web analytics

PTIPD Siap Mempermudah Pegawai dan Mahasiswa Lewat Aplikasi SIASY

uin-suska.ac.id – Kamis (12/10/2017) Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (PTIPD) UIN SUSKA Riau melakukan sosialisasi ke Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK), sebelumnya sosialisasi ini sudah dilaksanakn di beberapa fakultas lainnya. Adapun sosialisasi ini mengenai aplikasi Sistem Informasi Administrasi Surat Menyurat atau lebih dikenal dengan singkatan SIASY.

Dengantema “Orientasi Pemanfaatan Aplikasi SIASY bagi Pegawai FDK UIN SUSKA Riau” acara yang diadakan di Teater FDK ini dibuka oleh Wakil Dekan II Dr. H. Masrun, MA Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Adapun bertindak sebagai pemateri yaitu Ketua PTIPD UIN SUSKA Riau, Benny Sukma Negara, ST, MT. Beliau menyampaikan bahwa SIASY merupakan aplikasi yang mempermudah pegawai dan mahasiswa dalam membuat surat menyurat mulai dari surat aktif kuliah, surat tidak sedang menerima beasiswa, surat izin magang, surat berkelakuan baik dan masih banyak lagi.

Pelatihan aplikasi persuratan elektronik di FDK ini begitu disambut antusias terlihat dari para pegawai dan mahasiswa yang ikut serta dalam acara tersebut memanfaatkan peluang yang ada untuk menyimak serta bertanya seputar apa itu Aplikasi SIASY mulai dari manfaat, cara pemakaian aplikasi SIASY ini, keefektifan dll. Selesai sesi Tanya jawab, seluruh peserta diajak keruang lobby FDK untuk mempraktekkan langsung apliaksi SIASY ini melalui  computer yang sudah ada disana dan sudah terhubung kebagian akedemik. Ketua PTIPD langsung mempraktekkan di depan mahasiswa bagaimana mudahnya aplikasi SIASY ini di gunakan, hanya dengan beberapa klik melalui laman web SIASY yaitu http://siasy.uin-suska.ac.id mahasiswa bias langsung mengajukan surat apa yang ingin mereka buat tanpa perlu cara kuno seperti fotocopy KTM dll.

Setelah mengarahkan mahasiswa, Ketua PTIPD Benny Sukma Negara ST, MT lalu masuk keruang akademik untuk mempraktekkan juga bagaimana menggunakan aplikasi SIASY ini bagi para pegawai . Dengan adanya aplikasi ini Ketua PTIPD berharap agar masalah surat menyurat tidak menjadi suatu hal yang menyusahkan karena aplikasi ini sudah diterapkan ditiga fakultas lain dan FDK merupakan fakultas yang keempat “Dengan adanya aplikasi ini diharapkan pegawai dan mahasiswa bias dipermudah dan gak perlu ribet lagi dalam urusan surat menyurat. Hanya dengan beberapa klik saja permohonan membuat surat dari mahasiswa kebagian akademik bias langsung direspon tanpa perlu cara yang kuno fotocopi ini itu. Dan aplikasi ini sudah kami terapkan ditiga fakultas lain yang pertama, Fakultas Syariah dan Hukum, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan serta Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial. Alhamdulillah semuanya berhasil dan berjalan dengan baik. Karena ini sangat efesien dan efektif sekali” imbuhnya.

Kontributor : Crew PTIPD