web analytics

TIGA LULUSAN TEKNIK ELEKTRO UIN SUSKA RIAU TERPILIH JADI PATRIOT ENERGI NASIONAL.

Uin-suska.ac.id – Tiga orang fresh graduate Jurusan Teknik Elektro – Konsentrasi Energi UIN Suska Riau terpilih menjadi Patriot Energi tingkat nasional. Patriot Energi adalah program Kementerian Energi dan Sumberdaya Mineral RI yang dimulai tahun 2015. Tahun ini sedang dipersiapkan penempatan angkatan kedua. Patriot Energi adalah julukan yang diberikan kepada putera-putri terbaik dari seluruh Indonesia, yang terpilih untuk menjadi pelopor perubahan di kawasan 3T (terpencil, terdepan, dan terluar) melalui pengembangan energi terbarukan.

Seperti diungkapkan Dosen Fakultas Sains dan Teknologi UIN Suska Riau, Kunaifi, ST, PgDipEnSt, pada tahun 2015, hanya 80 orang dari 3.600 pelamar yang lolos. Tahun ini, setelah melalui proses seleksi nasional yang sangat kompetitif, Ardi Koto, Ade Wilyani, dan Khorul Andri, yang baru lulus beberapa bulan lalu dari Jurusan Teknik Elektro UIN Suska Riau, berjaya memperebutkan posisi yang hanya diberikan kepada 100 pelamar terbaik di seluruh Indonesia.

Sebagai Patriot Energi, mulai Mei 2016 mereka akan ditempa selama 75 hari di Pulau Jawa untuk memperdalam pengetahuan dan keterampilan dalam bidang energi, ekonomi, sosial, dan spiritual. Setelah itu mereka akan ditempatkan secara terpisah di daerah-daerah 3T untuk mengamati persoalan masyarakat dan membantu melahirkan solusi dengan energi terbarukan bersama masyarakat setempat. Berbagai tantangan akan mereka hadapi, termasuk akses air yang terbatas, perbedaan budaya, sarana komunikasi dan transportasi minim, makanan yang berbeda, dan sebagainya. Oleh karena itu, para Patriot Energi akan dilatih untuk memiliki kompetensi survival (bertahan hidup), kejuangan, keteknikan, pembangunan sosial, dan keikhlasan.

Saat ini hampir 30 juta orang di kawasan 3T belum pernah mendapatkan listrik. Selama 1 tahun penuh, para Patriot Energi akan hidup bersama masyarakat. Mereka akan mendapat fasilitas dan gaji cukup besar untuk ukuran fresh graduate.

Kunaifi, ST., PgDipEnSt., M.Sc., yang juga Dewan Pengurus Energy Research Center UIN Suska Riau mengatakan bahwa konsentrasi Energi di UIN Suska Riau baru melahirkan beberapa orang lulusan sejak dibuka tahun 2010. “Terpilihnya tiga alumni Teknik Elektro UIN Suska Riau sekaligus pada program Patriot Energi merupakan indikasi bahwa perguruan tinggi di daerah ini juga mampu menghasilkan lulusan bermutu nasional,” kata dosen bidang energi ini.

Dr. Alex Wenda, ST., MEng., Ketua Jurusan Teknik Elektro UIN Suska Riau manambahkan bahwa Jurusan Teknik Elektro UIN Suska Riau memang sangat serius dalam menjamin mutu proses belajar-mengajar, pembinaan organisasi, dan ekstrakurikuler untuk mahasiswanya. “Di Jurusan Teknik Elektro UIN Suska Riau mahasiswa tidak hanya dididik tentang ilmu keislaman dan Teknik Elektro dalam suasana yang serius dan akrab, tetapi mereka juga dipersiapkan untuk memiiki karakter yang diperlukan untuk kesuksesan setelah lulus, seperti komunikasi, integritas, dan etos kerja yang tangguh” pungkas Alex Wenda** (Kunaifi)

 

Tim liputan Suska News (Suardi, Donny, Azmi, PTIPD)

 

redaksi@uin-suska.ac.id