web analytics

TIGA MAHASISWA FST UIN SUSKA RIAU MENGHARUMKAN NAMA KAMPUS MELALUI SAMPAH

uin-suska.ac.id  Setelah melakukan segala percakapan yang matang dan melalui beberapa tahapan yang telah dilalui pada perlombaan Karya ilmiah di UNY (Universitas Negeri Yogyakarta) pada tanggal 16 Saptember 2017, Tiga mahasiswa UIN Suska Riau dari Fakultas Sains & Teknologi berhasil meraih Juara I pada kompetisi tersebut. Perlombaan ini diikuti oleh 32 Universitas yang ada di Indonesia dengan tema”Inovasi Generasi Muda Dalam Mewujudkan NAWACITA  Guna menyonsong Susitanable Development Goals ( SDGs ) 2030”

Dengan mengangkat judul ” Design Rancang Bangun Pembangkit Tenaga Listrik Berbahan Baku Sampah” Tiga Mahasiswa yang terdiri dari Rizky Kurniawan Jurusan Teknik Elektro, Abdul Shamad Rennu Jurusan Teknik Elektro dan Ardhito Kusharwanto jurusan Teknik Industri, Mampu menyisihkan 31 pesaing lainnya bahkan diantaranya Top 10 University Indonesia, ide ini muncul dikarenakan mereka prihatin dengan tumpukan sampah yang mengunung disalah satu Daerah di Riau yaitu Rumbai. ”Tidak ada penanggulangan akhir sampah, itu hanya akan ditanam pakai tanah, tentu lama-lama akan menggunung, dan kami berfikir kenapa kita tidak bisa seperti Negara-Negara maju, yang bisa mendaur ulang sampah menjadi pembangkit energy seperti hal nya Negara German” Ungkap Rizky. Seperti yang mereka lakukan yaitu sampah plastic didaur ulang menjadi Bahan Bakar Ulang.

Bukan kali ini saja mereka memenangkan perlombaan seperti ini, sebelumnya mereka juga sudah sering menang dalam perlombaan yang mereka ikuti, meskipun mereka harus menguluarkan dana untuk keperluan perlombaan mulai dari alat, perlengkapan dan lain-lain.hal ini tidak menyurutkan tekad dan kemauan mereka yang tinggi untuk meraih prestasi yang lebih tinggi lagi. Karena yang terpenting bagi mereka adalah Ilmu dan Pengetahuan yang didapatkan, serta dapat mengharumkan nama UIN Suska Riau.

Mereka berharap dengan prestasi yang diraih serta karya yang dihasilkan mampu mendapatkan dukungan dan perhatian, agar karya mereka dapat dikembangkan serta diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, juga mampu memotivasi mahasiswa lainnya untuk berprestasi lebih tinggi lagi.

kontributor : crewptipd