web analytics

FDK Berikan Pemahaman dan Penyegaran Metodologi Penelitian Komunikasi Melalui Salah Satu Guru Besar Komunikologi

uin-suska.ac.id – Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) pada Selasa (24/10/2017) mengadakan kegiatan kuliah umum. Acara yang diadakan di gedung rektorat Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim Riau tepatnya di Aula lantai V, ditujukan khusus para mahasiswa semester V jurusan Komunikasi. Tak lupa pula para dekan dan dosen-dosen komunikasi pun turut hadir dalam acara ini

Pada kuliah umum kali ini Fakultas Dakwah dan Komunikasi mengundang Prof. Dr. Engkus Kuswarno, MS  yaitu Guru Besar Komunikologi Universitas Padjajaran Bandung. Dengan bertemakan “Penyegaran dan Pemahaman Metedologi Penelitian Komunikasi”. Acara yang diadakan pukul 08.00-12.00 WIB disambut antusias oleh para mahasiswa. Bagaimana tidak pada kesempatan kali ini mereka diberi ilmu oleh guru besar dan ahli dalam bidang komunikasi. Selain itu mereka juga mendapatkan trik dan tips bagaimana cara melakukan penelitian untuk judul mereka nantinya.

Disini mereka diberi bimbingan mengenai bagaimana menyusun tugas akhir nantinya mulai dari mencari masalah, lalu mengolahnya menjadi sebuah judul, mengajukan proposal, penelitian untuk skripsi mereka dll. Tak hanya sampai disitu mereka juga diberi kesempatan untuk bertanya kepada Prof.Dr. Engkus Kuswarno, MS mengenai apa saja yang mereka ingin tahu mengenai Metodologi Penelitian Komunikasi ini mulai dari yang tidak dipahami, langkah-langkah yang harus dilakukan, kendala apa saja yang ditemukan dan masih banyak lagi.

Secara mendetail Prof. Dr. Engkus Kuswarno, MS menjelaskan kepada seluruh mahasiswa yang hadir mengenai Metodologi Penelitian Komunikasi. Namun menurutnya ada tiga hal yang penting dalam sebuah proposal tugas akhir “Cari dahulu permasalahan yang ingin diteliti idenya, yang kedua tentukan paradigma dari permasalahan tadi kuantitatif atau kualitatif pahami dari paradigma tadi setelah itu yang ketiga jangan lupa tulis jika sudah ada ide, jangan biarkan ide itu melayang diudara. Biar saja salah dulu simpan saja ide yang ada, karna melalui tulisan tulisan tadi bisa kita perbaiki nanti yang terpnting kita usdah ada konsep dulu” ungkapnya disela materi yang disampaikan.