web analytics

Lagi, UIN SUSKA Riau Berangkatkan Mahasiswa ke Jepang

uin-suska.ac.id – Akhir tahun ini UIN SUSKA Riau berangkatkan dua orang mahasiswa untuk mengikuti program JENESYS. Adapun mahasiswa yang mewakili yaitu Tamara Pratiwi dari Jurusan Ilmu Komunikasi dan Andhika Agus Saputra dari Jurusan Psikologi. Berikut cerita salah satu perwakilan yaitu Tamara Pratiwi mengenai keberhasilannya.

Tamara Pratiwi Mahasiswi jurusan Ilmu Komunikasi UIN SUSKA Riau ini memang tak diragukan lagi keaktifannya dalam beberapa kegiatan baik dalam maupun luar kampus. Tamara Pratiwi atau yang kerap disapa Tamara ini tak pernah pantang menyerah untuk mencapai pendidikan yang lebih tinggi lagi. Terbukti meskipun Ia harus bekerja freelance sebagai penyiar radio disalah satu radio besar di Riau tak menghalangi prestasinya sebagai Mahasiswi.

Adapun prestasi yang telah Ia capai diantaranya Juara III Cerpen Komunikasi 2015, Juara I menulis Cerpen LPM Gagasan 2016, Perwakilan Provinsi Riau pada Forum Komunikasi Nasional 2016, Finalis Bujang Dara Kampar 2017, Dara Intelegensia Kampar 2017, Finalis Miss Internet Indonesia 2017 Riau di Bali, serta masih banyak lagi prestasi yang Ia toreh. Dan yang terbaru adalah Tamara menjadi salah satu peserta perwakilan UIN SUSKA Riau dalam Program JENESYS 2017.

JENESYS merupakan program solidaritas yang diadakan oleh Jepang. Pemerintah Jepang telah melaksanakan program Japan East Asia Network of Exchange and Youths (JENESYS) sejah tahun 2007 dengan mengundang pemuda dan pelajar dari negara-negara lain ke Jepang. Tujuan program ini salah satunya untuk memperkenalkan cultural dan social di Jepang, begitupun sebaliknya. Setelah melalui beberapa tahapan, Ia pun akhirnya berhasil dan akan berangkat pada tanggal 6-14 November 2017. Seperti yang dipaparkannya “Seleksinya itu pertama, dari Fakultas masing-masing, disini saya adalah salah satu Mahasiswa yang direkomendasikan langsung oleh Wakil Dekan FDK. Tahap kedua, diadakan di Rektorat dengan pihak kampus yang menyeleksi dari keseluruhan Fakultas untuk disaring menjadi 4 orang. Dan tahap terakhir, UIN Jakarta yang menyeleksi. Terpilihlah Tamara dan Andhika Agus Saputra dari Jurusan Psikologi”.

Persiapan pun sudah Ia lakukan mulai dari mencari tahu bagaimana Jepang dari kondisi, kultur, situasi dll. Begitu pun dengan bahasa Ia lebih melatih lagi kemampuan Bahasa Inggrinya. Mengenai biaya Ia tidak terlalu khawatir, karna Tamara dan Rekannya akan dibiayai oleh pihak UIN untuk transport, dan biayai selama disana (Jepang) ditanggung oleh pihak JENESYS Jepang.

Kepercayaan dari Fakultas, memotivasi diri sendiri, serta mengambil kesempatan yang tak akan dua kali membuatnya selalu berusaha memberikan yang terbaik. “Tamara gak pernah berharap juara ataupun gimana, tapi selalu berusaha memberikan yang terbaik. Kalau lulus ya Alhamdulillah kalau nggak berarti ada rezeki yang lain” ungkapnya. Selain itu dukungan orang tua juga sangat memberikan semangat “ Ibu sih yang selalu menyemangati, selalu ingat dengan pesan ibu ‘jangan pernah hiraukan kata orang lain’ pesan itulah yang membuat saya bersemangat untuk terus maju” tutupnya.

kontributor: crewptipd