Home / Berita Utama / Rektor UIN SUSKA RIAU didaulat menjadi ketua tim Task Force akreditasi PTKIN dan percepatan pembentukan LAM PTKN
IMG_20180917_201149

Rektor UIN SUSKA RIAU didaulat menjadi ketua tim Task Force akreditasi PTKIN dan percepatan pembentukan LAM PTKN

uin-suska.ac.id      Forum Rektor PTKIN  Indonesia merupakan lembaga normative dan wadah komunikasi serta pertukaran ide, gagasan, dan strategi antar pimpinan perguruan tinggi keagamaan  se-Indonesia yang mampu memberikan alternatif solusi dan saran strategis kepada pemerintah dan masyarakat terkait dengan perkembangan, regulasi, dan peningkatan pendidikan tinggi keagamaan  di Indonesia.

Di Palu, tepatnya di Hotel Mercure, telah terjadi dua kali pertemuan Forum Rektor PTKIN. Pertama pada senin malam tanggal 17 September 2018  dan pertemuan dengan Mentri Agama pada pertemuan pada 18 September 2018 di tempat yang sama.  Pada saat pertemuan pertama itu, Rektor UIN SUSKA RIAU diminta pendapatnya mengenai akreditasi dan reakreditasi PTKIN seluruh idonesia.

Pada kesempatan itu, Rektor membuka dengan data bahwa :

  1. Anggaran sangat terbatas dalam hal pendanaan akreditasi AIPT  dan Program Studi pada BAN PT  sehingga akreditasi di PTKIN mengalami kendala. Menurut data yang ada, terdapat 11 AIPT dan  248 Prodi telah mengusulkan reakreditasi, namun belum dapat dilaksanakan. Data ini sejak 28 Agustus  2018.
  2. Jumlah tersebut menjadi bertambah oleh karena diberlakukannya standar baru akreditasi AIPT  dan Prodi pada tahun 2019
  3. Banyak PT dan Prodi yang masa berlaku akreditasinya telah habis, namun masih menemui kendala dalam melakukan reakreditasi. Oleh sebab itu, masalah baru muncul karena tidak bisa mengeluarkan ijazah untuk mahasiswa yang telah menyelesaikan studi.

Pada akhir pertemuan, Rektor UIN SUSKA RIAU diusulkan menjadi ketua tim task force akreditasi PTKIN dan percepatan pembentukan Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM) PTKIN. Hasil rekomendasi itu pada kesempatan pertemuan Farum Rektor pada tanggal 18 September 2018 Mentri agama mengabulkan rekomendasi Farum Rektor PTKIN tersebut.

Semoga Rektor UIN SUSKA RIAU dapat memberikan kontribusinya untuk kemajuan PTKIN se-Indonesia.

About khaidir alimin

Check Also

WhatsApp Image 2018-12-18 at 10.23.37

MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI MENGADAKAN SONGKET ART FESTIVAL

uin-suska.ac.id             Sanggar songket berulang tahun yang ke-4, Mahasiswa ilmu komunikasi …