Home / Kolom Rektor / Profil Singkat Prof. Dr. H. Akhmad Mujahidin, S.Ag., M.Ag.
00-akhmad-mujahidin

Profil Singkat Prof. Dr. H. Akhmad Mujahidin, S.Ag., M.Ag.

Prof. Dr. H. Akhmad Mujahidin, S. Ag.,  M.Ag merupakan guru besar Ekonomi Islam UIN Suska Riau. Beliau lahir di Malang Jawa Timur pada tanggal 6 Juni 1971. Ada banyak faktor mencapai keberhasilan. Mulai dari pengalaman, kerja keras, dan ketabahan ikut menentukan. Ada juga banyak kendala yang menghadang. Siapapun paham tak ada jalan mudah untuk mencapainya. Setiap orang juga tentu pernah menghadapi hambatan dan ujian dalam merealisasikan semua impiannya. Namun, hanya mereka yang tabah dan terujilah yang akan berhasil melewati masa-masa berat dan menderita itu.

Prinsip itulah yang menjadi pegangan seorang anak transmigran yang pernah putus sekolah (vakum selama tiga tahun), dan kini justru menjadi seorang profesor. Ia juga guru besar di salah satu perguruan tinggi negeri di Riau. Prof Dr Akhmad Mujahidin, M.Ag, awalnya tidak ingin melanjutkan pendidikannya setelah lulus SD (sekolah dasar) di SDN Belilas Riau.  Kedua orang tuanya pun, H Muhammad Abidin Zuhri dan Siti Dewi Fatimah, juga bingung dengan keadaan ekonomi keluarga saat itu.

Sejak tiba di lokasi transmigrasi pada 1982, ia masih ingat bagaimana keluarganya menghadapi masa paceklik dan kisah keprihatinan lain yang dihadapi keluarga transmigran. Jaminan hidup (Jadup) hanya cukup untuk beberapa hari saja, sementara cadangan makanan dari alam masih belum ada.

Lantaran panen jagung dan padi serta singkong gagal panen, maka ia dan keluarga menggunakan nasi ‘sawut’ untuk mengisi perutnya sehari-hari. Kondisi itu berlangsung berbulan-bulan hingga musim panen berikutnya tiba. Dari pengalaman tersebut, Prof. Dr. H. Akhmad Mujahidin, M.Ag mengambil hikmah bahwa transmigrasi merupakan lentera dalam kehidupan yang lebih baik karena dituntut untuk kerja keras dan nilai-nilai yang terlahir dari pengalaman bertransmigrasi itu bisa membentuk orang untuk menjadi bagian dari penyelesai masalah bukan bagian dari masalah. Kiatnya, senantiasa sabar, syukur bertawakkal, fokus dan konsisten berusaha.

Selama masa tiga tahun itu, Cak Mat (demikian panggilan akrab Prof Akhmad Mujahidin), bekerja serabutan, mulai jualan singkong, ikan lauk, dan sebagai kuli bangunan. Mengetahui teman-teman sesama kuli rata-rata lulusan SMA, maka tergerak hati Cak Mat untuk melanjutkan sekolah lagi dengan motivasi dari guru yang bernama H. Cucu Sulaeman . Nah, untuk mengejar ketertinggalan itu, ia pun mendaftarkan sekolah lanjutan di Madrasah Tsanawiyah Nurul Falah Air Molek, dan lulus pada dan lulus 1989. Selama masa sekolah itu pun ia masih bekerja dan bahkan mendapat kepercayaan sebagai mandor para kuli bangunan.

Setamat dari sekolah menengah, ia pun melanjutkan jenjang pendidikan S1. Bagaikan anak panah yang lepas dari busurnya, Cak Mat tancap gas mendaftarkan diri ke IAIN Sultan Syarif Qasim (Susqa) Pekanbaru dan menyelesaikan pendidikan tinggi pada 1996. Tak berhenti disitu. Semangat untuk terus mengejar ilmu pengetahuan masih belum pupus. Ia melanjutkan pendidikan pasca sarjana (S2) di IAIN Medan selama 3 tahun dan lulus pada 2000. Tidak kepalang tanggung, program doctor pun ia lalui di IAIN Sunan Ampel Surabaya (sekarang Universitas Islam Negeri) Surabaya. Ia memperoleh gelar doctor pada 2004.

Saat ini Prof Dr Akhmad Mujahidin, MAg sebagai dosen dengan pangkat professor (golongan IV d) ekonomi Islam pada Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum UIN Suska Riau. Dalam jabatan struktural pernah menjadi Dekan Fakultas Psikologi UIN Suska Riau. Selain itu menjadi dosen luar biasa pada Sekoah Tinggi Agama Islam Nurulfalah Airmolek. Menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam Nurul Hidayah Selat Panjang, dan Program Magister Hukum Universitas Islam Riau. Di sela-sela kesibukannya sebagai pengajar, Cak Mat sering diundang ceramah agama di berbagai tempat. Misalnya, Gubernur Riau Rusli Zaenal 92012) juga memintanya sebagai penceramah pada acara KONI buka bersama puasa ramadhan. Demikian pula ketika Indra Mukhlis Bupati Indragiri Hilir, mengunjungi warganya di lapangan.

Sebagai guru besar, sudah banyak karya tulis yang diterbitkan. Diantaranya, buku Hukum Perbankan Syari’ah 2016, Ekonomi Islam oleh PT Raja Grafindo Persada Jakarta 2007, Dasar-dasar Ekonomi Islam 2007, Wewenang Hisbah Dalam Transaksi Perdagangan 2007, Pemikir Ekonomi islam 2008 dan Dimensi Ekonomi Islam (2008). Selain itu, buku Ulumul Quran (2008), dan Hukum Islam Tekstual dan Kontekstual, Yogyakarta (2008).

Pemikiran dan gagasan-gagasan tentang Islam juga banyak menyebar di sejumlah jurnal pengetahuan di Tanah Air. Sebut saja, Jurnal Sosco Religia Yogyakarta, Jurnal Hukum Islam Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum UIN Suska Riau, dan Jurnal Al-Hikmah UIN Riau.

Kini Cak Mat juga aktif di Organisasi PATRI (Perkumpulan Anak-Anak Transmigrasi) . Melalui organisasi ini ia bisa mengenal anak keturunan transmigrasi seluruh Indonesia. Organisasi ini dapat menjadi wadah pemersatu putra-putri transmigran untuk Indonesia yang lebih baik. Cak Mat terpilih secara aklamasi melalui Musyawarah Daerah II PATRI di Riau, pada Mei 2011 lalu sebagai Ketua Umum DPD PATRI Riau periode 2011 – 2016. Cak Mat menggantikan Ir Sukamdi yang menjadi ketua Umum DPD PATRI Riau sebelumnya.

Salah satu pemikiran Cak Mat tentang perekonomian Islam bertolak dari perkembangan ekonomi dunia yang ditandai dengan kesenjangan antara yang kaya dan yang miskin. Perubahan teknologi informasi juga menciptakan sistem perdagangan antarnegara yang tidak adil. Peningkatan kemakmuran negara kaya berbanding terbalik dengan perkembangan ekonomi Negara-negara miskin. Pun dengan kesenjangan di dalam negeri, antara kaum pemodal yang kaya dan petani juga buruh yang miskin. Ketidakadilan ekonomi inilah yang menjadi pangkal tolak berkembangnya pemikiran ekonomi Islam yang menurutnya lebih adil. Karena pada prinsipnya, Islam mengajarkan prinsip-prinsip moralitas yang diantaranya mencakup bagaimana manusia memiliki kepedulian dan kebaikan dalam menciptakan pemerataan sosial.

Dari prinsip itu, sistem ekonomi yang lebih merata dan berkeadilan bisa dicapai. Kesenjangan antara kaum kaya dengan kaum miskin bisa dikurangi, bahkan kalau mungkin diatur dalam tata kelola ekonomi yang memungkinkan kaum miskin memiliki akses dan kemampuan yang sama dengan para pemilik modal yang kaya. Disinilah semangat ekonomi Islam yang lebih memberi harapan bagi pemerataan sosial di Tanah Air. Di sisi lain, para pelaku ekonomi juga meski tetap menjunjung tinggi semangat bekerja keras, ulet, juga jujur dan memiliki moralitas baik sebagai dicontohkan Rasul Muhammad SAW. Moralitas itulah yang melandasi semua kegiatan ekonomi baik di tingkat lokal, nasional maupun menghadapi sistem ekonomi global.

Perjalanan hidup guru besar Ekonomi Islam IAIN Suska Riau ini, patut menjadi teladan bagi siapa saja yang ingin sukses dari keadaan nol, tapi memiliki semangat tinggi untuk meraihnya. Khususnya dalam pencapaian bidang pendidikan. Sosok Cak Mat bagi masyarakat, memberi warna tersendiri khususnya tentang kisah generasi anak para transmigrasi yang berjuang dari mati-matian mengejar impian mereka.

Mereka mengembangkan kreativitasnya di bidangnya masing. Sebagaian dari putra-putri para transmigran tersebut juga banyak yang sukses sebagai pengusaha (entrepreneurs) di daerahnya. Sebagian lain sukses meraih pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi seperti Cak Mat. Cak Amat sendiri mengakui, semua pencapaian tersebut tentu tidak datang sendiri tiba-tiba dari langit. “Tapi memang dan mesti diperjuangkan sejak awal, dari titik nol,”   

 

Berikut Profil Singkat Prof. Dr. H. Akhmad Mujahidin, S. Ag. M.Ag

I.  Data Pribadi

Nama                                               : Prof. Dr. H. Akhmad Mujahidin, S. Ag. M.Ag

NIP                                                   : 197106061997031002

Tempat Tanggal Lahir                  : Malang, 6 Juni 1971

Jenis Kelamin                                 : Laki-Laki

Agama                                               : Islam

Status Perkawinan                         : Kawin

Pangkat dan Golongan                 : Pembina  Utama Madya/IVd

Jabatan                                            : Guru Besar

Alamat                                             : Jl. Handayani Gg Ros No 52 Arengka Atas Pekanbaru Riau

Keluarga

Nama Ayah                                    : Muhammad Abidin

Nama Ibu                                       : Siti Dewi

Nama Istri/Suami                       : Hj. Siti Samsiyah

Anak dan Menantu                     : 1. Mujtahid Samad Abbas

2.  Mujahadah Samad Abbas

3. Mujahidah Samad Abbas

II.   Riwayat Pendidikan Formal

1. SDN 021 Belilas Indragiri Hulu 1984

2. MTs Al-Ihsan Belilas Indragiri Hulu 1989

3. MA Nurulfalah Air Molek 1992

4. S1 IAIN Sulthan Syarif Kasim Riau 1996

5. S2 IAIN Sumatera Utara Medan 2000

6. S3 IAIN Sunan Ampel Surabaya 2004

III.   Riwayat Pendidikan Non Formal

1. Dikat Prajabatan 1998

2. Diklat Asesor BAN-PT Tahun 2008

3. Diklat Hakim MTQ Provinsi Riau tahun 2010

4. Diklat Pengadaan Barang dan Jasa di Padang Tahun 2010

5. Diklat Penjaminan Mutu BAN-PT di Bukit Tinggi dan Surabaya Tahun 2015

IV.   Riwayat Kepangkatan

1. CPNS III/a  Keputusan Menteri Agama Nomor SK B/II/3-E/PB.I/3069 Tanggal 11 Maret 1997

2. PNS Penata Muda/III/a  Keputusan Menteri Agama Nomor SK IN/13/R/211/1998 tanggal 31 Oktober 1998

3. Penata Muda Tk I/IIIb  Keputusan Menteri Agama Nomor SK IN/13/R/307/2001 tanggal 20 Agustus 2001

4. Penata III/c  Keputusan Menteri Agama Nomor SK IN/13/R/208/2003  tanggal 26 Maret 2003

5. Penata Tk I III/d Keputusan Menteri Agama Nomor SK B.II/3/4857  tanggal 21 Juni  2006

6. Pembina IVa Keputusan Menteri Agama Nomor SK B.II/3/1450 tanggal 1 April  2008

7. Pembina Tk I/IVb Keputusan Menteri Agama Nomor SK B.II/3/4672 tanggal 20Maret 2010

8. Pembina Utama Muda IVc SK Presiden RI No 35/K/ Tahun 2012 tanggal 7 Mei 2012

9. Pembina Utama Madya IVd SK Presiden RI No 37/K/ Tahun 2014 tanggal 12 Mei 2014

V.   Riwayat Jabatan

Asisten Direktur Pascasarjana UIN Suska Riau 2006-2007

Dekan Fakultas Psikologi UIN Suska Riau 2007-2011

Rektor UIN Suska Riau Periode 2018-2022

VI. Buku dan Karangan

1. Hukum Perbankan Syari’ah Penerbit Raja Grafindo Persada Jakarta tahun 2016

2. Ekonomi Islam: Sejarah, Konsep, Instrumen , Negara, Pasar: Raja Grafindo Persada Jakarta tahun 2013.

3. Ekonomi Islam: Perdagangan, Manajemen, Produksi, Distribusi: Al Mujtahadah Press Pekanbaru tahun 2014.

4. Islamic Appraisal for Human Capital oleh Gramata Jakarta 2010

5. Buku Ekonomi Islam Oleh Raja Grafindo Persada Jakarta tahun 2007

6. Dasar-dasar Ekonomi Islam, Pascasarjana UIN Suska RIAU tahun 2007, 176 Hlm

7. Wewenang Hisbah Dalam Transaksi Perdagangan oleh Suska Press Pekanbaru Tahun 2007, 308 Hlm

8. Pemikir Ekonomi Islam diterbitkan oleh BKPS-PTAIS RIAU-Kepri 2008, 127 Hlm

9. Dimensi Ekonomi Islam Oleh Al-Mujtahadah Press Pekanbaru 2008, 150 Hlm

10. Ulumul Qur’an Oleh UIN Suska Press 2008, 108 Hlm

11. Hukum Islam Tekstual dan kontekstual Yogyakarta,380 Hlm

12. Dan beberapa artikel dikoran dan majalah

VII. Pengalaman Organisasi

1. Pengasuh Ponpes Al-Mujtahadah Pekanbaru 2006 sd Sekarang

2. Ketua Forum Komunikasi Pondok Pesantren Riau 2015 sd Sekarang

3. Anggota Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Riau 2016-2021

4. Penasihat IPNU Wilayah Riau 2015 sd Sekarang

5. Ketua Bidang Agama Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme Riau 2015 sd Sekarang

6. Mudir Jamiyyah Ahlith Thariqah al Mu’tabaroh an Nahdliyyah Riau 2015-sekarang

7. Wakil Ketua Pimpinan Pusat LP MA’ARIF PBNU Periode 2010-2015

8. Ketua Pimpinan Wilayah LP MA’ARIF Propinsi Riau dua periode (2000-2010)

9. Ketua Umum Perhimpunan Anak Trasmigran Republik Indonesia (PATRI) Riau 2011-sekarang

10. Pengurus Ikatan Keluarga  INHU 2014-2019.

11. Ketua Umum Majelis Silaturahmi Kyai dan Pengasuh Pondok Pesantren (MSKP3I) Propinsi Riau Periode 2011-sekarang

12. Wakil Ketua Pimpinan Pusat LP MA’ARIF PBNU Periode 2010-sekarang

13. Ketua Umum Ittihadul Muballighin Kota pekanbaru 2009-sekarang

14. Ketua Pimpinan Wilayah LP MA’ARIF Propinsi Riau dua periode (2000-2010)

15. Ketua Dewan Riset Konsorsium Ekonomi Islam (KEI) Pusat Periode 2011-sekarang

16. Ketua Dewan Pakar Masyarakat Ekonomi Syari’ah Propinsi Riau 2015- sekarang

17. Komisi Fatwa DPD Majelis Ulama Indonesia Propinsi Riau periode, 2004-2009

18. Ketua Bidang Pendistribusian Badan Amil Zakat Propinsi RIAU

19. Anggota Badan Fatwa DPD IKMI Korwil Riau periode 2004-2009

20. Anggota Badan Hisab dan Rukyat (BHR) Propinsi Riau periode 2008-2011

21. Pengisi Rubrik Ekonomi Islam Pada RIAU TV (RTV) 2007/2009, Radio Republik Indonesia(RRI) Pekanbaru2007 Sd. Sekarang, TVRI RIAU 2007 sd. sekarang  dan Tabloid Minhaja Syari’ah Consultating Center Pekanbaru 2007-2008

22. Dewan Pakar BKMT Propinsi RIAU 2009- sekarang

23. Tim Peneliti pada Pusdatin Puanri Propinsi Riau 2007

24. Asesor BAN PT Depdiknas Jakarta 2008 s/d sekarang

25. Penguji Doktor Hukum Islam UIN Suska Riau.

26. Penguji Doktor Universitas Islam Riau

27. External Examiner for Philosophi of Doktor  (Ph.D) on Malaya University, Malaysia

28. External Examiner for Philosophi of Doctor (Ph.D) on University Kebangsaan Malaysia

29. External Examiner for Philosophi of Doctor (Ph.D) Sulthan Syafif Ali Islamic University of Bruney Darussalam

30. Penguji Luar Program Doktor Ekonomi pada Universitas Brawijaya Malang.

31. Penguji Luar Program Doktor Ekonomi IEF pada Universitas Tri Sakti Jakarta.

32. Kajian tetap Ekonomi Syari’ah Masjid Agung An Nur Propinsi Riau.

33. Kajian tetap Ekonomi Syari’ah pada RRI Pekanbaru.

 

 VIII. Penghargaan

1. Juara I LCT P4 Tingkat Nasional tahun 1989.

2. Juara I Lomba Pidato PERTASIHUTKENCANA nasional 1990.

3. Juara I Pelatihan Achivement Motivasi Training (AMT) Depnakertrans tahun 1997

4. Dosen Teladan UIN Suska RIAU tahun 2007.

5. TIM Asesor BAN PT Tahun 2008-sekarang

6. International Assesor in NCAAA Saudi Arabia 2015 sd sekarang

7. Tim Penilai Pembukaan Prodi Baru DIKTIS Kemenag RI 2016

8. Tim Penilai Pendidirian PTKI baru DIKTIS Kemenag RI 2016

9. Petani Teladan Tingkat Nasional Tahun 2018

 

 

About nurazmi azmi

Check Also

Pidato Rektor UIN Sultan Syarif Kasim Riau Wisuda Diploma dan Sarjana ke-55, Program Magister ke-36, dan Program Doktor ke- 8

Pekanbaru, 28 November 2015 Yth. Saudara Ketua Senat UIN Sultan Syarif Kasim Riau Yang saya …