Home / Berita Utama / Mentri agama mengajak Pimpinan PTKIN dan jajaran untuk Hijrah
jembatan mentri

Mentri agama mengajak Pimpinan PTKIN dan jajaran untuk Hijrah

uin-suska.ac.id       Hijrah (bahasa Arab: هِجْرَة) adalah perpindahan/migrasi dari Nabi Muhammad dan pengikutnya dari kota Mekkah ke kota Madinah pada bulan Juni tahun 622. Nabi Muhammad  dan pengikutnya berhijrah ke Yasrib 320 kilometer (200 mi) utara Mekkah. Yasrib kemudian berubah nama menjadi Madinat an-Nabi, yang berarti “kota Nabi”, tetapi kata an-Nabi menghilang, dan hanya disebut madinah.

Dalam acara pembukaan AICIS mentri agama  membuka dan berpidato yang sangat berkesan.  Dalam Pembukaan AICIS dihadiri petinggi kemenag, termasuk pimpinan PTKIN. Rektor UIN SUSKA RIAU (Prof Dr KH Ahmad Mujahidin S.Ag., M.Ag) hadir dalam acara pembukaan AICIS yang bertempat hotel Mercure Palu. Beliau tidak terlihat kaku dalam acara itu, banyak teman-temannya yang menyapa dan berbincang. Ketika Mentri Agama membuka dan menyampaikan pidatonya, Rektor UIN SUSKA RIAU menyimak dengan seksama.

Dalam momentum tahun baru hijriah, dan penyelenggaraan AICIS ke-18 di Palu Sulawesi tengah, Mentri agama (Lukman Hakim Saifuddin) dalam kesempatan pembukaan AICIS mengajak pimpinan PTKIN dan jajarannya untuk melakukan hijrah. Berpindah dari cara-cara lama yang barangkali belum baik, kepada cara-cara baru yang lebih produktif dan berkualitas.  Dari kutipan pidatonya pesan hijrah mentri agama sbb :

  1. Dalam beberapa tahun terahir, sejumlah perguruan tinggi keagamaan Islam mengalami penguatan struktural yang cukup signifikan. Sekolah tinggi berubah menjadi institut, dan sejumlah institut bermetamorfosis menjadi UIN yang ada di Indonesia saat ini.  Tranformasi dari STAIN menjadi IAIN, lalu IAIN menjadi UIN, tidak hanya difahami sebagai peningkatan anggaran semata, tapi lebih dari itu yakni Hijrah.
  2. Alih status yang telah dibahas diawal diharapkan mentri agama hakekatnya adalah hijrah. Hijrah perguruan tinggi Islam, semula hanya menjadi lembaga dakwah ilmu-ilmu agama, menjadi  institusi yang memiliki peran tradisi riset yang baik, dan mampu mengintegrasikan ilmu-ilmu  keislaman dengan sains dan teknologi serta menjadi rumah yang nyaman bagi Dosen dan peniliti untuk menghasilkan temuan-temuan yang berkualitas, sehingga dapat memberikan kontribusi ilmu pengetahauan global.
  3. Mentri menegaskan, bagi para pimpinan kampus, khususnya UIN tugas bertambah lagi karena dibidang sains, Pimpinan kampus diharapkan mampu merumuskan riset unggulan yang bermutu dan berkesinambungan. Sehingga Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam mampu bersaing tidak hanya dalam bidang ilmuan keislaman saja.
  4. Farum AICIS ini hendaknya digunakan oleh segenap akademika PTKIN untuk belajar dari sarjana terkemuka yang berasal dari negara sahabat dan negara lain, tentang bagaimana melakukan riset yang baik, dan bagaimana hasil riset itu dapat dipublikasikan dengan baik pula.
  5. Mentri juga mengajak para Dosen, para peneliti,   hendaknya mampu membuktikan bahwa kita (Dosen dan Peneliti PTKIN) bukan semata peneliti yang jago kandang, penelitian kita bukan sekedar untuk memenuhi kuota hibah riset dari KEMENAG  belaka. Buku yang dihasilkan oleh Dosen dan Peneliti itu juga dapat diterbitkan penerbit luar negeri. Dan artikel yang dihasilkan tidak hanya tersimpan di rak-rak pribadi, tapi juga terbit di jurnal-jurnal berepotasi nasional dan internasional.
  6. Untuk menciptakan budaya riset tersebut mentri agama meminta agar Dirjen Pendidikan Islam, Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam khususnya dan seluruh pimpinan PTKIN dan swasta untuk memfasilitasi tersedianya  referensi dan bacaan yang lengkap  yang bahkan diharapkan  terintegrasi, sehingga antar kampus besar dan belum besar dapat saling meminjam dan berbagi.

Pesan hijrah di acara pembukaan AICIS ke-18 di Palu menjadi pendorong dan penyemangat untuk berbuat lebih baik lagi. Terutama bagi peneliti agar meningkatkan kualitas penelitian yang berstandar internasional.

 

 

IMG_20180918_084909

IMG_20180918_084937

IMG_20180918_084956

 

IMG_20180918_085039

IMG_20180918_085054

 

 

About khaidir alimin

Check Also

WhatsApp Image 2018-10-23 at 01.43.06

FGD Percepatan akreditasi prodi UIN SUSKA RIAU : Kelompok 1

UIN-SUSKA.AC.ID       Visi Rektor yang menjadi visi UIN SUSKA RIAU yakni   Menjadikan Universitas Islam Negeri …