web analytics

Permudah Layanan Perpustakaan Uin Suska dengan Sistem Online

uin-suska.ac.id – Sejak 2009 lalu, Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska) Riau menggunakan sistem pelayanan online, seperti perpanjagan peminjamam buku.

Menurut salah seorang staf muda IT di Perpustakaan UIN Suska Riau, Ari Eka, Pelayanan online Perpustakaan UIN Suska Riau dapat di akses melalui website lib.uin-suska.ac.id.

“Pelayanan perpustakaan dengan domain yang baru, ada beberapa pembaharuan yang ditambahkan. Saat ini, website tidak hanya sebagai portal perpustakaan saja. Namun mahasiswa yang tidak sempat pergi ke perpus untuk memperpanjang buku, dapat langsung mengakses di situs perpustakaan,”ungkapnya saat di wawancarai di Gedung Perpustakaan, lantai 3, Selasa (13/12).

Ditegaskan Ari, website baru ini hanya bisa digunakan mahasiswa untuk memperpanjang buku saja, itupun untuk satu kali perpanjagan.

Ari juga berharap ke depan adanya penambahan sistem layanan booking buku pada website baru ini, agar mahasiswa bisa membooking buku sebelum datang ke perpustakaan.

“Mahasiswa datang kesini dapat mencari buku sesuai dengan harapan, sehingga mereka datang kesini tidak sia – sia,”harapnya

Menanggapi terkait pelayanan Perpustakaan UIN Suska Riau ini, salah seorang mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi Luthfy Noppy Safitri, mengatakan website baru ini sangat membantu dalam memperpanjang peminjaman buku, apalagi dalam situasi mendesak. Proses yang mudah dan efisien juga membantu mahasiswa agar tidak perlu antri di perpustakaan.

“Sayangnya tidak ada bukti perpanjangan yang dapat diprint out dan perpanjangan hanya bisa dilakukan satu kali saja. informasi yang saya dapat pihak perpustakaan akan berencana melakukan pembaharuan atas segala kekurangan yang ada pada website baru ini. Rencana tersebut akan dijalankan pada 2017 atau 2018 mendatang,”ungkapnya

 

Kontributor: Sefrita Zaher/DS/SE