Rabithoh al-Islamiah dan Islamic Development Bank, Jeddah di Saudi Arabia dan telah terlihat kontribusinya dalam pengembangan dan pembangunan UIN Suska Riau baik secara fisik maupun akademik.

Kerjasama dengan berbagai universitas di Eropa, Africa dan Timur Tengah telah diimplementasikan dalam berbagai program kegiatan diantaranya adalah International Collaborative Research. Program penelitian kolaborasi ini merupakan wadah bagi para guru besar dan dosen/peneliti yang dimiliki oleh institusi ini dalam mengembangkan disiplin ilmu dan keahlian diberbagai bidang. Disamping itu, dalam mempromosikan, memperkenalkan dan mengimplementasikan perjanjian kerjasama, UIN Suska Riau telah melaksanakan Summber University Program dengan University of Applied Sciences Amberg Weiden, Jerman terkait dengan program efisiensi energi, energi terbarukan dan pengelolaan hutan yang berkelanjutan. Kegiatan ini diikuti oleh para mahasiswa UIN Suska Riau dari berbagai fakultas dan sekaligus diikuti juga sejumlah mahasiswa UIN Syahid, Jakarta dan UGM Yogyakarta, dan kegiatan ini langsung didukung oleh German Academic Exchange Service (DAAD).

Pengembangan kerjasama dengan universitas di negeri pamansam juga dilakukan dengan salah satu universitas terkemuka yaitu Ohio State University, USA. UIN Suska Riau dan OSU telah mengimplementasikan program kerjasamanya dalam bidang pendidikan dan Kerjasama tersebut dikuatkan dengan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) dengan USINTEC (US/Indonesia Teacher Education Contortion). Kerjasama dengan USINTEC direalisasikan dalam bentuk program penguatan kemampuan Bahasa Inggris para dosen dan staff yang akan melanjutkan Program Master dan Doktor, mengikuti Short course for Professionals, Melakukan International Collaborative Research, dan Exchange programs. Perlu kami sampaikan juga bahwa Program Peningkatan Bahasa (Intensive English Program) telah membuah hasil yang membanggakan dan insyallah beberapa dosen UIN Suska Riau yang dinyatakan lulus Passing Grade  untuk memasuki beberapa universitas di Amerika. Kepada yang lulus tentunya Rektor dan seluruh civitas akademika UIN Suska Riau mengucapkan selamat dan semoga bisa memberikan inspirasi khususnya para wisudawan/wisudwati yang dilantik hari ini.

 

Wisudawan-wisudawati dan hadirin yang berbahagia

Sedangkan untuk kawasan ASEAN, UIN Suska Riau telah berkerjasama dengan berbagai universitas di Thailand, Malaysia, Brunei Darussalam, Philippine, dan Singapore. Baru-baru ini, sejarah telah mencatat bahwa Prince of Songkla University (PSU), Thailand telah memperpanjang kerjasama dengan UIN Suska Riau dimana ini merupakan kebanggaan tersendiri atas terlaksananya berbagai program kerjasama, terutama pertukaran mahasiswa, joint-research dan visiting professor .  Beberapa bulan terakhir, PSU  telah menggandeng UIN Suska Riau sebagai wakil universitas di Indonesai untuk melakukan joint-Research  bidang Nanoparticle Monitoring Research melibatkan tiga uniersitas ternama dari Kanazawa University, Jepang, PSU Thailand dan UIN Suska Riau. Kerjasama dengan berbagai universitas di Kawasan ASEAN telah menampakkan hasilnya dengan tingginya minat para mahasiswa untuk melanjutkan studi di berbagai program studi/jurusan di UIN Suska Riau. PSU, Thailand dan beberapa universitas di Malaysia telah mengirim sejumlah mahasiswa dalam bentuk Student’s Exchange Program untuk S1 dan S2 sejak 2010 sampai sekarang, UIN Suska Riau tercatat sudah dua angkatan mengirim mahasiswa ke PSU. Saat ini. tercatat 290 mahasiswa internasional dari 5 negara yaitu, 224 mahasiswa dari Malaysia, 35 mahasiswa dari Thailand, 25 Vietnam, 4 mahasiswa asal Kamboja, dan 2 Mahasiswa asal Afrika. Universiti Islam Sultan Syarif Ali (UNISSA) Brunei Darussalam dan Technological Institute of Philippine, Filipina  akan mengirimkan beberapa mahasiswa ke UIN Suska Riau tahun depan. Kerjasama dengan Socio-Economy and Education for Southeast Region (SEEDS) juga telah diimplementasi dalam program peningkatan Bahasa bagi para dosen, staff dan mahsiswa Fakultas Psikolgi dan begitu juga kerjasam dengan Regional English Language Office (RELO) US Embassy Jakarta telah dilaksanakan dengan mendatangkan Native Speaker untuk mengajar di Fakultas Tarbiyah dan Keguran serta Pusat Pengbangan Bahasa (P2B) UIN Suska Riau. Selanjutnya, UIN Suska Riau telah memiliki 3 orang dosen dari 3 negara yaitu, Mesir, USA, dan Canada.

Dalam rangka meningkatkan kesetaraan antar peguruan tinggi islam di negara-negara di kawasan ASIA dan international recognition dalam bidang pengajaran-pendidikan, penelitan dan pengembangan masyarakat dalam perspektif Islam, berbagai universitas/Institusi Pendidikan Tinggi Islam telah sepakat dan bersatu membentuk “Asian Islamic Universities Association (AIUA)” pada tanggal 25 April 2015 di Pekanbaru, dan Rektor UIN Suska Riau secara aklamasi telah terpilih sebagai President AIUA periode 2015-2017. Konstitusi dan program prioritas telah disusun dan Journal of Islamic Higher Institution telah di-launching di Brunei Darussalam sempena kegiatan 2nd meeting of AIUA untuk finalisasi Guidelines of Program Implementation. Diantara program yang menjadi prioritas asosiasi ini adalah Qualification Framework, The Credit Transfer, Students Mobility and Access to University Education, Quality Assurance, Joint Degrees, Joint Research Activities, Building Economic Partnership, Dissemination of knowledge, Students Life, dan Joint Awards.  Oleh karenaya, para wisudawan/wisudawati diberikan dukungan dan peluang serta berperan aktif mengisi dan/atau mengikuti berbagai program kegaitan dari kerjasama-kerjasama yang telah disepkati tersebut terutama melanjutkan program ke Jenjang Master dan Doktor.

 

Hadirin yang berbahagia dan wisudawan/wisudawati yang kami banggakan,

Sebelum menutup sambutan ini, ingin kami tegaskan bahwa Kerjasama yang telah dikembangakan oleh UIN Suska Riau dengan berbagai universitas terkemuka di dunia sebagaimana telah diuraikan merupakan hasil kerja keras semua pihak, dan tentunya Rektor serta seluruh pimpianan fakultas, lembaga dan unit-unit terkait mengucapkan terima kasih atas dukungan dan kerjasama yang saudara berikan sehingga kerjasama tersebut dapat terlaksana dengan baik. Nota Kesepahaman dan realisasi program yang telah dilaksanakan merupkan jembatan dan upaya UIN Suska Riau dalam mencapai visi dan misi sebagaimana telah dituangkan dalam Rencana Strategis Universitas yaitu “Terwujudnya UIN Sultan Syarif Kasim Riau spbagai perguruan tinggi yang unggul dalam mengintegrasikan sains dan teknologi serta seni dengan nilai-nilai keislaman di Asia pada tahun 2018 dan tingkat dunia pada tahun 2023”.

Akhirulkalam, Semoga Allah SWT yang Maha Mengetahui, Maha Memiliki Ilmu dan Maha Memeliharan segenap ummat manusia dan alam semesta, dan dengan mengharap Ridho dan Petunjuk-Nya kita diberikan kemudahan dan jalan terwujudnya apa yang kita cita-citakan amin. Wassalamu’alaikm Wr.Wb

About sdi

Check Also

Pidato Rektor UIN Sultan Syarif Kasim Riau Wisuda Diploma dan Sarjana ke-56, Program Magister ke-37, dan Program Doktor ke- 9 Periode II T.A 2015/2016

Pekanbaru, 27 Februari 2016   Yth. Saudara Ketua Senat UIN Sultan Syarif Kasim Riau Yang …