Home / Berita Utama / Prof Dr KH Ahmad Mujahidin S.Ag., M.Ag menegaskan “Without loyalty we are nothing”.
3-9-2018

Prof Dr KH Ahmad Mujahidin S.Ag., M.Ag menegaskan “Without loyalty we are nothing”.

uin-suska.ac.id             Dalam briefing pagi ini ( senin 03-09-2018) Rektor UIN SUSKA RIAU (Prof Dr KH Ahmad Mujahidin S.Ag., M.Ag)  menyuntikkan motivasi kepada Dosen, Tenaga kependidikan dan pimpinan yang hadir dari WR, Dekan, Pembantu Dekan. Suntikan motivasi ini penting untuk menjaga “trend” UIN SUSKA RIAU yang berada dalam jalur ke arah akreditas A, yang menjadi visi rektor.

Rektor mengingatkan isi dari fakta integritas yang telah ditandatangani setiap pimpinan, baik di rektorat maupun di fakultas dan unit lainnya, terdapat 3 hal penting yang menjadi fokus perhatian. Dua diantaranya yakni, loyalitas dan akreditasi A.

Mendapatkan loyalitas dari seseorang atau sekelompok orang bukanlah sesuatu pekerjaan yang mudah untuk dilakukan. Berbanding terbalik dengan kesulitan mendapatkannya, menghilangkan loyalitas seseorang atau sekelompok orang  justru menjadi hal yang sangat mudah untuk dilakukan.

Loyalitas memiliki kata dasar loyal yang berasal dari bahasa Prancis kuno loial. Menurut Oxford Dictionary, pengertian loyalitas adalah the quality of being loyal dimana loyal didefinisikan sebagai giving or showing firm and constant support or allegiance to a person or institution. Jika diartikan secara bebas, pengertian loyalitas menurut Oxford Dictionary adalah mutu dari sikap setia (loyal), sedangkan loyal didefinisikan sebagai tindakan memberi atau menunjukkan dukungan dan kepatuhan yang teguh dan konstan kepada seseorang atau institusi. Sementara itu, Kamus Besar Bahasa Indonesia menerangkan pengertian loyalitas sebagai kepatuhan atau kesetiaan.

Untuk mencapai visi Rektor UIN SUSKA RIAU yakni akreditasi A tidaklah mudah, seperti membalikkan telapak tangan. Loyalitas merupakan salah satu kuncinya.  Tanpa  loyalitas, akreditasi A itu menjadi angan-angan semata. Karena akreditasi A itu membutuhkan perjuangan, dan pengorbanan. Tapi hasilnya manis. Terutama manis dalam kepuasan jiwa oleh karena telah memberikan salah satu hasil yang selama ini diidam-idamkan.

Assessment menjadi prosedur untuk mendapatkan akreditasi A.    Assessment hanya bisa dilaksanakan oleh assessor yang sudah memiliki license atau memiliki tanda pengakuan/sertifikat dari suatu institusi yang berkompeten dan diakui oleh penggunanya untuk menerbitkan sertifikat tersebut. Dalam kaitan ini, assessor yang dimaksud adalah seseorang yang memahami prosedur pelaksanaan assessment, dan telah mengikuti pelatihan assessor serta telah mendapat sertifikat kompeten sebagai assessor yang dikeluarkan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).  Sebagai salah seorang assessor, Rektor UIN SUSKA RIAU  beliau memahami benar pentingnya loyalitas itu dalam melakukan assessment untuk mendapatkan akreditasi A.  Rektor menegaskan bahwa  “tanpa loyalitas, sebuah organisasi (universitas) tidak ada apa-apanya”. Berikut video  suntikan motivasi rektor tentang loyalitas.

https://youtu.be/WOuVwkjHq1Q

Semoga loyalitas meningkat dan akreditasi A segera tercapai, amin

DSC05734

 WhatsApp Image 2018-09-03 at 09.49.54

WhatsApp Image 2018-09-03 at 09.49.59

About khaidir alimin

Check Also

WhatsApp Image 2018-12-18 at 10.23.37

MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI MENGADAKAN SONGKET ART FESTIVAL

uin-suska.ac.id             Sanggar songket berulang tahun yang ke-4, Mahasiswa ilmu komunikasi …