Home / Berita Utama / Tanoto Fondation dan Fak. Tarbiyah dan Keguruan bekerjasama melatih Guru-guru sekolah mitra LPTK
WhatsApp Image 2018-11-17 at 11.05.39 (1)

Tanoto Fondation dan Fak. Tarbiyah dan Keguruan bekerjasama melatih Guru-guru sekolah mitra LPTK

UIN-SUSKA.AC.ID           Tanoto Fondation merupakan sebuah NGO yang bergerak dalam bidang penanggulangan kemiskinan.   Dalam web Resmi  Tanoto fondation  yakni https://www.tanotofoundation.org/id/vision-mission-id/     dijelaskan bahwa  Tanoto fondation, melakukan kegiatan real untuk menaggulangi kemiskinan di Indonesia, bahkan di dunia. yakni melalui  3 kekgiatan utama yakni :

  1. Education (pendidikan)
  2. Empowerment (pemberdayaan)
  3. Enhancement (peningkatan)

Dengan lebih jelasnya visi Tanoto Fondation yakni :  Menjadi pusat unggulan dalam penanggulangan kemiskinan melalui pendidikan, pemberdayaan, dan peningkatan kualitas hidup.  Fakultas Tarbiay dan  Keguruan yang berkepentingan dalam peningkatan kualitas pendidikan, pemberdayaan sumber daya manusia  sangat tepat  berdampingan dengan Tanoto Fondation dalam penanggulangan kemiskinan melalui pendidikan.

Kemiskinan di Indonesia merupakan masalah yang besar meskipun dalam beberapa tahun terakhir angka resmi menunjukkan tren yang menurun sedikit demi sedikit. Dikarenakan daerah pedesaan yang padat di Jawa, Bali, Lombok, dan sebagian Sumatera, kemiskinan dapat diklasifikasikan ke dalam kemiskinan pedesaan dan perkotaan. Kemiskinan perkotaan lazim tidak hanya di Jabodetabek, tetapi juga di Medan dan Surabaya.  Papua memiliki masalah kemiskinan yang serius tersendiri karena isolasi ekonomi, budaya, bahasa dan fisik yang membedakannya dari wilayah lain di Indonesia.

Tanoto mengembangkan kepentingan bisnisnya di luar Indonesia, kini, Tanoto Fondation  terlibat di Cina, Singapura, dan Amerika Serikat dengan semua program yang didorong oleh visi  yang sama : Menjadi pusat unggulan dalam penanggulangan kemiskinan melalui pendidikan, pemberdayaan, dan peningkatan kualitas hidup.

tanoto

Di Indonesia, khususnya di UIN SUSKA Riau, telah dilakukan penandatanganan MOU antara UIN SUSKA Riau dengan Tanoto Fondation. Tindak lanjutnya salah satunya yakni kegiatan  pada 17 sampai dengan 19 November 2018 dengan melakukan pelatihan untuk sekolah mitra LPTK (Lembaga Pendidik Tenaga Kependidikan). Pelatihan ini dilatih oleh  dosen yang sudah dilatih oleh Tanoto Foundation sebelumnya.   Peserta yang mengikuti pelatihan ini merupakan guru-guru sekolah mitra LPTK (Lembaga Pendidik Tenaga Kependidikan)  guru mata pelajaran IPA, IPS, Matematika, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris dengan jumlah 41 orang guru.

Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Bapak Dr. H. Muhammad Syaifuddin, S.Ag., M. Ag  mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan lanjutan dari kesepakatan awal yang sudah dibangun antara UIN SUSKA dan Tanoto Foundation.

Hadir juga dalam kegiatan ini bapak Deputy Provincial Coordinator Tanoto Foundation Riau, mengatakan bahwa, “Tanoto Foundation didirikan oleh Bapak Sukanto Tanoto dan Tinah Bingei Tanoto atas prinsip bahwa pendidikan berkualitas mempercepat terciptanya peluang dan pilihan, mengembangkan potensi, dan meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Kasi Pendidikan Agama Kantor Kementerian Agama Kota Pekanbaru, Drs H Dahlan Jamil MA yang juga membuka kegiatan ini menyambut baik pelatihan yang dilakukan Tanoto Foundation. “Saya sudah mengikuti berbagai kegiatan yang dilaksanakan oleh Tanoto Foundation. Hari ini saya sangat senang, ternyata usaha peningkatan mutu pendidikan juga dilaksanakan di lembaga pendidikan tinggi yaitu UIN Suska.

WhatsApp Image 2018-11-17 at 11.05.39 (1)

WhatsApp Image 2018-11-17 at 12.01.08

WhatsApp Image 2018-11-17 at 11.49.27

WhatsApp Image 2018-11-17 at 11.45.23

WhatsApp Image 2018-11-17 at 11.45.22

WhatsApp Image 2018-11-17 at 11.45.22 (2)

WhatsApp Image 2018-11-17 at 11.45.22 (1)

WhatsApp Image 2018-11-17 at 11.05.39

About khaidir alimin

Check Also

Ahmad Supardi 2

Profil Dr. H. Ahmad Supardi, MA, Kepala Biro Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan (AUPK) UIN Sultan Syarif Kasim Riau

  uin-suska.ac.id      Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin melantik sejumlah pejabat eselon II …