Home / Berita Utama / Diskusi Implementasi Remunerasi UIN Sultan Syarif Kasim Riau : Mencari Formula Penerapan Remunerasi yang Aman Sesuai Aturan
remun bok

Diskusi Implementasi Remunerasi UIN Sultan Syarif Kasim Riau : Mencari Formula Penerapan Remunerasi yang Aman Sesuai Aturan

uin-suska.ac.id — Dalam upaya Penyamaan persepsi antara Rektor dengan jajaran pimpinan Universitas dan Fakultas mengenai kebijakan remunerasi di lingkungan UIN Sultan Syarif Kasim (UIN Suska) Riau, Selasa (6/11) pagi dilaksanakanlah diskusi mengenai Implementasi Remunerasi UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Hal ini dilakukan agar implementasi remunerasi di lingkungan UIN Suska Riau di tahun-tahun mendatang dapat berjalan lancar dan setiap posisi jabatan mendapatkan tunjangan sesuai kinerja.

Pembahasan mengenai implementasi remunerasi ini menghadirkan Ketua SPI UIN Syarif Hidayatullah (Syahid) Jakarta, Dr. Achmad Tjachja Nugraha, PIA. UIN Syarif Hidayatullah merupakan satker BLU (Badan Layanan Umum) yang sudah menerapkan remunerasi sejak tahun 2013 secara bertahap dan dinilai berhasil di dalam penerapan remunerasi

Penerapan Remunerasi di UIN Suska Riau dimulai sejak September 2017. Dari awal pembayaran hingga saat ini sering menimbulkan riak di lingkungan warga kampus, selalu ada protes yang disampaikan secara langsung maupun tidak langsung.

“Sebagai Rektor, saya berusaha keras agar permasalahan ini bisa segera diatasi, kita berusaha mencari solusi terkait besaran prosentase remun. Bila sudah clear akan kita sampaikan kepada Kajur, Sekjur, Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan”, ujar Rektor UIN Suska, Prof. Dr. Akhmad Mujahidin, S. Ag., M. Ag.

Dalam acara yang dihadiri Wakil Rektor II, Ketua Senat, Ketua SPI dan para Dekan di lingkungan UIN Suska Riau ini dibedah Peraturan Rektor No. 1 Tahun 2017 tentang Pedoman Implementasi Remunerasi Pejabat Pengelola, Dewan Pengawas dan Pegawai Badan Layanan Umum UIN Suska Riau yang dibiayai dari Penerimaan Negara Bukan Pajak yang mengacu kepada Keputusan Menteri Keuangan (KMK) Nomor 630/KMK.05/2017 tentang penetapan remunerasi Bagi Pejabat Pengelola, Dewan Pengawas dan Pegawai Badan Layanan Umum Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau pada Kementerian Agama.

Remunerasi  yang dikeluarkan oleh Kementerian Keuangan kepada masing-masing BLU itu berbeda-beda karena terkait dengan kemampuan keuangan, bobot kerja, dan beban kerja. Jadi tidak bisa membandingkan implementasi remunerasi di satu universitas dengan universitas yang lain.

Menurut Ketua SPI UIN Syahid Jakarta, Ahmad Cahaya, saat ini yang menjadi titik masalah di UIN Suska Riau adalah bagaimana kita bisa menilai kinerja dengan baik dan menyesuaikannya dengan aturan yang ada agar tidak timbul lagi saling hujat.

Penulis: Khalidah Aini

Dokumentasi: Humas UIN Suska

About surya elhadi

Check Also

IMG_7967

Peringatan Hari Pahlawan di UIN SUSKA RIAU 10 November 2018

uin-suska.ac.id      Bung Karno : “ Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa-jasa …