Home / Berita Utama / Panita mengundang Dirjen Pendis Prof. Dr. Phil Kamaruddin Amin, M.A. pada FGD Percepatan akreditasi prodi UIN SUSKA RIAU
IMG_6863

Panita mengundang Dirjen Pendis Prof. Dr. Phil Kamaruddin Amin, M.A. pada FGD Percepatan akreditasi prodi UIN SUSKA RIAU

UIN-SUSKA.AC.ID          Akreditasi A (unggul) menjadi topik utama di kalangan warga UIN SUSKA RIAU. Bagaimana strategi mencapai visi itu, dan bagaiamana kemungkinan untuk meraihnya ? Rektor UIN SUSKA RIAU menjawabnya tidak hanya dengan lisan, tapi juga dengan tindakan yang maksimal. Dengan memimpin baru 3 bulan, beliau telah menunjukkan keseriusan untuk mencapai visi akreditasi institusi dan prodi.

Pada kegiatan FGD percepatan akreditasi Prodi UIN SUSKA RIAU, panitia atas perintah Rektor menghadirkan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (disingkat Dirjen Pendis) dipimpin oleh seorang direktur jenderal yang saat ini dijabat oleh Prof. Dr. Phil Kamaruddin Amin, M.A.

Dalam sambutannya, beliau menegaskan lebih baik sebuah universitas yang bekum  terakreditasi tetapi menghasilkan lulusan yang mumpuni, dari pada universitas yang terakreditasi tetapi lulusan yang dihasilkan tidak berkualitas. Tetapi yang terbaik yakni sebuah universitas yang terakreditasi unggul, menghasilkan lulusan yang unggul pula. Akreditasi merupakan salah satu usaha untuk menghasilkan lulusan yang baik dengan proses yang baik pula.

Beliau melanjutkan, di Luar negeri, seorang yang belajar studi agama, bahasa Arab merupakan keharusan, bagaimana dengan mahasiswa di UIN SUSKA RIAU ? Bahasa Inggris menjadi keharusan pula karena Orientalis banyak menulis tentang Islam yang kiranya dapat menjadi referensi dalam studi keislaman. Selain dua bahasa itu, masih ada 2 bahasa lagi yang menjadi keharusan dalam memahmi Islam, yakni bahasa Jerman dan Francis. Oleh karena kedua bahasa itu banyak ditemukan referensi studi keislaman. Bagaimana dengan alumni UIN SUSKA RIAU, bahkan bagaimana dengan kemampuan bahasa Dosen yang mengajar di sana ?

Dulu (tambah Ditjen Pendis) akses terhadap pendidikan menjadi prioritas utama, pada saat ini kualitas pendidikan merupkan prioritas utama. Dan oleh sebab itu Percepatan akreditasi yang di taja oleh UIN SUSKA RIAU memang sangat relevan dengan apa yang sedang diperjuangkan Ditjen Pendis yakni kualitas.

Dua orang pemimpin ini ternyata telah lama saling kenal, terlihat dari gestur mereka masing-masing.   Semoga rantai komando yang baik antara Menag, Ditjen Pendis dan UIN SUSKA RIAU dapat bersinergi menjadikan pendidikan menjadi lebih maju demi kemakmuran dan keadilan sosial bagi seluruh bangsa Indoneisa.

 

IMG_6857

  IMG_6859

IMG_6860

IMG_6864

IMG_6865

IMG_6866

IMG_6869

  IMG_6872

IMG_6873

  IMG_6876

IMG_6877

IMG_6879

IMG_6881

 

About khaidir alimin

Check Also

IMG_7967

Peringatan Hari Pahlawan di UIN SUSKA RIAU 10 November 2018

uin-suska.ac.id      Bung Karno : “ Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa-jasa …