Home / Berita Utama / Bimtek Penyusunan Analisa Jabatan, Analisa Beban Kerja dan Informasi Faktor Jabatan: Penyesuaian Nomenklatur JFU menjadi Jabatan Pelaksana
workshop anjab kepegawaian 2

Bimtek Penyusunan Analisa Jabatan, Analisa Beban Kerja dan Informasi Faktor Jabatan: Penyesuaian Nomenklatur JFU menjadi Jabatan Pelaksana

uin-suska.ac.id     Keluarnya Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 12 tahun 2018 tentang “Nomenklatur Jabatan Pelaksana Bagi Pegawai Negeri Sipil pada Kementerian Agama” mengharuskan satuan kerja dibawah Kementerian Agama untuk menyesuaikan kembali Analisa Jabatan dan Analisa Beban Kerja berdasarkan faktor-faktor jabatan seperti ruang lingkup tugas, fungsi dan tanggung jawab sesuai dengan PMA tersebut.

Untuk mengkaji dan menganalisa peraturan ini, Bagian Organisasi, Kepegawaian dan Hukum (OKH) Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska) Riau menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) dengan tema “Penyusunan Analisa Jabatan, Analisa Beban Kerja dan Informasi Faktor Jabatan.” Bimtek yang dilaksanakan selama tiga hari di Royal Asnof Hotel ini diikuti oleh Kepala Sub Bagian (Kasubag) dan Operator di lingkungan UIN Suska Riau.

Terhitung setahun sejak peraturan ini dikeluarkan yakni tanggal 20 April 2018, Analisa JFU yang di pakai UIN Suska selama ini sudah tidak bisa digunakan lagi. “Paling lambat bulan April 2019 kita harus sudah memakai JFU yang baru untuk itu peraturan ini perlu segera kita kaji, cermati dan segera dilakukan analisis jabatan dengan mengundang narasumber yang berkompeten. Hasilnya nanti dapat kita ketahui, siapa melakukan apa, jabatannya apa beserta uraian tugasnya,” Ujar Kepala Bagian OKH UIN Suska Riau, Drs. H. Darul Khutni.

Acara yang dibuka oleh Kepala Biro Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan (AUPK), Dr. H. Ahmad Supardi, MA ini diisi oleh narasumber dari Biro Organisasi dan Tatalaksana Kementerian Agama dan Kepala Seksi Supervisi Kepegawaian Kanreg BKN Wilayah XII. Diakhir sambutannya, Kepala Biro AUPK berpesan kepada seluruh peserta Bimtek agar dapat mengikuti acara dengan baik dan tuntas. “Masa depan seluruh pegawai dan pejabat ada pada anda. Untuk itu ikutilah kegiatan dengan baik dan tuntas, pelajari semua aturan yang terkait agar kegiatan ini mendapatkan hasil sesuai dengan yang diharapkan.”

Adanya peraturan ini mengharuskan UIN Suska Riau melakukan penyesuaian/perubahan nomenklatur jabatan yaitu dari Jabatan Fungsional Umum menjadi Jabatan Pelaksana. Hal ini menjadi keharusan yang tidak bisa ditawar karena nantinya masing-masing pegawai memiliki nama jabatan sesuai dengan bakat dan keahliannya. (Khalidah Aini)

Foto: Bagian OKH

workshop anjab kepegawaian peserta

workshop Anjab kepegawaian

About aini khalidah

Check Also

Ahmad Supardi 2

Profil Dr. H. Ahmad Supardi, MA, Kepala Biro Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan (AUPK) UIN Sultan Syarif Kasim Riau

  uin-suska.ac.id      Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin melantik sejumlah pejabat eselon II …