web analytics

Bengkel Rohani (Prof. Dr. Afrizal M, MA)

Guru Besar Ilmu Filsafat Fakultas Ushuluddin UIN Suska Riau
Bulan Ramadan identik dengan bengkel dan umat Islam identik dengan kendaraan. Sebuah mobil misalnya ketika diciptakan pertama sekali kondisinya sangat prima. Semua komponen mobil itu berfungsi dengan baik dan sempurna. Ketika manusia diciptakan pertama sekali, kondisinya juga prima, semua organ tubuhnya berfungsi dengan baik, panca inderanya dapat digunakan sesuai fungsinya. Memang ada orang yang lahir cacat, dan sifat-sifat kerohaniannya bersih, tidak ada noda dan inilah yang disebut kondisi fitrah.

Ketika mobil baru mulai dipakai, kondisinya tidaklah tetap, melainkan pasti  mengalami perubahan secara terus menerus. Semakin lama mobil itu dipakai semakin terus ia berubah. Perubahan terjadi disebabkan oleh pemakaian setiap komponen dengan gerakan terus menerus yang mengakibatkan semakin lama keadaannya semakin haus, longgar, rusak, keropos sampai akhirnya tidak dapat dipakai lagi, hancur, lalu dibuang dan diganti dengan komponen yang baru. Pemilik perusahaan mengetahui bahwa mobil ini memerlukan perawatan setiap saat agar mobil dapat lebih lama bertahan dan tidak cepat hancur. Untuk itu pemilik perusahaan membangun bengkel-bengkel mobil di mana-mana sebagai tempat untuk mengganti dan memperbaiki setiap kerusakan komponen mobil itu, walaupun seluruh pisik mobil itu nanti akan menjadi besi tua dan keberadaan mobil hilang ditelan masa.

Manusia juga demikian. Ketika seorang anak Adam lahir ke dunia, semua organ tubuhnya mulai bergerak sesuai fungsi masing-masing. Kalau pisik baik, semua organ tubuhnya berfungsi dengan baik, hidupnya terasa senang, tidak terasa adanya penyakit.  Ciri pisik yang sehat, ketika akan mengerjakan sesuatu pekerjaan badannya merasa fit, tidak terasa ada kelemahan atau kekurangan apa-apa. Kondisi itu akan mengalami perubahan terus-menerus. Perubahan pisik terjadi dari kondisi yang prima di waktu kecil menjadi semakin berkurang dan akhirnya menghilang. Semakin lama masa hidup manusia, pisiknya juga akan mengalami penurunan. Pertumbuhan manusia dari kecil menjadi remaja, dewasa, tua dan akan berakhir kematian.

Diposkan oleh Tim Liputan Suska News (Suardi, Donny, Azmi, PTIPD)
Dikutip dari Riau Pos Edisi Ahad (3/7/2016)
redaksi@uin-suska.ac.id