Home / Berita Utama / Tenaga Kependidikan UIN SUSKA RIAU mendapat pencerahan dari Rektor mengenai “Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi”,
akreditasi a

Tenaga Kependidikan UIN SUSKA RIAU mendapat pencerahan dari Rektor mengenai “Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi”,

uin-suska.ac.id                 Semenjak Rektor (Prof Dr KH Ahmad Mujahidin S.Ag., M.Ag) dilantik menjadi pimpinan tertinggi di UIN SUSKA RIAU. standar, peringkat dan daya saing, menjadi pembicaraan yang intens di UIN SUSKA RIAU. Pada hari senin 3 September 2018, bertempat di lantai 4 gedung Rektorat, Rektor memberikan pencerahan kepada Tenaga Kependidikan mengenai sistem akreditasi perguruan tinggi.

Agenda hari itu sebenarnya telah lama direncanakan oleh rektor, namun oleh karena kesibukannya, maka barulah hari senin itu dapat terlaksana. Pada awal acara, Rektor meminta daftar hadir dan membaca nama yang hadir dan terjalin komunikasi dua arah. Selanjutnya beliau memulai presentasi dengan menampilkan tampilan utama dalam bentuk powerpoint .
Standar, peringkat dan daya saing menjadi judul pembicaraan Rektor. Untuk memenuhi standar, meningkat peringkat  dan meningkatkan daya saing UIN SUSKA RIAU, Rektor membungkusnya  dengan inti pembicaraan mengenai akreditasi Perguruan Tinggi. Berikut cuplikan video rapat tersebut :

https://youtu.be/_RLQYXQwyxg

Dalam penjelasan beliau, ditampilkan gambar yang selanjutnya menjadi perbincangan utama. Gambar yang terpampang sebagai judul tulisan ini.  Beliau menjelaskan bahwa akreditasi Perguruan Tinggi dengan golongan  C berarti mahasiswa yang dihasilkan memiliki daya saing lokal saja. Secara berseloroh beliau menyebutkan bahwa mahasiswa yang dihasilkan oleh perguruan tinggi yang terakreditasi C hanya dapat diterima bekerja sekitar kampus saja. Lebih kurang radius 200 M sd 300 M dari kampus yang bersangkutan. Jika ada lowongan kerja di kamtor camat, desa atau RT di radius 200 M sd 300 M disekitar kampus, mungkin mahasiswa dari kampus itu dapat diterima. Itupun karena segan Camat atau Lurah terhadap Rektor Perguruan tinggi tersebut. Jika bersaing ditingkat  nasional dan penerimaan ASN atau PNS tentulah tidak akan dapat bersaing, oleh karena golongan akreditasi perguruan tinggi itu hanya C.

Akreditasi Perguruan Tinggi dengan golongan  B yang bermakna baik. Akreditasi B juga bermakna  standar, peringkat dan daya saing tamatan yang dihasilkan berada pada level nasional. Dan inilah akreditasi UIN SUSKA RIAU pada saat ini. Namun Rektor belum berpuas hati, beliau mencanangkan Akreditasi A untuk setiap Prodi, dan akreditasi A institusi.

Akreditasi  Perguruan Tinggi dengan golongan A  yang bermakna unggul. Akreditasi A berarti standar, peringkat dan daya saing almni  yang dihasilkan pada level internasional. Sehingga memiliki daya saing  yang unggul. Dengan demikian alumni yang dihasilkan akan dapat bersaing untuk mendapatkan pekerjaan baik sebagai ASN / PNS maupun memasuki dunia kerja swasta. Bahkan tamatan yang dihasilkan  oleh perguruan tinggi dengan akreditasi A, diharapkan mampu memciptakan lapangan pekerjaan baru bagi Nusa Bangsa.

Tenaga kependidikan mesti memberikan kontribusi  dalam mencapai  akreditasi  A yang dicanangkan Rektor. Karena beliau faham betul bahwa proses itu  tidak akan berjalan baik tanpa kontribusi tenaga kependidikan. Data yang dibutuhkan hendaklah dapat disediakan dengan cepat dan akurat. Data itu hendaklah seragam, sehingga dibutuhkan data yang dapat dipertanggung jawabkan.

About khaidir alimin

Check Also

WhatsApp Image 2018-10-31 at 15.54.04

Rektor UIN SUSKA RIAU didaulat menjadi ketua tim seleksi calon anggota komisi Pemilihan umum Provinsi Riau tahun 2018

           Pemilu sudah di depan mata, Pemilu 2019 sebagai puncak pesta demokrasi …