Home / Berita Utama / Rektor IAIN Palu, Prof Dr H Sagaf Pettalongi MPd secara resmi menutup   AICIS ke-18 tahun 2018 di Palu
IMG_20180919_180122[1]

Rektor IAIN Palu, Prof Dr H Sagaf Pettalongi MPd secara resmi menutup   AICIS ke-18 tahun 2018 di Palu

uin-suska.ac.id      The 18th Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS) 2018 yang diselenggarakan di Palu, Sulawei Tengah dengan tuan rumah IAIN Palu secara resmi ditutup.  Dalam acara penutupan itu, Rektor IAIN Palu, Prof Dr H Sagaf Pettalongi MPd secara resmi menutup  rangkaia acara AICIS ke-18 tahun 2018.

Dalam pidatonya, Prof Dr H Sagaf Pettalongi MPd menyampaikan 2 point penting yang kiranya menjadi catatan penting dalam pelaksanaan AICIS  dimasa mendatang.

  1. Peserta AICIS yang akan datang, sebaiknya merangkul tidak hanya kalangan akademisi, tetapi juga merangkul pihak  lain  selain akademisi kampus. Pemahaman yang di AICIS mengenai toleransi, kemajemukan, anti radikalisme, anti terorisme sebaiknya juga disebarkan kepada masyarakat luas. Seniman dan budayawan serta  pihak-pihak lain yang bukan akademisi kampus, diusulkannya untuk diikut sertakan dalam pegelaran AICIS berikutnya. Sehingga nilai-nilai yang sedang disuarakan AICIS dapat lebih membumi, tidak hanya dikalangan kampus, tetapi sampai kepada masyarakat luas.
  2. Paper yang  dipresentasikan dalam AICIS kali ini kurang lebih ada 360 makalah dari 1.500 yang masuk. Itu setelah melalui seleksi yang ketat dari panitia dan steering comittee. Rektor IAIN Palu mengusulkan AICIS sebaiknya terhubung dengan publikasi internasional. Scopus menjadi salah satu contoh yang disebutkan Rektor itu. Sehingga diharapkan untuk AICIS yang akan datang tidak lagi menggantungkan pendanaan dari pemerintah semata, tapi dapat dibantu dengan biaya yang didapat dari publikasi internasional. Dengan demikian tidak hanya pembiayaan yang didapat dari cara  terhubung dengan jurnal internasional itu, tapi juga pihak jurnal internasional dapat menjadi pihak yang menyeleksi tulisan yang hasilkan para ahli di berbagai perguruan tinggi baik nasional maupun internasional.

AICIS dari hari ke hari dibenahi, usulan yang disampaikan semuanya memberikan harapan agar AICIS semakin berkualitas penyelenggaraannya, berkualitas pula pemakalahnya, berkualitas pula penyebaran apa yang didiskusikan dalam AICIS kepada masyarakat.

 

IMG_20180919_175022[1]

IMG_20180919_175030[1]

 

About khaidir alimin

Check Also

WhatsApp Image 2018-12-18 at 10.23.37

MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI MENGADAKAN SONGKET ART FESTIVAL

uin-suska.ac.id             Sanggar songket berulang tahun yang ke-4, Mahasiswa ilmu komunikasi …