Home / Berita Utama / Sisi religius Kapolda Riau dan jajarannya di UIN SUSKA RIAU
IMG_8121

Sisi religius Kapolda Riau dan jajarannya di UIN SUSKA RIAU

UIN-SUSKA.AC.ID        Kecerdasan itu banyak sisi, tidak hanya kecerdasan Intelektual semata, tetapi ada juga kecerdasar spiritual dan kecerdasan lainnya. Kecerdasan spiritual  (bahasa Inggris: spiritual quotient, disingkat SQ) adalah kecerdasan jiwa yang membantu seseorang untuk mengembangkan dirinya secara utuh melalui penciptanya yang memungkinkan  untuk menerapkan nilai-nilai positif dalam kehidupannya. Kecerdasan ini sangat membantu seseorang dalam mengatasi permasalahan dalam dirinya baik yang bersumber dari diri sendiri maupun dari luar dirinya. Kecerdasan ini juga memperkuat jati diri individu dalam mencapai tujuan yang akan diraih.

Dalam agama Islam, kecerdasan spiritual juga dapat diperoleh dari sholat, apalagi sholat  berjama’ah.  Shalat ([sαlat’] bahasa Arab: صلاة; transliterasi: alāt; variasi ejaan: shalat, solat, sholat) merujuk kepada ibadah pemeluk agama Islam. Menurut syariat Islam, praktik salat harus sesuai dengan segala petunjuk tata cara Nabi Muhammad sebagai figur pengejawantah perintah Allah. Umat muslim diperintahkan untuk mendirikan salat karena menurut Surah Al-‘Ankabut dapat mencegah perbuatan keji dan mungkar.

Pada kesempatan menghadiri undangan Rektor UIN SUSKA RIAU untuk bersilaturrahim dan sekaligus menghadiri acara Maulid Nabi Muhammad saw, Kapolda sempat tertangkap kamera sedang sholat berjama’ah di ruang Rektor UIN SUSKA RIAU. Dalam kesibukan sehari-hari ternyata Kapolda memiliki sisi religius yang cukup tinggi. Beliau juga memerintahkan rombongannya untuk sholat ditempat yang memungkinkan.

Rupanya pengaruh lingkungan berdampak dalam diri seseorang. UIN SUSKA RIAU memang kampus madani, kampus yang mengajarkan mahasiswa untuk membina hubungan baik sesama manusia, membina hubungan baik kepada Allah dan membina hubungan baik dengan alam sekitar. Acara yang akan dihadiri Kapolda dan jajarannya juga berhubungan dengan agama Islam yakni memperingati kelahiran Nabi Muhammad saw. Suasana itu yang mungkin menambah sisi sisi religius Kapolda dan jajarannya saat itu. Namun kita berharap kecerdasan itu akan melekat selamanya pada diri Kapolda dan jajarannya, sehingga nahi dan mungkar dapat diatasi dengan segera, amin

 

IMG_8118 IMG_8119

IMG_8167 IMG_8168IMG_8135 IMG_8136 IMG_8137 IMG_8138 IMG_8142 IMG_8145 IMG_8146 IMG_8147 IMG_8148 IMG_8149 IMG_8150

About khaidir alimin

Check Also

Ahmad Supardi 2

Profil Dr. H. Ahmad Supardi, MA, Kepala Biro Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan (AUPK) UIN Sultan Syarif Kasim Riau

  uin-suska.ac.id      Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin melantik sejumlah pejabat eselon II …