Home / Berita Utama / Rektor UIN SUSKA RIAU berqurban satu ekor sapi dalam rangkain acara sholat Aidul Adha di Mesjid Al Jami’ah
aidul adha

Rektor UIN SUSKA RIAU berqurban satu ekor sapi dalam rangkain acara sholat Aidul Adha di Mesjid Al Jami’ah

uin-suska.ac.id  Kamis (23/08/2018) Mesjid Al Jami’ah UIN SUSKA RIAU, telah  berlangsung sholat Aidul Adha dan penyembelihan hewan qurban. Sebagaimana yang kita ketahui  setiap tanggal 10 Dzul Hijjah, semua umat Islam yang tidak melaksanakan haji merayakan hari raya Idul Adha. Pada hari itu, umat Islam sangat disunnahkan untuk berqurban dimana mereka menyembelih hewan qurban untuk kemudian dibagi-bagikan kepada seluruh umat Islam di suatu daerah.

Qurban berasal dari bahasa Arab, “Qurban” yang berarti dekat (قربان). Kurban dalam Islam juga disebut dengan al-udhhiyyah dan adh-dhahiyyah yang berarti binatang sembelihan, seperti unta, sapi (kerbau), dan kambing yang disembelih pada hari raya Idul Adha dan hari-hari tasyriq sebagai bentuk taqarrub atau mendekatkan diri kepada Allah.

Allah SWT telah mensyariatkan kurban dengan firman-Nya, “Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak. Maka dirikanlah salat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah. Sesungguhnya orang-orang yang membencimu dialah yang terputus.” (Al-Kautsar: 1 — 3).

Dan telah Kami jadikan untuk kamu unta-unta itu sebagai syiar Allah. Kamu banyak memperoleh kebaikan dari padanya, maka sebutlah nama Allah ketika kamu menyembelihnya.” (Al-Hajj: 36).

Sejarah qurban dapat kita lihat pada surat al Ma’idah ayat 27 yang berbunyi :

Ceritakanlah kepada mereka kisah kedua putera Adam (Habil dan Qabil) menurut yang sebenarnya, ketika keduanya mempersembahkan kurban, maka diterima dari salah seorang dari mereka berdua (Habil) dan tidak diterima dari yang lain (Qabil). Ia berkata (Qabil): “Aku pasti membunuhmu!”. Berkata Habil: “Sesungguhnya Allah hanya menerima (kurban) dari orang-orang yang bertakwa”. (Al Maaidah: 27)

Ajaran berqurban yang diajarkan dalam  surat Al-Kautsar: 1 — 3, Al-Hajj: 36, Al Maaidah: 27 tidak cukup hanya dipidatokan, tapi memerlukan tindakan nyata.  Rektor UIN SUSKA RIAU (Prof Dr. KH Ahmad Mujahidin S.Ag., M.Ag) menyisihkan hartanya tahun ini dengan berqurban seekor sapi untuk disembelih di Mesjid Al Jami’ah UIN SUSKA RIAU. Penyembelihan hewan qurban Rektor langsung dilakukan oleh ketua pengurus mesjid Drs KH A GHOZALI SYAFII, M.SI.

aidul adha 5

Video penyembelihan dapat dilihat pada link berikut ini :

https://youtu.be/sRKResRml3c

Daging sapi itu dibagikan kepada yang mustahaq. Terutama petugas security dan cleaning service yang ada di lingkungan kampus. Secara rinci daging qurban yang disembelih di Mesjid Al Jami’ah UIN SUSKA RIAU dibagikan untuk:

  1. Security: 40 plastik
  2. Cs 79 plastik
  3. Peserta qurban: 63 plastik
  4. Sisanya untuk takmir mesjid , Menwa dan panitia qurban

 

aidul adha 6

 

Menurut Yessi salah seorang petugas cleaning service di lantai 4 gedung rektorat bahwa daging yang dibagikan dari mesjid Al Jami’ah cukup membantu untuk kepentingan pada hari raya ini. Semoga tahun depan dapat ditingkatkan lagi, demikian tanggapannya.

Panitia Aidul Adha dapat dilihat pada link berikut ini :

aidul-adha-PANITIA-QURBAN-MASJID-UIN-1

Poto-poto terkait dengan ibadah Qurban :

aidul adaha 1

 

aidul adha 3

 

aidul adha

 

aidul adha3

 

aidul adha7

 

About khaidir alimin

Check Also

WhatsApp Image 2018-12-18 at 10.23.37

MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI MENGADAKAN SONGKET ART FESTIVAL

uin-suska.ac.id             Sanggar songket berulang tahun yang ke-4, Mahasiswa ilmu komunikasi …