Home / Berita Utama / Wr 3 selaku kuasa rektor mengajak Dosen dan Tendik UIN SUSKA RIAU untuk “Hijrah”
promadi

Wr 3 selaku kuasa rektor mengajak Dosen dan Tendik UIN SUSKA RIAU untuk “Hijrah”

uin-suska.ac.id           Peristiwa  hijrah (bahasa Arab: هِجْرَة) adalah perpindahan / migrasi  Nabi Muhammad dan pengikutnya dari kota Mekkah ke kota Madinah yang terjadi pada bulan Juni tahun 622 Masehi. Peristiwa inilah yang menjadi dasar penanggalan hijriah. Kalender hijriyah secara resmi dimulai pada zaman Khalifah Arrasyidin kedua yaitu Umar bin Khattab.  Peristiwa Hijrah disebut dalam surah At Taubah ayat 20 sebagaiamana berikut :

WhatsApp Image 2018-09-10 at 10.24.17

Makna Hijrah  dibedakan menjadi empat  yakni :

  1. Hijrah i’tiqadiyah (hijrah keyakinan), ketika seseorang meningkatkan keimanannya dan menghindari diri dari kemusyrikan.
  2. Hijrah fikriyah (hijrah pemikiran), ketika seseorang berusaha untuk menyesuaikan pemikirannya sesuai dengan ajaran Allah yang terdapat dalam Al Qur’an dan Hadits.
  3. Hijrah syu’uriyyah (hijrah dalam penampilan) adalah berubahnya seseorang yang dapat dilihat dari penampilannya, seperti gaya berbusana dan kebiasaannya dalam kehidupan sehari-hari. Hijrah ini biasa dilakukan untuk menghindari budaya yang jauh dari nilai Islam, seperti cara berpakaian, hiasan wajah, rumah, dan lainnya.
  4. Hijrah sulukiyyah   (hijrah tingkah laku atau kepribadian). Hijrah ini digambarkan dengan tekad untuk mengubah kebiasaan hidup dan tingkah laku buruk menjadi lebih baik.

Hijrah yang ke-4 inilah yang kiranya menjadi point dalam sambutan wr 3 selaku kuasa Rektor dalam acara briefing hari senin tanggal  10 September 2018.  Selengkapnya sambutan WR 3 dapat dilihat pada video berikut :

https://youtu.be/jzFcKIA5Rmw

Dari sambutan wr 3 tersebut dapat disimpulkan :

  1. Berdasarkan tahun hijriah, Peristiwa Hijrah Nabi Muhammad saw terjadi 1439 tahun yang lalu
  2. Mengajak semua kalangan di UIN SUSKA Riau untuk berhijrah     (hijrah sulukiyyah, red)
    • Hijrah yang dimaksud adalah hijrah sulukiyah (hijrah perlaku) dari cara-cara lama yang barang kali ada yang kurang baik kepada yang lebih baik. Rektor, wr, Dekan, Prodi, Kajur, semuanya pada umumnya baru. Oleh sebab itu sesuaikan diri dengan cara baru. Rektor berulang-ulang kali menyebutkan visi untuk mencapai akreditasi unggul (A) baik prodi maupun institusi, maka hijrahlah dengan mempersiapkan seluruh kemampuan yang ada untuk menyesuaikan diri dengan visi itu.
    • Poto dan cetak lalu diletakkan pada tempat yang mudah dilihat, agar tertanam visi rektor yang telah menjadi visi UIN SUSKA RIAU
    • Jadikan acuan akreditasi A sebagai panduan dalam bekerja. Bagaimana cara kerja yang mendukung A saja yang diikuti
    • Berkaca pada diri sendiri, apakah saya telah profesional  atau belum ?
    • Masing-masing unit hendaklah melakukan briefing sendiri, misalnya hari jum’at untuk mengevaluasi kerja dan menyusun kerja mingguan.

About khaidir alimin

Check Also

WhatsApp Image 2018-12-18 at 10.23.37

MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI MENGADAKAN SONGKET ART FESTIVAL

uin-suska.ac.id             Sanggar songket berulang tahun yang ke-4, Mahasiswa ilmu komunikasi …