Home / Berita Utama / FGD Percepatan akreditasi prodi UIN SUSKA RIAU : Pembicaraan di dalam lift
IMG_6903

FGD Percepatan akreditasi prodi UIN SUSKA RIAU : Pembicaraan di dalam lift

UIN-SUSKA.AC.ID Pembicaraan di dalam lift kadang membuang waktu mendengarkannya, tapi kadang sangat bermakna. Pagi ini hari kamis 25 Oktober 2018, di dalam lift hotel Swiss Belin Surabaya terjadi pembicaraan singkat yang strategis.

Dari lantai 15 hotel ini, kami beberapa orang sedang bergegas menuju loby untuk sarapan pagi. Teringat dengan pesan Rektor agar masuk ruangan “kuliah” tepat waktu jam 07.00. Pada salah satu lantai,pintu lift terbuka. Masuklah orang nomor satu di UIN SUSKA RIAU. Beliau memandang kesekeliling ruang lift, isinya keluarga UIN SUSKA RIAU. Dalam kesempatan yang singkat itu, beliau mengatakan ” kita yang ke-4, insa Allah kita yang ke-4″.Rektor diam kamipun diam. Kemudian pintu lift terbuka, pertanda sudah sampai di loby tempat sarapan, beliau berlalu. Tinggal kami (humas) yang kurang faham. Bingung dengan ucapan Rektor “kita yang ke-empat”, kami (humas) bertekad mencoba menggali pernyataan Rektor itu di ruang sarapan pagi ini.

Ketika petugas hotel yang cantik bertanya, saya secara spontan menjawab “Insa allah yang ke-empat”, Ternyata yang ditanyakan tidak sesuai dengan jawaban. Yang ditanyakan petugas hotel itu yakni “dari kamar berapa Pak “?

Di ruang sarapan, kami (humas) kembali menggali pernyataan Rektor itu kepadanya langsung. Beliau menjelaskan bahwa UIN di Indonesia itu belasan, tetapi yang telah terakreditasi A (unggul) untuk institusi (AIPT) baru 3 UIN.
1. UIN Jakarta
2. UIN Malang
3. UIN Jogja
Insa Allah kita yang ke-empat, dengan izin Allah, kitalah yang ke-empat itu, tegasnya. Kita (UIN SUSKA RIAU) akan all out untuk akreditasi institusi. Apa yang kita kerjakan dalam beberapa waktu belakangan ini, telah pada jalurnya. Termasuk apa yang kita kerjakan minggu ini (FGD Percepatan Akreditasi Prodi UIN SUSKA RIAU)

Akreditasi penting untuk menetapkan posisi sebuah lembaga institusi perguruan tinggi atau program studi dalam tataran kompetisi pengelolan dengan institusi perguruan tinggi dan program studi lain serta merupakan tolok ukur bagi lembaga pengguna produk program perguruan tinggi untuk memastikan lulusan tersebut layak karena dihasilkan dari proses pengelolaan yang terkawal dengan baik. Hasil kerja keras yang menghasilkan akreditasi A AIPT dapat dimanfaatkan sebagai dasar pertimbangan dalam Pengucuran dana untuk perguruan tinggi yang bersangkutan, pemberian bantuan dan alokasi dana dalam dan luar negeri, serta pengakuan dari badan atau instansi lain

Melalui akreditasi, pemerintah bisa lebih mudah menjamin mutu UIN SUSKA RIAU dan tenaga kerja yang lulus dari UIN SUSKA RIAU yang sudah terakreditasi. Selain itu pemerintah bisa mendapatkan informasi mengenai UIN SUSKA RIAU untuk menentukan beasiswa atau hibah yang akan diberikan bagi UIN SUSKA RIAU dan mahasiswanya.

Saat ini masyarakat Indonesia yang berada di rentang usia 18-35 tahun sedang gencar-gencarnya mencari informasi mengenai lowongan kerja cpns 2018. Salah satu syarat yang dikeluarkan dari berbagai info online yaitu melampirkan “surat keterangan akreditasi dari BAN-PT”.

About khaidir alimin

Check Also

IMG_7967

Peringatan Hari Pahlawan di UIN SUSKA RIAU 10 November 2018

uin-suska.ac.id      Bung Karno : “ Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa-jasa …