web analytics

Tak tanggung-tanggung UIN SUSKA Riau Raih Juara 1 Marketing Competition Tingkat Nasional

uin-suska.ac.id – Jum’at  siang (16/12/16), seperti biasa saat Suska News kembali berkunjung ke ruang Rektor UIN Suska Riau, Prof. Dr H Munzir Hitami, MA di lantai IV gedung Rektorat,  wajahnya  tampak “sumringah”. Terang saja, ternyata tak lama sebelumnya, beliau baru saja menerima kunjungan tiga orang mahasiswa UIN Suska Riau yang sejak 7 hingga 10 Desember 2016 lalu ikut ambil bagian dalam Marketing Competition yang digelar di di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Tak tanggung-tanggung, tim mahasiswa dari UIN Sususka Riau itu pun berhasil menyabet juara satu. Mereka adalah Yulia Safitri, dari Jurusan Pendidikan Kimia. Rahmat Fauzi dari Jurusan Tekhnik Industri dan Alifa Syazha Hassiwi dari Jurusan Administrasi Negara.

Tiga orang mahasiswa terbaik UIN Suska Riau dari berbagai Fakultas dan Prodi ini, terpilih untuk mengikuti Kegiatan berskala Nasional “Indonesia Islamic preneur Festival (I2FEST)” dengan mengusung tema “Be Creative Islamic Global Entrepreneur” di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Diikuti mahasiswa dan mahasiswi dari berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia.

Seperti diungkapkan Yulia Safitri ke Suska News Senin (19/12/2016) lalu, tujuan kegiatan ini pada dasarnya  sebagai sarana para wirausaha untuk meningkatkan pengetahuan bisnisnya sesuai syariat islam, memperluas networking dan menjadi media promosi produk mereka. Lewat  Pusat Ekonomi  Kreatif (PEKRAF) UIN Jakarta, yang  merupakan lembaga otonom UIN Jakarta yang memfokuskan diri pada pemberdayaan ekonomi kreatif umat dan mahasiswa sejalan dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

PEKRAF sendiri terdiri dari kelompok akademisi dan praktisi di bidang industri kreatif. Mempunyai visi  memberdayakan masyarakat dan kampus dengan mendorong kemandirian di bidang ekonomi sehingga dapat berkontribusi dalam pembangunan dan mewujudkan kesejahteraan bangsa. Berkolaborasi dengan UIN Preneurs dan Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA )UIN Syahid  Jakarta, BMT Syahida UIN, Koperasi Mahasiswa (KOPMA) UIN Jakarta, Himpunan Pengusaha Muda Mahasiswa Indonesia Perguruan Tinggi (HIPMI PT) UIN Jakarta

Diceritakan Yulia, mereka dan para utusan mahasiswa dari berbagai Perguruan Tinggi juga diikutkan dalam beberapa rangkaian acara diantaranya Seminar, Business Plan Competition, Focus Group Discussion, Digital Marketing Training, Beauty Class, Bazar, Pameran dan Marketing Competition. Menghadirkan  Pemateri terkemuka, Sally Geovani (CEO Batik Trusmi), Achmad Zaky (CEO Bukalapak), Alah Fahriya (CEO Hijabenka), Edy Fajar Prasetyo (CEO Business Indonesia), Elihu Nugraha (CEO Vallo Car), Agung Izzulhaq (Host Damai Indonesiaku TV ONE), dan Mahatma Gandhi (Konsultan Bisnis dan Menajemen).

Ditambahkan Yulia, pengalaman yang sangat berharga bagi mereka, ketika dipertemukan dengan CEO-CEO dan Wirausahawan terkemuka di Indonesia. Disana, mereka ditantang untuk bisa berbisnis. Bagaimana menawarkan produk ke konsumen, menerima penolakan, mengatur emosi, dan bersemangat untuk terus bekerja keras hingga produknya diterima konsumen dengan baik. Selain itu persaudaraan antara panitia dan peserta sangat erat. Keterbukaan di antara mereka membentuk sebuah keluarga antara berbagai Universitas di Indonesia.

Adapaun Universitas yang mengikuti rangkaian kegiatan ini adalah UIN SUSKA RIAU, IPB, UIN Surabaya, USM Semarang, IAIN Palangkaraya, UNNES, UIN Purwokerto, UIN Bandung, dan lainnya. “Diharapkan kegiatan ini menginspirasi semua kalangan, terutama Mahasiswa UIN SUSKA RIAU agar lebih giat lagi untuk mencari wadah mengekspresikan semua bakat dan minat” ujar Yulia mengakhiri perbincangannya dengan Suska News.***

Penulis: Suardi

(Tim liputan Suska News: Donny, Azmi, PTIPD)

 

redaksi@uin-suska.ac.id