Home / Berita Utama / LPPM UIN SUSKA RIAU memamerkan Jurnal dan hasil penelitian Dosen dan peneliti di AICIS KE-18 Palu
WhatsApp Image 2018-09-20 at 18.57.26

LPPM UIN SUSKA RIAU memamerkan Jurnal dan hasil penelitian Dosen dan peneliti di AICIS KE-18 Palu

uin-suska.ac.id       Dalam kesempatan pegelaran AICIS Ke-18 di Palu Sulawesi Tengah, bertempat di salah satu lapangan di IAIN Palu, diadakan pameran pendidikan. Pada saat itu, UIN SUSKA RIAU yang diwakili oleh Lembaga Penelitan dan Pengabdian Masyarakat  (LPPM) memamerkan hasil penelitian Dosen dan Peneliti. Selain itu juga dipamerkan pula jurnal yang ada di UIN SUSKA RIAU termasuk yang ada di 8 fakultas yang ada di UIN SUSKA RIAU

Hasil penelitian Dosen dan Peneliti di lingkungan UIN SUSKA RIAU, sangat banyak. Untuk mencapai tujuan agar penelitian itu bermanfaat bagi masyarakat luas, maka hasil penelitian itu dijadikan buku yang dapat dibeli oleh kalangan mahasiswa, baik di kalangan UIN SUSKA RIAU sendiri, maupun oleh masyarakat luas, termasuk sivitas akademika selain UIN SUSKA RIAU.

Sebagaimana fenomena penelitian pada umumnya, hasil penelitian tidak selayaknya hanya  menjadi koleksi pribadi dan menghiasi koleksi pribadi peneliti itu sendiri. Ataupun  hanya menjadi local content belaka  di Perpustakaan dan LPPM di kalangan universitas tempat Dosen itu mengajar saja, tapi diharapkan menjaadi bacaan dan bermanfaat bagi masyarakat, sebagaimana yang disampaikan Mentri Agama pada saat pembukaan AICIS ke-18

Membangun jurnal tidaklah mudah. Jurnal adalah karya tulis yang ilmiah yang berbeda dengan karya tulis lain seperti majalah.  jurnal ditulis dengan orientasi akademik untuk kalangan ”masyarakat ilmiah”. Perlu ditegaskan sekali lagi di sini bahwa jurnal adalah publikasi ilmiah berupa kumpulan artikel, bukan artikel atau paper tunggal belaka. Dari segi pemakai, jurnal berbeda dengan majalah, dimana majalah  ditulis dengan tujuan komersil untuk kalangan populer atau masyarakat umum.

Sebuah Jurnal minimal memiliki  :

  1. Editor
  2. Redaktur pelaksana
  3. Reviewer
  4. Penulis
  5. Layout

Membaca jurnal dan hasil penelitian yang dipamerkan LPPM UIN SUSKA RIAU menjadi daya tarik tersendiri , hal ini terlihat menarik pengunjung terutama mahasiswa dan Dosen yang datang ke stand pameran LPPM UIN SUSKA RIAU. Akademisi nampak membanding-bandingkan hasil penelitian Dosen dan Peneliti UIN SUSKA RIAU dengan penelitian lainnya yang juga di pamerkan di tempat lain.

Jumlah kunjungan terbesar di stand  LPPM UIN SUSKA RIAU, yakni mahasiswa tingkat akhir yang sedang menulis skripsi, tesis dan disertasi. Mereka berupaya mencari bacaan yang menjadi penambah informasi yang akan mereka tulis dalam tulisan ilmiah, baik untuk skripsi, tesis dan disertasi, maupun untuk menyusun tulisan ilmiah bagi Dosen dan Peneliti.

Ada juga pengunjung stand LPPM UIN SUSKA RIAU itu dari kalangan murid SD. Barangkali siswa-siswa tersebut terkejut dan memiliki rasa ingin tahu apa yang terjadi, karena untuk memahami isi penelitian dan artikel ilmiah yang ada dalam jurnal-jurnal tersebut bukanlah konsumsi siswa SD. Tapi mereka enjoy saja membuka-buka buku dan jurnal yang dipamerkan LPPM tersebut

Semoga dengan adanya pameran ini, makin memberikan semangat bagi Dosen dan Peneliti untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas tulisannya. Karena jumlah tulisan ilmiah yang masuk ke jurnal terakreditasi menjadi penting karena untuk memperoleh hak sertifikasi tertentu. Kualitas dan kuantitas tulisan juga untuk menambah angka kredit untuk kenaikan pangkat.  Selain itu, yang penting sekali yakni hasil tulisan baik berupa penelitian dan artikel di jurnal, dibaca dan diperhatikan oleh banyak pihak.

 

WhatsApp Image 2018-09-20 at 18.55.14

 

WhatsApp Image 2018-09-20 at 18.58.34

WhatsApp Image 2018-09-20 at 18.57.59

WhatsApp Image 2018-09-20 at 18.56.37

WhatsApp Image 2018-09-20 at 18.55.27

WhatsApp Image 2018-09-20 at 18.55.14

 

About khaidir alimin

Check Also

WhatsApp Image 2018-10-23 at 01.43.06

FGD Percepatan akreditasi prodi UIN SUSKA RIAU : Kelompok 1

UIN-SUSKA.AC.ID       Visi Rektor yang menjadi visi UIN SUSKA RIAU yakni   Menjadikan Universitas Islam Negeri …