Home / Berita Utama / Rencana Kunjungan presiden RI, dalam Syukuran Terpilihnya Rektor dan Gubernur
WhatsApp Image 2018-09-04 at 16.38.36

Rencana Kunjungan presiden RI, dalam Syukuran Terpilihnya Rektor dan Gubernur

uin-suska.ac.id – Kemeriahan dan Suka cita dalam balutan Kesederhanaan, tampak membahana di markas Perhimpunan Anak Transmigrasi RI (PATRI) yang juga lokasi pondok pesantren Al-Mujthadah jalan Handayani Pekanbaru Jumat siang (31/8/2018). Senyum ramah dalam suguhan cemilan singkong rebus, jagung rebus dan air Nira, tampak di wajah peserta yang hadir. Mereka duduk lesehan diatas tikar, dibawah tenda bercorak putih, Kuning Hijau yang terpasang diantara bangunan bertingkat pondok pesantren.

Tampak duduk bersila dibagian depan, Gubri terpilih, Drs. H Syamsuar, M,Si dan wakilnya, Brigjen TNI Purn. Edy Natar Nasution, SIP. Mantan gubernur Riau, Saleh Djasit dan Wan Abubakar, ketua DPP PATRI H Sunu Pramono Budi staf ahli Menteri Pertanian RI, Dita Indah Sari, para pejabat UIN Suska Riau, anggota BEM UIN Suska Riau dan sederet  tamu penting lainnya. Siang itu DPD PATRI Riau, sedang menggelar acara Taskuran terpilihnya Gubernur Riau dan Rektor UIN Suska Riau.

Prof. Dr. KH Akhmad Mujahidin, S.Ag, M.Ag, Rektor UIN Suska Riau, yang juga ketua DPD PATRI Riau dalam sambutannya menyampaikan, Taskuran sengaja di gelar di markas DPD PATRI, karena rektor sendiri yang juga ketua DPD PATRI Riau, punya kisah kebersmaan yang panjang dengan Gubernur terpilih. “Kami pernah sama-sama di BAZNAS Riau selama lima tahun. Saya di divisi pendistribusian Zakat, sedangkan Pak Samsuar di divisi pengembangan Zakat. Kebetulan di tahun yang sama, sama-sama terpilih jadi pimpinan. Saya terpilih sebagai Rektor, sedangkan pak Samsuar terpilih sebagai Gubernur Riau”. Ujar rektor yang disambut tepuk tangan hadirin.

Pada kesempatan tersebut Prof. Dr. KH Akhmad Mujahidin, S.Ag, M.Ag juga menyampaikan sebuah berita penting. Dimana, tanggal 25 Agustus lalu ia dipanggil presiden ke Istana negara RI. Untuk menerima penghargaan sebagai petani teladan. Bukan itu saja, seperti yang sudah diagendakan Kepala Staf Presiden RI, Moeldoko, pada tanggal 12 Desember nanti bertepatan hari Amal Bhakti Transmigrasi, presiden secara langsung akan berkunjung ke Riau.

Ada tiga agenda, dalam kunjungan presiden RI tersebut. Direncanakan akan dihadiri para utusan 34 Propinsi dan Gubernur se Indonesia, dan para menteri, Ungkap rektor. Pertama, acara akan dibuka di markas DPD PATRI kawasan pondok pesantren Al-Mujthadah. Kedua, upacara HAB Transmigrasi yang akan di gelar di lapangan gedung rektorat UIN Suska Riau. Ketiga, panen Raya Kalengkeng di daerah Lipat Kain Kampar Kiri.

Diceritakan rektor,  terkait kebun Kalengkeng miliknya, saat ini ia telah berhasil membebaskan lahan seluas 50 hektar, di daerah Lipat Kain, Kampar Kiri. “makanya ketika dianugrahkan sebagai petani teladan, saya di sebutkan seorang Petani asal Kampar” ujar rektor yang disambut tepuk tangan hadirin. Dimana 7,5 hektar merupakan kebun Kelengkengkeng yang nantinya akan siap panen, durian jenis Musang king 3 hektar, jeruk unggulan 6 hektar, dan pohon Aren 10 hektar serta kebun nangka.

Tentu saja dari kunjungan presiden RI ini diharapkan, bisa mengenalkan UIN Suska Riau sebagai tempat tugas saya khususnya, dan manfaat untuk Riau umumnya. “semoga kelak akan ada menteri, dan pejabat dari Riau di tingkat pusat” ujar Mujahidin.

Mewakili DPD PATRI Riau Mujahidin mengungkapkan, PATRI merasa sudah menjadi bagian yang utuh bersama Riau”Kami tidak merasa sebagai pendatang, tapi kami merasa sebagai keluarga besar rumpun Melayu.” Ungkapnya.

Dirinya bersama PATRI  juga menyatakan siap mendukung Syamsuar saat menjalankan tugas sebagai orang nomor 1 di Riau nantinya. “Kami siap membantu bapak, sesuai dengan tupoksi dan keahlian kami,_ pungkasnya.

Sementara itu Gubri terpilih, Syamsuar dalam sambutannya menyampaikan terimakasih atas dukungan yang diberikan kepadanya. Dirinya juga tak lupa meminta agar seluruh stakeholder PATRI yang ada di Riau agar turut mendukung pekerjaan dirinya nanti.”Tentunya ini menjadi amal, dan membantu kami, sesuai dengan apa yang menjadi visi dan misi kami.” Ujarnya.

Pada kesempatan sama juga dilakukan pengukuhan, pasukan muda PATRI Riau oleh Gubernur terpilih, dan pemotongan tumpeng sebagai simbol keberkahan.***

 

Penulis: Suardi

Suska News: (Donny,Nurazmi/Humas/PTIPD)

About nurazmi azmi

Check Also

WhatsApp Image 2018-12-18 at 10.23.37

MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI MENGADAKAN SONGKET ART FESTIVAL

uin-suska.ac.id             Sanggar songket berulang tahun yang ke-4, Mahasiswa ilmu komunikasi …